Prediksi Beragam IHSG di Awal Pekan Jelang Rilis Berbagai Data Ekonomi

Image title
16 Agustus 2021, 06:49
ihsg, saham,
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Pekerja melihat telepon pintarnya dengan latar belakang layar pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Mengawali pekan, Senin (16/8), analis pasar saham memiliki prediksi beragam tentang laju IHSG (indeks harga saham gabungan). Hal ini seiring pelaku pasar menanti rilis beragam data ekonomi seperti BI 7 days reverse repo rate, data penjualan kendaraan roda dua dan roda empat, dan neraca perdagangan.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper memprediksi IHSG hari ini naik terbatas. Berdasarkan analisis teknikalnya, area resisten indeks hari ini ada di level 6.209 dan 6.174. Sedangkan support di pertama dan kedua ada di kisaran 6.108 dan 6.077.

"Investor akan mencermati data neraca perdagangan yang akan dirilis pada awal pekan. Serta data kasus Covid-19 terbaru yang akan berpengaruh pada potensi perpanjangan PPKM," kata Dennies dalam riset tertulisnya.

Dia merekomendasikan saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT PP Tbk (PTPP), dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) untuk tahan (hold) jika sudah beli sebelumnya. Pasalnya ketiga saham ini memiliki indikator teknikal netral dan sentimen netral.

Sebaliknya, CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi IHSG hari ini berpotensi tertekan. Adapun, area pergerakan indeks di hari kejepit ini berdasarkan analisis teknikalnya ada di kisaran 5.996-6.198.

Menurut dia, laju pergerakan IHSG dalam pekan pendek yang akan dilalui terlihat berpotensi masih berkutat dalam rentang konsolidasi wajar. Besok, Selasa (17/8) perdagangan libur karena merayakan ulang tahun Indonesia.

"Padahal, akan banyak rilis data perekonomian pada pekan ini seperti BI rate, rilis data penjualan roda empat dan roda dua. Sedikit banyak akan memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG dalam pekan pendek ini," katanya.

Ada beberapa saham yang menurutnya layak untuk diperhatikan oleh investor pasar saham pada hari ini, di antaranya PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait