Facebook Inc. Resmi Berganti Nama Menjadi Meta, Fokus pada Metaverse

Happy Fajrian
Oleh Happy Fajrian - Fahmi Ahmad Burhan
29 Oktober 2021, 08:04
facebook, meta, mark zuckerberg
Facebook
Facebook resmi berganti nama menjadi Meta dan meluncurkan logo baru yang berlambang infiniti biru.

Facebook Inc. kini telah resmi berganti nama menjadi Meta. Perubahan nama ini merupakan cara Facebook agar lebih dikenal sebagai perusahaan 'metaverse', sebuah lingkungan virtual bersama yang diproyeksikan menjadi penerus internet seluler.

CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan secara langsung pergantian nama ini dalam acara konferensi tahunan Connect pada Kamis (28/10). Ia mengatakan bahwa Meta mencerminkan fokus perusahaan yang berinvestasi pada metaverse. Adapun platform media sosialnya tetap menggunakan nama Facebook.

Advertisement

"Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan,” kata Zuckerberg seperti dikutip Reuters, Jumat (29/10).

Di akun Instagram miliknya @zuck, ia juga memposting sebuah foto dengan tampilan nama dan logo Meta. "Hello, Meta," kata Zuckerberg di akun Instagram pada Kamis (28/10).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Dia menjelaskan nama baru yang berasal dari kata Yunani yang berarti untuk “melampaui”, melambangkan selalu ada lebih banyak untuk dibangun. Nama baru itu juga mencerminkan bahwa seiring waktu, pengguna tidak perlu menggunakan Facebook untuk menggunakan layanan perusahaan lainnya.

"Kami pada dasarnya bergerak dari Facebook sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan 'metaverse' pertama," katanya dikutip dari The Verge.

Seiring pergantian nama ini, Meta akan menggunakan kode saham baru, MVRS, mulai 1 Desember 2021. Pada Kamis (28/10), perusahaan telah meluncurkan logo baru di kantor pusatnya di Menlo Park, California, menggantikan ikon ibu jarinya dengan bentuk infinity biru.

Meski berganti nama dan akan menyatukan berbagai aplikasi dan teknologi besutannya di bawah satu merek baru, struktur perusahaan disebut tidak akan berubah.

Meta telah banyak berinvestasi dalam augmented reality dan virtual reality. Pekan lalu (17/10), Facebook sebelum berganti nama, mengumumkan akan membuka 10.000 lowongan pekerjaan baru di Eropa terkait metaverse. Ribuan tenaga kerja itu nantinya yang akan menjadi pendorong pasar metaverse di Eropa.

Selain merekrut banyak tenaga kerja, Facebook juga menyiapkan akses ke pasar konsumen hingga pusat penelitian yang menunjang metaverse. Perusahaan juga baru-baru ini mengumumkan investasi US$ 50 juta untuk proyek pengembangan metaverse.

Pada Agustus lalu, raksasa teknologi asal AS itu meluncurkan aplikasi terkait metaverse bernama Horizon Workrooms. Berdasarkan pengujian, pengguna menggunakan headset Oculus Quest 2 untuk menggelar berbagai pertemuan virtual. Nantinya, peserta hadir dalam versi avatar.

Memperbaiki Citra Buruk

Sedangkan, dengan perubahan nama menjadi Meta, Facebook juga ingin memperbaiki citra. Sebab, sebagai perusahaan media sosial, Facebook banyak menghadapi kritik.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement