Suplai Gas Cukup, Batu Bara Eropa Banjiri Asia hingga Menekan Harga

Happy Fajrian
30 Mei 2023, 14:58
batu bara, harga batu bara, eropa, ekspor batu bara
ANTARA FOTO/Jojon/hp.
Aktivitas bongkar muat batu bara kebutuhan smelter nikel di Laut Lasolo, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/2/2023).

Negara-negara Eropa berupaya untuk mengekspor kembali batu bara yang menumpuk di pelabuhan seiring pasokan gas untuk pembangkitan listrik dan produksi energi terbarukan yang mencukupi. Pasokan batu bara yang sedianya menuju ke Eropa juga dialihkan ke pasar Asia.

Menurut laporan salah satu perusahaan logistik komoditas Berge Bulk Ltd., kargo batu bara yang tidak diinginkan Eropa sedang menuju ke Asia, terutama Cina dan India, di mana perusahaan pembangkit listrik menimbun persediaan batu bara untuk menyambut musim panas. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menekan harga batu bara.

Advertisement

“Pengiriman sekitar 7 juta ton batu bara Kolombia akan diekspor ke negara-negara Asia pada kuartal kedua tahun ini, bukan ke pelabuhan Eropa,” kata CEO Berge Bulk James Marshall yang armada kapalnya melayani rute tersebut, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (30/5).

Pelanggan Eropa menaikkan impor batu bara Kolombia mereka tahun lalu sebesar 23% menjadi sekitar 30 juta ton, menurut data dari shipbroker BRS Group, setelah benua itu terjerumus ke dalam krisis energi menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Pelaku pasar di Asia melaporkan bahwa mereka telah menerima beberapa penawaran batu bara dari pemain Eropa, terutama untuk batu bara bernilai kalori tinggi, yang digunakan oleh sebagian besar pembangkit listrik mereka.

“Saya membeli kiriman dari Polandia baru-baru ini dan menerima penawaran lagi untuk batu bara di atas 5.500 kkal/kg NAR. Karena harga global telah turun drastis, pemain Eropa siap untuk menjual bahkan dengan kerugian atau kualitas produk akan terus menurun,” kata pedagang dari India.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement