Bertemu PM Jepang di KTT G7, Jokowi Bahas MRT, IKN, Transisi Energi

Happy Fajrian
20 Mei 2023, 11:49
jokowi, jepang, pm jepang, fumio kishida, transisi energi, mrt
Sekretariat Kabinet RI
Presiden Jokowi bertemu PM Jepang Fumio Kishida di KTT G7 Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Sabtu (20/5). Dalam pertemuan tersebut, Presiden membahas sejumlah hal terkait peningkatan kemitraan kedua negara.

Salah satu yang dibahas Jokowi yaitu mengenai Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Indonesia berharap perundingan terkait IJEPA dapat diselesaikan pada September 2023 mendatang.

“Karena ini sudah berjalan lama. Penghapusan tarif produk tuna kaleng, perluasan bidang kerja PMI di sektor pariwisata dan industri, dan implementasi capacity building,” ujar Presiden seperti dikutip dari Biro Sekretariat Presiden.

Selain itu, Jokowi dan PM Kishida juga membahas mengenai perdagangan Indonesia-Jepang. Menurut dia, Indonesia telah memberikan fleksibilitas untuk produk pertanian dari Fukushima. “Saya minta fleksibilitas Jepang terkait perluasan akses buah tropis Indonesia, termasuk mangga,” ujarnya.

Sedangkan terkait investasi, Presiden mengatakan bahwa diperlukan percepatan terkait penyelesaian proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) di Indonesia. Presiden mengusulkan agar dilakukan penunjukan langsung kontraktor Jepang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...