5 Manfaat Lemon untuk Wajah Sehat serta Efek Sampingnya

Image title
26 Oktober 2021, 17:32
Manfaat Lemon untuk Wajah Sehat serta Efek Sampingnya
Pexels
Ilustrasi buah lemon

Buah jeruk lemon memiliki warna kuning yang khas pada bagian kulitnya. Kaya akan vitamin C, lemon biasanya dikonsumsi dalam berbagai olahan makanan dan minuman. Kandungan vitamin C dalam lemon mencapai 54 miligram, menurut data dari FoodData Central oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Vitamin C dalam lemon mengandung berbagai manfaat kesehatan bila dikonsumsi. Misalnya, sebuah penelitian oleh Anitra C. Carr dan Silvia Maggini dalam jurnal “Nutrients” menjelaskan kontribusi vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh dengan mendukung berbagai fungsi sel.

Selain dikonsumsi, jeruk lemon juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah. Studi dalam “Journal of Endourology” menerangkan kandungan asam sitrat sebanyak 48 g/L dalam jeruk lemon.

Ketika dioleskan ke kulit, asam sitrat mengelupas lapisan atas kulit dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Asam sitrat juga mendorong pertumbuhan kulit baru yang dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, kerutan kecil, serta area dengan warna dan tekstur wajah yang tidak rata.

Publikasi Dr. Surbhi, MD dalam dermatocare.com menjelaskan, lemon dapat digunakan untuk wajah. Tetapi, lemon tidak boleh dioleskan ke kulit wajah dalam waktu semalam. Sebelum menggunakan lemon untuk wajah, perhatikan hal-hal berikut:

  • Selalu lakukan uji tempel dengan mengoleskan lemon pada sebagian kecil kulit wajah yang lebih sensitif atau berjerawat.
  • Larutkan jus lemon dengan air biasa atau air mawar jika kulit Anda sensitif.
  • Jangan biarkan kulit terkena sinar matahari setelah mengoleskan lemon.
  • Selalu gunakan jus lemon segar, karena konsentrasi vitamin C dalam lemon berkurang seiring waktu.

Manfaat Lemon untuk Wajah

Beberapa manfaat lemon untuk wajah adalah sebagai berikut.

1. Mengobati jerawat

Menurut Dr. Surbhi, MD, lemon dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Air perasan jeruk lemon bekerja dengan mengurangi sekresi minyak dan bakteri penyebab jerawat. Namun, jangan pernah membuat kesalahan dengan mengoleskan lemon langsung pada jerawat karena dapat menimbulkan iritasi.

Untuk mengobati jerawat, larutkan beberapa tetes perasan jeruk lemon dalam air. Oleskan pada jerawat selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Alternatif lain, buat toner dengan mencampur satu mililiter perasan jeruk lemon dengan 100 ml air mawar untuk membuat.

Toner dapat disimpan hingga seminggu di dalam kulkas. Usapkan toner ke wajah berjerawat menggunakan kapas secara rutin.

2. Mengatasi flek hitam pada wajah

Flek hitam bisa disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau perubahan hormonal, menurut David E. Bank, MD dalam healthline.com. Lemon dapat membantu mengatasi flek hitam pada wajah.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk lemon telah terbukti secara klinis untuk memperbaiki hiperpigmentasi dan bintik hitam pada wajah. Penting untuk diingat bahwa asam sitrat juga membuat kulit lebih peka terhadap cahaya sehingga penggunaan tabir surya setiap hari sangatlah penting.

3. Mengurangi minyak pada wajah

Kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon berfungsi sebagai astringen yang membantu membersihkan kulit, mengencangkan pori-pori, dan mengeringkan minyak.

Untuk digunakan sebagai astringen, campurkan perasan jeruk lemon segar dan air dengan perbandingan yang sama. Gunakan dua hingga tiga kali sehari sebelum mengoleskan pelembap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...