7 WK Migas Terminasi Resmi Dikembalikan ke Negara

Mela Syaharani
18 Oktober 2023, 12:23
wk migas, kkks, blok migas, update me
SKK Migas
SKK Migas - KKKS Bumi Siak Pusako menggelar syukuran atas selesainya pengeboran sumur eksplorasi Nuri-1X yang berada di Dusun Plambayan, Provinsi Riau (29/12/2022).

Kementerian ESDM bersama Kementerian Keuangan, SKK Migas, serta pimpinan KKKS melaksanakan penandatangan serah terima dan perjanjian aset tujuh wilayah kerja minyak dan gas (WK Migas) terminasi pada Selasa (17/10).

Sebagai informasi, WK migas terminasi merupakan KKKS yang dikembalikan ke negara. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No 124.K/HK.02/MEM.S/2021, Kementerian ESDM mempunyai kewenangan untuk menandatangani serah terima.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin akuntabilitas pelaksanaan pengelolaan Barang Milik Negara Hulu Minyak dan Gas Bumi (BMN Hulu Migas).

"Dengan penandatanganan maka secara resmi proses pengelolaan BMN KKKS Terminasi Eksploitasi dapat beralih ke KKKS alih kelola, sedangkan untuk KKKS Terminasi Eksplorasi akan melakukan pengamanan BMN sampai dengan adanya serah terima," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana melalui siaran pers, Rabu (18/10).

Proses pengamanan BMN bagi KKKS Terminasi Eksplorasi ini paling lama akan dilakukan dalam jangka dua tahun. Serah terima ini terdiri atas dua KKKS terminasi eksploitasi yang telah dialih kelola dan lima KKKS lainnya merupakan KKKS terminasi eksplorasi.

Dua WK migas eksploitasi alih kelola yakni, JOB - Pertamina Petrochina East Java dialih kelolakan ke Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) dan Kangean Energy Indonesia Ltd. yang dialih kelolakan ke PT MGA Utama Energi.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...