6 Rekomendasi Popok Bayi serta Cara Memilih yang Tepat

Penggunaan popok bayi memudahkan orang tua dalam menangani pembuangan cairan dan kotoran pada bayi. Memilih popok bayi yang tepat dapat mempertimbangkan berbagai aspek.
Image title
23 September 2021, 10:43
Ilustrasi penggunaan popok bayi
Ignacio Campo/Unsplash
Ilustrasi penggunaan popok bayi

Banyaknya pilihan merk popok bayi dapat membuat orang tua kebingungan saat memilih. Bayi harus rutin diganti popoknya. Tanpa penggantian popok yang konsisten, bayi berisiko terkena infeksi, ruam popok, dan masalah kesehatan signifikan lainnya.

Ada dua jenis popok, yaitu popok sekali pakai dan popok kain. Popok bayi sekali pakai lebih praktis dan kompatibel. Ini juga memiliki daya serap yang cukup tinggi dan tidak cenderung bocor. Popok kain lebih ekonomis  karena dapat dicuci dan terbuat dari kain yang mengurangi risiko iritasi.

Pilihan kembali kepada orang tua. Mencoba keduanya disarankan agar menemukan jenis mana yang cocok. Agar orang tua dapat menentukan pilihan, berikut rekomendasi popok bayi sekali pakai yang dapat dicoba.

1. Sweety Comfort Gold Newborn

Popok bayi Sweety Comfort Gold mempunyai teknologi Diamond Layer, yaitu teknologi permukaan popok bermotif berlian untuk mendistribusikan dan menyerap cairan serta mengurangi kontak langsung dengan permukaan kulit bayi.

Bahan yang digunakan sangat lembut dan berpori untuk sirkulasi udara. Pada bagian pinggang, terdapat perekat lembut yang dapat merekat berulang kali. Desain popok yang tipis dapat melekat dan pas di badan bayi sehingga lebih nyaman dipakai.

Harga: Rp 80.212 - Rp 90.761

2. Merries Good Skin

Merries Good Skin telah teruji klinis dapat mencegah iritasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski). Popok bayi ini dibuat dengan sirkulasi udara yang baik sehingga kulit tidak tertekan dan nyaman dipakai.

Bagian pinggang dilengkapi dengan karet elastis yang lembut, memungkinkan bayi bergerak leluasa tanpa iritasi dan gesekan. Popok bayi ini juga dilengkapi dengan kapasitas penyerapan yang baik dan cepat agar kulit bayi tetap kering. Bagian permukaan dibuat dengan bahan serat kain yang lembut untuk mencegah iritasi serta desain menarik yang penuh warna.

Harga: Rp 28.405 - Rp 76.000

3. Merries Skin Protection

Merries Skin Protection adalah popok bayi dengan lapisan antibakteri dengan ekstrak natural daun teh yang berfungsi untuk mencegah iritasi, ruam, dan gatal sehingga kulit bayi sehat dan terlindungi.

Seluruh bagian popok bersirkulasi udara sehingga kulit dapat bernapas dan nyaman dipakai. Fitur untuk mengunci cairan membuat Merries dapat menyerap banyak dan cepat. Dengan jalur serap, cairan tidak menggenang dan menjaga kulit bayi tetap kering.

Pada karet pinggang, terdapat terowongan udara untuk tambahan sirkulasi. Karet pinggang didesain lembut dan elastis sehingga bayi dapat bergerak tanpa khawatir terjadi gesekan yang menimbulkan iritasi.

Harga: Sekitar Rp 72.900

4. Merries Premium

Popok bayi ini dilengkapi dengan tiga lapisan untuk sirkulasi udara sehingga menghilangkan kelembapan dan menjaga kulit bayi agar tetap tetap kering dan nyaman. Dengan fitur khusus, Merries Premium menyerap pipis dan kotoran lunak dengan teknologi permukaan bergelombang yang dapat memerangkap kotoran lunak dan mencegah kotoran bocor dari samping.

Permukaan popok bayi menggunakan bahan lembut dan empuk. Bagian tengah di antara kedua paha dibuat dengan fleksibel sehingga tidak membatasi pergerakan bayi. Perekat dapat dilepas dan dipasang berulang kali serta dibuat dengan bahan halus untuk menghindari ruam. 

Popok bayi Merries Premium juga memiliki teknologi penanda pipis yang akan berubah warna apabila popok sudah terisi penuh. Bagian samping kiri dan kanan memiliki permukaan serat halus untuk menangkap pup dan pipis agar tidak bocor.

Harga: Rp 59.000 - Rp 129.500

5. MamyPoko Pants X-tra Kering

MamyPoko Pants X-tra Kering adalah tipe popok bayi yang bagus berbentuk celana dan dilengkapi inovasi terbaru Bantalan X-TRA Kering yang bisa menyerap berkali-kali sampai dengan 10 jam. Merk ini juga dilengkapi lapisan bersirkulasi udara pada seluruh permukaan popok sehingga meskipun si kecil sering berkeringat kulitnya bebas lembab dan tetap kering.

Selain itu, popok bayi MamyPoko Pants X-tra Kering memiliki 360 derajat karet pinggang elastis dan lembut, sehingga mudah dipakai dan nyaman. Si kecil dapat leluasa beraktivitas tanpa khawatir. Untuk mempermudah penggunaan, terdapat garis biru sebagai penanda bagian depan popok.

Harga: Sekitar Rp 48.900

6. MamyPoko Royal Soft Newborn

Dirancang dengan bahan penyerap khusus, popok bayi Mamypoko Royal Soft Newborn ditujukan untuk bayi baru lahir. Popok ini memiliki daya serap untuk menampung 5 kali pipis dan pemakaian hingga 12 jam. Bahan yang digunakan sangat lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Terdapat lapisan berpori yang berfungsi untuk sirkulasi udara sehingga panas dan lembab dapat dilepaskan. Fitur Roll Up Tape memudahkan untuk menggulung dan membuang popok bekas pakai dengan praktis dan tidak berantakan.

Harga: Rp 54.900 - Rp 109.900

Cara Memilih Popok Bayi yang Tepat

Memilih popok bayi dapat membingungkan. Ada banyak merk yang tersedia dengan varian harga dan fitur berbeda. Cara memilih popok bayi dapat dilihat dari berbagai aspek sebagai berikut.

Merk

Merk terkenal yang telah lama berkecimpung dalam bisnis pembuatan popok bayi disarankan untuk dipilih daripada merek baru yang belum memiliki reputasi. Produsen popok bayi yang lebih senior memiliki keahlian dan penelitian untuk menghasilkan fitur yang sudah terbukti.

Anda dapat menyediakan biaya sesuai dengan merk. Harga popok tidak mutlak memengaruhi kualitas popok, begitu pula sebaliknya.

Fitur Popok

Fungsi utama popok bayi adalah menyerap cairan dan menampung kotoran dengan baik. Oleh sebab itu, fitur utama popok yang harus dipertimbangkan adalah daya serap yang baik. Popok harus mampu menyerap banyak air kencing dan kotoran tanpa bocor.

Fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahan yang digunakan. Kulit bayi yang sensitif bisa jadi tidak cocok dengan beberapa bahan. Pastikan popok terbuat dari bahan yang lembut dan berpori agar tidak membatasi sirkulasi udara serta menghindari kelembapan di area pantat bayi.

Elastisitas popok juga penting diperhatikan. Popok bayi harus cukup elastis agar pas tanpa meninggalkan lipatan dan bekas di kulit. Dengan demikian, bayi dapat leluasa bergerak tanpa sesak.

Berat Bayi

Ukuran popok tergantung pada berat bayi. Jadi, pastikan untuk menimbang bayi Anda sebelum membeli popok. Seiring pertumbuhan bayi, ukuran popok bayi akan bertambah besar. Hindari menimbun satu ukuran popok. Pilih ukuran berikutnya saat popok bayi mulai terasa sesak.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait