Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi dengan Aman

Gangguan pernapasan hidung terumbat juga bisa dirasakan oleh bayi. Oleh karena itu ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang harus diketahui para orang tua.
Image title
29 Juli 2021, 12:00
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi dengan Aman, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, cara mengatasi hidung tersumbat, cara mengatasi hidung mampet sebelah, hidung bayi mampet, hidung bayi tersumbat, bayi pilek
freepik.com
Humidifier salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Gangguan pernapasan hidung tersumbat juga bisa dirasakan oleh bayi. Kondisi tersebut menyebabkan bayi menjadi kurang nyaman dan sering menangis dibandingkan biasanya. Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, karena pertolongan pertama sangat diperlukan agar gangguan pernapasan tersebut tidak menyebabkan risiko kesehatan lainnya. Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi?

Bagi Anda para orang tua yang mendapati anak yang mengalami ganggaun pernasapan hidung tersumbat, jangan panik atau tergesa-gesa memberinya obat. Masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan tersebut tanpa perlu memberikan obat. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi hidung mampet sebelah pada bayi.

1. Membersihkan cairan yang ada di hidung

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat bayi Anda mengalami gangguan pernapasan hidung mampet adalah dengan membersihkan cairan yang ada di hidung. Lendir atau ingus yang ada hidung inilah yang terkadang membuat napas bayi menjadi sesak. Untuk membersihkan cairan ini Anda bisa menggunakan alat yang lembut seperti cotton bud berukuran kecil agar bayi tidak merasa kesakitan. Anda bisa membersihkan saat anak sedang tertidur, agar tidak menangis.

2. Memastikan anak Anda tidak mengalami dehidrasi

Hidung tersumbat bisa saja disebabkan jaringan pada organ pernapasan, terutama hidung, tidak terjaga kelembabannya. Maka cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yakni dengan menjaga cairan tubuh yang ada di dalam tubuhnya.

Advertisement

Saat hidung bayi tersumbat, upaya yang bisa dilakukan adalah dengan terus memberinya cairan atau minuman agar tidak dehidrasi. Sebab, jika dalam tubuh bayi kekurangan cairan, maka jaringan yang ada di hidung bisa menjadi kering. Padahal, salah satu cara agar hidung tidak tersumbat yakni dengan menjaga kelembaban.

Oleh sebab itu, pastikan bayi Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan gangguan pernpasan ini semakin parah. Jika anak Anda masih dalam program pemberian ASI eksklusif, maka ibu harus sering memberikan ASI, namun untuk bayi yang sudah bisa mengkonsumsi air putih bisa diberikan air putih dalam jumlah yang cukup.

3. Menepuk punggung dengan lembut dan berhati-hati

Cara mengatasi hidung mampet khusus pada bayi selanjutnya yakni dengan menepuk punggung bayi Anda dengan lembut dan hati-hati. Cara ini bisa membantu mengeluarkan lendir atau cairan yang ada dihidung sehingga napas bayi menjadi lebih nyaman. Untuk melakukan cara ini Anda bisa meletakkan bayi dengan posisi tengkurap kemudian secara lembut dan hati-hati tepuk punggung bayi. Tidak ada salahnya juga jika cara ini dilakukan sembari memijat punggu bayi, agar bayi menjadi rileks dan nyaman.

4. Pakai humidifier

Humidifier merupakan mesin atau alat yang bisa digunakan untuk menjaga kelembaban ruangan. Di dalam mesih ini juga biasanya diberikan cairan yang membuat alat ini bisa mengeluarkan aroma yang menenangkan. Kelembaban yang terjaga bisa menghindarkan hidung tersumbat dan berbagai risiko penyakit di saluran pernapasan lainnya. Akan tetapi jika menggunakan alat ini, Anda juga harus rutin membersihkannya agar tidak di tumbuhi jamur.

5. Menghindari asap rokok

Rokok memberikan banyak dampak yang kurang baik bagi tubuh. Asap rokok yang terhirup oleh bayi bisa menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah pada bayi adalah dengan menjauhkan rokok pada bayi. Paparan asap rokok terus menerus juga bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit pernapasan lainnya.

6. Gunakan bulb syringe

Bulb syringe merupakan alat yang digunakan untuk menyedot ingus bayi. Cara ini bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi Anda. Biasanya digunakan pada bayi yang usianya masih di bawah enam bulan. Namun jika Anda hendak memiliki alat ini, pastikan membeli pada tempat terpercaya sehingga kualitasnya terjamin dan tidak melukai bayi Anda.

7. Lakukan pijatan ringan

Pijatan ringan ternyata bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Anda bisa melakukan pijatan di bagian dada, punggung, tangan, hingga kaki dengan lembut. Saat memijat Anda bisa menggunakan minyak telon agar bayi menjadi hangat dan rileks. Pijatan ringan juga bisa menjadi salah satu cara agar bayi tidak rewel dan bisa istirahat dengan nyaman.

8. Menjaga kebersihan rumah

Cara ini bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar bayi tidak mudah mengalami gangguan pernapasan. Salah satu yang menjadi penyebab hidung tersumbat adalah alergi, maka dari itu para orang tua harus menjaga lingkungan sekitar terutama rumah agar selalu bersih sehingga alergi pada bayi tidak mudah kambuh.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Cara-cara tersebut bisa Anda lakukan di rumah. Akan tetapi, jika kondisi bayi belum juga membaik alangkah baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan menanganan yang lebih baik.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait