Soal Implementasi CCUS, SKK Migas: Tak Semua Lapangan Migas Bisa

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Juni 2023, 18:35
ccus, skk migas, lapangan migas
Pertamina Hulu Energi

SKK Migas menjelaskan bahwa hanya sejumlah lapangan migas tertentu yang dapat menerapkan teknologi teknologi penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilization and storage (CCUS).

Salah satu proyek yang paling progresif saat ini adalah Enhanced Gas Recovery (EGR) di Proyek Tangguh Train tiga milik BP yang berlokasi di Teluk Bintuni, Papua Barat. Konsep EGR yakni menginjeksikan gas CO2 yang berasal dari tiga train LNG melalui CCUS di Lapangan Ubadari pada 2026.

Direktur Eksplorasi SKK Migas, Benny Lubiantara, menuturkan inisiatif CCUS maupun Carbon Capture and Storage (CCS) merupakan upaya industri hulu migas melakukan pengurangan emisi karbon.

Kendati demikian CCUS memiliki keunggulan karena kemampuan untuk menjalankan pengurasan minyak dan gas tahap lanjut dari hasil injeksi CO2 ke lapangan migas.

"Masalahnya tidak semua reservoir migas dapat meningkat recovery factor-nya, sehingga tidak semua proyek dapat berupa CCUS, namun hanya berupa CCS," kata Benny lewat pesan singkat pada Senin (26/6).

Adapun recovery factor atau faktor perolehan adalah perbandingan jumlah minyak atau gas yang dapat diambil di dalam suatu reservoir dengan menggunakan teknologi primer, sekunder maupun teknologi pemulihan tersier seperti CCUS.

Benny melanjutkan, proyek CCUS yang sudah mencapai tahap persetujuan rencana pengembangan adalah CCUS EGR Tangguh BP. Proyek tersebut saat ini sedang memasuki tahap implementasi.

Sementara praktik injeksi karbon ke lapangan migas berupa CCS mayoritas masih dalam tahap studi kelayakan, seperti proyek instalasi CCS di Lapangan Abadi Masela dan beberapa potensi proyek CCS di wilayah Sumatera bagian Selatan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...