Negosiasi Harga Blok Masela Antara Pertamina dan Shell Berjalan Alot

Muhamad Fajar Riyandanu
16 Mei 2023, 10:43
blok masela, pertamina, shell,
Katadata

SKK Migas menyampaikan bahwa langkah Pertamina dan Petronas untuk mengakuisisi 35% saham yang dilepas oleh Shell pada pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela belum final. Proses tersebut terkendala negosiasi kesepakatan harga antara konsorsium dengan Shell.

Konsorsium Pertamina dan Petronas juga terus melakukan negosiasi dengan Shell untuk segera merampungkan pembelian 35% hak partisipasi sebelum melewati batas target maksimal yang ditetapkan oleh pemerintah pada paruh pertama tahun ini.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, menyampaikan bahwa kemajuan negosiasi berjalan ke arah yang positif. Menurutnya, pembicaraan divestasi saham kian menuju kata sepakat seiring sikap Shell yang mulai bisa berkompromi dengan tawaran harga yang diajukan oleh konsorsium Pertamina dan Petronas.

"Sudah pasti kalau negosiasi itu harganya yang belum ketemu. Namun selisih harganya sudah semakin mengecil," kata Dwi di Kementerian ESDM pada Senin (15/5).

Meski sudah ada kabar lanjutan ihwal proses alih aset Blok Masela, Dwi enggan menyampaikan besaran nilai transaksi dari proses pengambilalihan 35% saham hak partisipasi proyek tersebut karena proses negosiasi bisnis masih berlangsung. "Kami harapkan semester I ini sudah bisa deal negosiasi antara Shell dan Pertamina," ujar Dwi.

SKK Migas pernah menyampaikan bahwa Pertamina perlu menyiapkan US$ 1,4 miliar atau setara Rp 21 triliun untuk mengakuisisi 35% PI Shell di Blok Masela. Besaran itu menghitung pengeluaran Shell saat mengelola Blok Masela, yakni US$ 875 juta untuk PI 35% dan US$ 700 juta untuk investasi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...