Luhut Ajak Dunia Jangan Hanya Berwacana Soal Penurunan Emisi Karbon

Happy Fajrian
6 Juni 2023, 15:09
luhut, emisi karbon, dekarbonisasi, net zero emission
Katadata
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta dunia agar tidak hanya berwacana dalam upaya penurunan emisi karbon global. Indonesia telah menunjukkan upaya nyata dengan membuat peta jalan menuju Net Zero Emission 2060.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat dunia tidak hanya sekadar wacana dalam upaya menurunkan emisi karbon global.

Menurutnya Indonesia telah menunjukkan upaya nyata penurunan emisi karbon dengan membuat peta jalan yang jelas untuk mencapai target net-zero emission (NZE) pada 2060, tanpa harus mengganggu upaya mengejar tingkat pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut ia sampaikan saat berbicara dalam diskusi panel Ecosperity yang diselenggarakan Temasek Foundation di Singapura, Selasa (6/6). Luhut tampil dalam diskusi panel bersama Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura Grace Fu dan mantan Menteri Lingkungan dan Perubahan Iklim Kanada Catherine McKenna.

“Sudah terlalu sering kita berwacana tetapi tidak ada hasil yang nyata dalam upaya mencegah kenaikan suhu bumi 1,5° Celcius. Saya mengajak semua pihak untuk melakukan aksi nyata dan itu bisa dilakukan di Indonesia karena begitu banyak proyek yang bisa dikerjakan di Indonesia,” kata Luhut.

Adapun Presiden Joko Widodo dijadwalkan berbicara pada hari kedua Ecosperity untuk berbicara dalam tema “Net-Zero Cities” dengan menyampaikan visi pembangunan kota yang hijau dan Nusantara sebagai model pembangunan Forrest City.

Dia menegaskan bahwa Indonesia telah membuat peta jalan menuju net-zero emission. Lima langkah yang ditetapkan pemerintah dilakukan mulai dari transisi dari energi fosil ke energi terbarukan, pengembangan mobil listrik, hingga penggunaan sumur-sumur minyak yang sudah tidak beroperasi untuk penyimpanan CO2.

Luhut juga menjelaskan soal pengembangan baterai untuk kendaraan listrik yang transisinya dimulai dengan pelarangan ekspor nikel dalam bentuk mentah hingga pembangunan industri daur ulang dari baterai-baterai itu ketika sudah habis masa pakainya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...