Airlangga Hartarto, Sukses Jadi Pengusaha hingga Duduki Kursi Menteri

Hari Widowati
21 Oktober 2019, 17:55
kabinet jokowi, menteri jokowi, Airlangga Hartarto, profil Airlangga Hartarto, politisi Partai Golkar, calon menteri
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Airlangga Hartanto mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya periode tahun 2019-2024 bersama Wapres Ma'ruf Amin.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tiba-tiba muncul dengan kemeja putih di Istana Kepresidenan, Senin (21/10). Pihak istana membenarkan Airlangga menjadi salah satu dari lima calon menteri yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

Airlangga diperkirakan akan menduduki jabatan sebagai menteri koordinator bidang perekonomian di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia menjadi salah satu menteri dari Kabinet Kerja yang dipertahankan Jokowi selain Sri Mulyani dan Luhut Binsar Pandjaitan.

Advertisement

Airlangga adalah putra dari mantan Menteri Perindustrian Hartarto Sastrosoenarto, yang menjabat di era Presiden Soeharto. Ia lahir di Surabaya, 1 Oktober 1962.

Masa sekolah hingga masa remajanya dihabiskan di Jakarta mengikuti sang ayah yang bertugas sebagai menteri. Airlangga aktif berorganisasi dan menjadi ketua Osis saat duduk di bangku SMA Kanisius Jakarta. Ketika kuliah di Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM), ia pun terpilih menjadi ketua umum senat mahasiswa fakultas.

(Baca: Jadi Calon Menteri, Airlangga Ketemu Jokowi Bahas Tantangan Ekonomi)

Membangun Bisnis Setelah Lulus Kuliah

Setelah lulus kuliah, Airlangga mulai membangun bisnisnya. Ia mendirikan PT Graha Curah Niaga yang bergerak di bidang distribusi pupuk. Ia juga tercatat menjadi presiden komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) pada 1987 lalu menjadi presiden direktur PT Jakarta Prime Crane pada 1991.

Ia juga menjadi presiden direktur PT Bisma Narendra dan presiden komisaris PT Ciptadana Sekuritas pada 1994. Ia juga pernah menjadi komisaris di PT Sorini Corporation Tbk (SOBI) pada 2004. Kiprah Airlangga di dunia usaha membuatnya dipercaya menjadi ketua umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) selama tiga periode, yakni 2005-2008, 2008-2011, dan 2011-2014.

Airlangga juga dipercaya menjadi ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2006-2009. Di kancah regional, Airlangga pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal ASEAN Federations of Engineering Organizations (AFEO).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement