Daftar 9 Kecelakaan Kereta Paling Mematikan India, Ribuan Jadi Korban

Happy Fajrian
3 Juni 2023, 18:47
kecelakaan kereta india,
ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/RWA/dj
Ilustrasi kecelakaan kereta api.

Dua kereta penumpang mengalami tabrakan di negara bagian Odisha, India Timur, pada Jumat (2/6) malam waktu setempat. Hingga Sabtu (3/6) sore, korban meninggal dilaporkan hampir mencapai 300 orang dengan sekitar 900 orang lainnya terluka.

Coromandel Express, yang beroperasi dari Kolkata di Benggala Barat ke Chennai di Tamil Nadu, melaju dengan kecepatan sekitar 130 km per jam ketika bertabrakan dengan kereta barang stasioner sekitar pukul 19:00 pada hari Jumat, menyebabkannya tergelincir dari rel.

Gerbong dari kereta barang kemudian menabrak dua gerbong dari kereta Howrah Superfast Express, yang berjalan ke arah yang berlawanan, menurut South Eastern Railway, mengakibatkan tabrakan yang mematikan.

Rajesh Kumar, wakil manajer komersial senior Kereta Api Tenggara, mengatakan Coromandel Express telah mengubah jalur, yang menyebabkan insiden tersebut, dan alasannya akan diselidiki.

Ini menjadi kecelakaan kereta paling mematikan di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa, di mana lebih dari 12 juta warganya melakukan perjalanan menggunakan kereta setiap harinya. Dengan jalur sepanjang 64.000 km, 14.000 kereta setiap hari, India memiliki jaringan kereta api terbesar di dunia di bawah satu manajemen.

Meskipun di tengah upaya pemerintah untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan transportasi kereta, ratusan insiden kecelakaan kereta terjadi setiap tahun di India. Sebagian besar dikarenakan human error atau peralatan persinyalan yang sudah tua.

Berikut adalah daftar kecelakaan kereta paling mematikan di India dalam beberapa dekade terakhir, yang menewaskan ratusan orang dan ribuan lainnya terluka:

1. Oktober 2018

Sebuah kereta menabrak kerumunan orang yang menonton kembang api selama festival keagamaan di India utara, menewaskan sedikitnya 60 orang dan melukai puluhan lainnya di pinggiran Amritsar, sebuah kota di negara bagian Punjab.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...