Lima Fakta Bandara Komodo yang Dikelola Changi Airports

Hari Widowati
11 Februari 2020, 08:57
pengelola Bandara Komodo, Changi Airport kelola Bandara Komodo, pengembangan Bandara Komodo, pariwisata Komodo, 10 Bali Baru, destinasi pariwisata premium, Cardig Aero Services
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc. terdiri dari PT. Cardig Aero Service, Changi Airports Internasional Pte Ltd (CAI) dan Changi Airports Mena Pte Ltd
Bandara Komodo yang dikelola konsorsium Cardig Aero Services dan Changi Airports akan menjadi bandara internasional mulai Juni 2020.

Konsorsium PT Cardig Aero Services Tbk, Changi Airports International Pte Ltd, dan Changi Airports MENA Pte Ltd akan mengelola Bandara Komodo selama 25 tahun mulai Mei 2020. Mereka akan menginvestasikan dana Rp 1,23 triliun untuk pengembangan bandara di destinasi pariwisata premium tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan mempercepat status internasional bagi bandara tersebut. "Kami rencanakan status internasional 2021 tetapi saya diminta Pak Tama (Menparekraf) kalau bisa lebih cepat. Bulan Juni, kami nyatakan Bandara Komodo jadi international airport," kata Budi seperti dilansir Antara di Jakarta, Jumat (7/2).

Status bandara internasional memungkinkan Bandara Komodo menerima penerbangan langsung dari luar negeri. Misalnya, penerbangan dari Singapura, Tiongkok, Jepang, dan negara lainnya sehingga pariwisata di kawasan ini semakin berkembang.

Konsorsium Cardig dan Changi berkewajiban merancang, membangun, dan membiayai pembangunan fasilitas sisi darat, udara, dan pendukung bandara. Untuk mengoperasikan bandara selama 25 tahun, konsorsium diperkirakan membutuhkan biaya operasional sebesar Rp 5,73 triliun.

(Baca: Investasikan Rp 1,2 T, Changi Airports Kelola Bandara Komodo 25 Tahun)

Pengelola Bandara Komodo wajib membayar konsesi di muka sebesar Rp 5 miliar dan konsesi tahunan dari pendapatan bandara sebesar 2,5%. Pembayaran konsesi tahunan dilakukan bertahap sebanyak dua kali dalam setahun kemudian akan meningkat menjadi 5% dari biaya konsesi tahun sebelumnya. Pengelola juga wajib membayar clawback sebesar 50%.

Sebelum menjadi pengelola Bandara Komodo, Changi telah mengelola beberapa bandara internasional. Bandara-bandara tersebut antara lain Bandara International Changi (Singapura), Sochi International Airport (Rusia), Vladivostok International Airport (Rusia), Tom Jobim International Airport (Brasil), dan Clark International Airport (Filipina).

(Baca: Jokowi Pantau Proyek Triliunan Labuan Bajo, Bandara hingga Pelabuhan)

Berikut ini lima fakta tentang Bandara Komodo yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...