Lili Pintauli Siregar, Capim KPK yang Ingin Lindungi Karyawan & Saksi

Hari Widowati
5 September 2019, 16:02
Calon Pimpinan KPK, Lili Pintauli Siregar, profil Lili Pintauli Siregar, Capim KPK, korupsi
instagram
Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar ingin memberikan perlindungan bagi karyawan KPK dan saksi kasus korupsi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim surat kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengenai sepuluh nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama-nama yang diajukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK itu dinilai sudah memenuhi syarat meskipun ada penolakan dana beberapa pihak terhadap capim yang dinilai memiliki rekam jejak negatif.

Lili Pintauli Siregar menjadi satu-satunya perempuan yang lolos dalam seleksi akhir berupa wawancara dan uji publik yang dilakukan Pansel Capim KPK. Jika komposisi pimpinan KPK masih seperti saat ini, Lili berpeluang besar menggantikan Irjen Pol Basaria Panjaitan.

Advertisement

Banyak kalangan menilai Lili cocok menduduki kursi komisioner KPK di tengah potensi tekanan dan ancaman yang menyerang para pegawai KPK. Lili telah bekerja selama sepuluh tahun untuk Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jabatan terakhirnya adalah wakil ketua LPSK periode 2013-2018.

(Baca: Sigit Danang Joyo, Anak Buah Sri Mulyani yang Lolos Seleksi Capim KPK)

Pernah Dibayar dengan Kacang Panjang dan Tomat

Perempuan kelahiran Tanjung Pandan, 9 Februari 1966 ini mendapatkan gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara pada 1991. Kariernya dimulai sebagai asisten pembela umum di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan.

Ia terlibat aktif memberikan bantuan hukum kepada para petani dan nelayan di Medan, Sumatera Utara. Lili bercerita bahwa ia pernah dibayar dengan seikat kacang panjang, lima kilo tomat, hingga sepetak tanah tanpa surat kepemilikan.

Setelah mengabdi di LBH, ia bergabung dengan Pusat Bantuan dan Penyanderaan Hukum Indonesia (Puskabumi) Medan pada 1994. Kariernya menanjak hingga menduduki jabatan direktur di lembaga tersebut pada 1999-2002.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement