7 Manfaat Sholat Tahajud untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat

Pelaksanaan sholat tahajud tercantum dalam surat Al-Isra ayat 79. Ada banyak manfaat sholat tahajud yang didapatkan dalam kehidupan dunia dan akhirat.
Image title
24 September 2021, 15:34
7 Manfaat Sholat Tahajud untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat
Michael Burrows/Pexels
Ilustrasi seorang pria menunaikan sholat tahajud

Ibadah sholat dalam agama islam memiliki peran penting untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sholat adalah sarana mewujudkan ikatan kerohanian atau kejiwaan kepada Allah Swt.

Dalam ajaran islam, umat muslim disarankan untuk sholat sunah tahajud sebagaimana telah ditegaskan dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 79 sebagai berikut.

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Q.S 17:79).

Tafsir Kementerian Agama terhadap ayat ini bahwa Allah memerintahkan Rasulullah saw. dan umat muslim agar bangun di malam hari dan mengerjakan sholat tahajud. Ayat ini merupakan ayat yang pertama kali memerintahkan Rasulullah saw. mengerjakan sholat malam sebagai tambahan atas sholat yang wajib.

Dalam sebuah riwayat yang dikemukakan Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda dalam sebuah hadis.

“Bahwasanya Rasulullah saw. ditanya orang, "Sholat manakah yang paling utama setelah salat yang diwajibkan (salat lima waktu)?" Rasulullah saw. menjawab, "Sholat tahajud."” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Kebiasaan Rasulullah melaksanakan sholat tahajud dapat dijadikan dasar hukum bahwa sholat tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan setelah tidur beberapa saat di malam hari, kemudian bangun saat pertengahan malam hari.

Siti Chodijah dalam “Proceedings of the 1st International Conference on Innovative Pedagogy” menjelaskan, kata ‘tahajud’ berasal dari 'tahajjada' yang berarti 'terjaga di malam hari dengan Quran'.

Surat lain menerangkan bahwa bangun tengah malam untuk sholat tahajud dan membaca Al-Quran dengan khusyuk akan dapat membuat iman jadi kuat dan membina diri pribadi. Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Muzzammil ayat 1-6:

يٰٓاَيُّهَا الْمُزَّمِّلُۙ (١) قُمِ الَّيْلَ اِلَّا قَلِيْلًاۙ (٢) نِّصْفَهٗٓ اَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيْلًاۙ ( ٣) اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ (٤) اِنَّا سَنُلْقِيْ عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيْلًا (٥) اِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـًٔا وَّاَقْوَمُ قِيْلًاۗ ( ٦)

“Wahai orang yang berselimut (Muhammad)! Bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu, atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan perkataan yang berat kepadamu. Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan pada waktu itu) lebih berkesan.” (Q.S 73:1-6).

Menurut tafsir Kementerian Agama, Allah Swt. menerangkan maksud perkataan sebagian yang terdapat dalam ayat tersebut. Allah Swt. menyerahkan kepada Nabi Muhammad untuk memilih waktu melakukan sholat malam. Ia dapat memilih antara sepertiga, seperdua, atau dua pertiga malam.

Allah Swt. memberi kebebasan kepada Nabi Muhammad untuk memilih waktu-waktu tersebut. Sepertiga malam menurut waktu Indonesia adalah sekitar antara jam 10 dan jam 11 malam, seperdua malam adalah waktu antara jam 12 dan 1 malam dan dua pertiga malam adalah waktu antara jam 2 dan 3 sampai sebelum fajar.

Manfaat Sholat Tahajud

Ada banyak manfaat sholat tahajud bagi umat muslim yang melaksanakannya.

1. Membuat tubuh lebih sehat dan dicegah dari perbuatan dosa

Dalam buku “Penakluk Subuh” oleh Muhammad Iqbal dijelaskan, manfaat sholat tahajud dapat membuat tubuh lebih sehat, dicegah dari perbuatan dosa, dan dihapus kesalahan, seperti sabda Rasulullah saw. berikut ini.

"Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR. Tirmidzi).

2. Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah Swt.

Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Isra bahwa manfaat sholat tahajud dapat  meninggikan derajat manusia. Ia akan mendapatkan tempat terpuji dan senantiasa dilindungi oleh Allah Swt. Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah juga dapat berarti keselamatan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

3. Mendapatkan ridha Allah Swt.

Manfaat orang yang sholat tahajud akan mendapatkan ridha Allah Swt. sebagaimana tercantum dalam hadis berikut.

“Tiga orang yang diridhai Allah Swt. yaitu seorang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.” (HR. Abu Ya'la).

4. Dikabulkan doanya dan diampuni dosa-dosanya

Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Allah Swt. turun ke langit dunia pada sepertiga malah terakhir dan mengabulkan doa serta mengampuni dosa. Hal tersebut tertera dalam hadis berikut.

"Pada tiap malam, Tuhan kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, "Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan ku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia." (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Masuk surga dengan damai

Dalam buku “4 Shalat Dahsyat (Tahajud, Fajar, Subuh, Dhuha) oleh Puspa Swara dan Ahmad Erkan dijelaskan sebuah hadis bahwa orang yang sholat tahajud akan masuk surga dengan damai.

"Dirikanlah sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian." (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Hakim).

6. Diberi ketenteraman hati dan pikiran

Manfaat sholat tahajud yang dilakukan secara konsisten dapat membawa ketenteraman hati dan pikiran. Sholat tahajud adalah waktu untuk berkomunikasi kepada Allah Swt., dimana umat muslim dapat mencurahkan segala isi hati dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Kedekatan antara Allah Swt. dan orang yang sholat tahajud niscaya dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dalam menghadapi kehidupan yang dinamis ini.

7. Meningkatkan imunitas dan meredakan stres

Sholat tahajud ternyata dapat meningkatkan respons ketahanan tubuh imunologik dan mengurangi stres. Dalam buku “Terapi Shalat Tahajud” oleh Dr. Moh. Sholeh dijelaskan, orang yang melakukan sholat tahajud mampu menurunkan respons sekresi hormon kortisol.

Respons berlebih dapat mengakibatkan stres sehingga sholat tahajud terbukti dapat menurunkannya. Dengan sholat tahajud, penderita stres dapat mengatasi permasalahan dengan meningkatkan sikap positif melalui sholat tahajud.

Dari pembahasan tersebut, disimpulkan bahwa Allah Swt. dan Rasullullah saw. telah menjelaskan begitu banyak manfaat sholat tahajud yang didapatkan di dunia dan di akhirat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait