Ingin Bertahan, Citilink Terapkan Bagasi Berbayar Pekan Depan

Ameidyo Daud Nasution
28 Januari 2019, 19:05
Citilink
Arief Kamaludin | Katadata

Anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk, yakni Citilink Indonesia akan memberlakukan bagasi berbayar untuk penerbangan domestik mulai 8 Februari 2019. Langkah ini dilakukan maskapai berbiaya murah tersebut agar mampu bertahan di tengah kondisi industri penerbangan yang semakin rumit akibat banyaknya komponen biaya yang tidak bisa dikompromikan maskapai.

Direktur Niaga Citilink Benny Rustanto mengatakan, sejak hari ini hingga 8 Februari 2019, Citilink terus menggelar sosialisasi tarif bagasi berbayar ini. Aturan bagasi berbayar tersebut nantinya akan berlaku untuk penumpang yang membeli tiket untuk penerbangan 8 Februari dan seterusnya.

Advertisement

"Kami tak mau Citilink berhenti atau stop operasi selamanya sehingga kami lakukan bagasi tercatat dengan biaya," kata Benny di Jakarta, Senin (28/1).

Benny mengatakan pengenaan tarif dikenakan bervariasi mulai dari Rp 9 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram. Citilink juga menyiapkan beberapa paket mulai dari 5 kilogram hingga 20 kilogram bagasi. Bahkan, maskapai tersebut tetap menyediakan 10 kilogram bagasi gratis bagi anggota Supergreen dan GarudaMiles milik Garuda Indonesia. "Supergreen ini manfaatnya banyak," kata dia.

Citilink juga menyiapkan infrastruktur pendukung penerapan bagasi berbayar, seperti komputer tablet tersendiri yang memudahkan penumpang mengurus administrasi. Selain itu, pihak maskapai juga menyiapkan aviation security (avsec) untuk memitigasi keamanan bagasi. "Kami menambah pelatihan para avsec," ujar Benny.

(Baca: Kenaikan Tarif Tiket dan Bagasi Pesawat Bisa Jadi Bumerang Maskapai)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement