Kenali Kandungan dan Manfaat Lemon untuk Kesehatan Badan dan Wajah

Buah Lemon yang rasanya masam ternyata memiliki banyak manfaat. Penasaran apa saja manfaat lemon? Yuk simak penjelasan berikut.
Image title
12 Agustus 2021, 00:38
Kenali Kandungan dan Manfaat Lemon untuk Kesehatan Badan dan Wajah
eggbank/unsplash.com
Buah lemon yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan

Lemon dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa masam. Rasa inilah yang membuat banyak orang ragu untuk mengonsumsi buah berwarna kuning ini. Padahal manfaat lemon sangatlah banyak ditunjang berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Penasaran apa saja manfaat dari buah lemon ini? Yuk simak penjelasan berikut.

Kandungan Lemon

Lemon memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, termasuk nutrisi dan vitamin. Dilansir dari helosehat.com dalam 100 gram buah lemon terdapat bermacam kandungan seperti 34 kalori, 92,2 gram air, 0,1 gram serat 23 miligram (mg) kalsium, 20 mg fosof, 31 mg natrium, 140 mg kalium, 0,2 mg zinc, sekitar 0,09 mg vitamin B1, 0,12 mg Vitamin B2, dan 50 mg vitamin C. Kandungan tersebutlah yang membuat buah ini sangat baik untuk beberapa hal, seperti:

 

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Lemon emiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat lemon untuk kesehatan diantaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kesadaran masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh tengah meningkat saat ini. Semenjak pandemi Covid-19, menjaga imunitas menjadi prioritas banyak orang. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat, termasuk mengonsumi buah lemon.

Kandungan vitamin C yang masuk ke tubuh bisa meningkatkan imunitas. Selain itu, vitamin C juga mampu melindungi tubuh agar tidak terjadi infeksi. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ tubuh agar tetap sehat. Untuk itu, asupan makanan atau minuman yang mengandungan vitamin C cukup penting.

2. Menjaga kesehatan jantung

Organ vital yang satu ini kerap menjadi perhatian khusus. Jantung yang terganggu bisa menyebabkan gangguan pada sistem organ lainnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga agar kesehatan jantung tetap terjaga, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C.

Lemon yang kaya akan vitamin C bisa menjadi salah satu pilihan baik dalam menjaga kesehatan jantung. Selain jantung, manfaat lemon lainnya untuk mencegah stroke dan menurunkan kolesterol yang bisa memicu gangguan kesehatan jantung.

3. Mencegah kekurangan darah

Kurang darah atau anemia bisa menjadi masalah fatal. Penderita anemia cenderung merasakan lelah dan lemas karena oksigen dalam tubuh kurang. Untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut, dibutuhkan asupan makanan atau minuman alami yang bisa menjaga darah di dalam tubuh tetap normal.

Lemon yang kaya vitamin C dan zat besi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga darah di dalam tubuh tetap berfungsi baik. Dengan mengonsumsi lemon, artinya Anda tengah mencegah risiko terkena anemia.

Manfaat Lemon untuk Diet

Selain bemanfaat untuk kesehatan, manfaat lemon lainnya bisa untuk menurunkan berat badan secara alami. Bagi anda yang sedang atau hendak melakukan program diet, berikut ini beberapa manfaat lemon yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu sistem pencernaan agar tetap lancar

Manfaat lemon yang pertama yakni membantu pencernaan tetap lancar. Lemon memiliki kandungan yang mampu menambah gerakan peristaltik di dalam perut. Gerakan inilah yang membantu proses buang air besar lebih teratur.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari lemon, Anda bisa memeras buah lemon kemudian campurkan dengan air hangat, dan minum selagi masih hangat.

2. Mengecilkan ukuran perut

Salah satu alasan seseorang ingin melakukan diet yaitu karena tidak percaya diri dengan ukuran perut yang dimiliknya. Perut buncit memang seringkali menjadi masalah. Untuk mengecilkan perut yang buncit, anda bisa menggunakan manfaat lemon untuk diet.

Caranya, Anda cukup meminum air lemon hangat setiap sore minimal 3 kali seminggu. Jika rutin, maka ukuran perut akan mengecil secara alami.

3. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme di dalam tubuh sangat mempengaruhi penurunan berat badan. Jika tubuh memiliki metabolisme baik, maka lemak pun akan terbakar dan diubah menjadi energi. Lemon memiliki efek yang baik untuk meningkatkan metabolisme karena terdapat kandungan air di dalamnya. Air inilah yang berperan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menjalankan metabolisme dan berpotensi menurunan berat badan.

4. Menunda lapar

Manfaat lemon untuk diet selanjutnya yaitu bisa membantu agar perut terasa kenyang lebih lama. Jika rasa lapar bisa ditunda, maka berat badan bisa lebih terjaga. Kandungan air yang ada dalam lemon memberikan efek rasa kenyang , sehingga asupan kalori lebih terjaga.

Manfaat Lemon untuk Wajah

Lemon juga memiliki manfaat untuk kecantikan terutama dalam mengatasi masalah kulit wajah. Beberapa manfaat lemon untuk wajah diantaranya:

1. Mengatasi masalah jerawat

Lemon memiliki sifat anti bakteri yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Lemon bisa mengurangi peradangan yang disebabkan kehadiran jerawat di wajah. Jika lemon mampu mengatasi peradangan secara baik, buah ini juga mampu menyembuhkan jerawat.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Sifat eksfolian yang ada pada lemon mampu melepaskan sel-sel kulit mati. Maka dari itu, kulit akan berganti dengan lapisan baru yang lebih mulus dan sehat.

3. Mencerahkan kulit secara alami

Kandungan asam sitrat dan vitamin C ypada lemon ternyata bisa membuat kulit lebih cerah secara alami. Vitamin C inilah yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan antioksidan. Dengan begitu, noda hitam di wajah bisa disamarkan dan wajah menjadi lebih cerah alami.

4. Menghilangkan komedo

Manfaat lemon berikutnya yaitu bisa mengatasi masalah komedo yang membandel. Asam sitrat pada lemon bisa mengangkat sel kulit mati termasuk komedo yang sulit hilang. Komedo yang menghilang akan membuat kulit lebih bersih dan mulus serta terhindar dari risiko jerawat.

5. Membuat kulit lebih halus

Kulit halus juga bisa menjadi salah satu indikator kulit sehat. Untuk mendapakan kulit halus, Anda bisa menggunakan perawatan alami dengan lemon sebagai bahan utamanya. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk eksfolian sehingga kulit wajah menjadi lebih halus.

6. Menunda penuaan dini

Gejala penuaan dini yang muncul bisa menjadi masalah tersendiri. Biasanya, penyebabnya berasal dari pola hidup kurang sehat, terlalu sering terpapar radikal bebas, dan penyebab lainnya yang berakibat pada kerusakan kulit.

Untuk mencegah munculnya gejala penuaan dini, Anda bisa menggunakan lemon untuk merawat kulit wajah. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada didalamnya dipercaya bisa membentuk kolaken dan menangkal radila bebas yang merupakan penyebab penuaan dini.

Apakah Lemon Bermanfaat untuk Lambung?

Pertanyaan tentang manfaat lemon untuk lambung seringkali muncul dibenak masing-masing, khususnya Anda yang memiliki masalah dengan organ pencernaan satu ini. Ketakutan akan efek buruk tersebut tak jarang membuat kita mengurungkan niat mengonsumsi lemon.

Dilansir dari hellosehat.com, vitamin C baik untuk menyembuhkan luka karena peradangan. Kandungan senyawa pada lemon bisa memicu produksi lendir yang berfungsi melindungi lambung. Namun pertanyaannya, apakah lemon bisa menyembuhkan maag atau penyakit lambung lainnya?

Jawabannya belum tentu. Sebab yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan maag sebenarnya vitamin C karena bersifat antioksidan. Kandungan asam yang ada di dalam lemon belum sepenuhnya terbukti bisa mengobati maag. Karena konsumsi lemon berlebihan saat lambung sedang bermasalah atau saat memiliki kondisi lambung yang sensitif, bisa menyebabkan adanya gangguan lain yang lebih parah. Oleh sebab itu, konsumsi buah lemon ini harus dalam kadar yang secukupnya dan jika merasakan gejala sakit setelah konsumsi lemon, alangkah baiknya untuk dihentikan atau dikurangai sementara waktu.

Itulah beberapa manfaat lemon yang bisa diperoleh untuk menjaga kesehatan tubuh hingga membantu merawat kulit wajah. Manfaat tersebut bisa terasa jika anda mengonsumsi lemon dengan takaran wajar. Apalagi, dengan mengonsumsi buah lemon secara berlebihan juga bisa memicu gangguan lain yang lebih berbahaya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait