7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Terbukti secara Ilmiah

Image title
27 Agustus 2021, 13:00
Buah jeruk mengandung manfaat vitamin C untuk kesehatan.
freestock.org
Buah jeruk mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan.

Vitamin C telah dipelajari selama bertahun-tahun dan terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Dari situs web Kementerian Kesehatan (Kemenkes), asupan vitamin C untuk orang dewasa berkisar 75-90 mg (milligram) per hari. Vitamin C merupakan salah satu asupan yang penting untuk meningkatkan imunitas. Hal tersebut membuat vitamin C diyakini dapat membantu tubuh agar terhindar dari Covid-19.

Dilansir dari The New York Post, Dokter Andrew G. Weber dari fasilitas Northwell Health di New York menjelaskan, pasien dalam perawatan intensif akibat virus corona menerima 1500 mg dosis vitamin C yang diberikan secara intravena (IV) dengan dosis yang diulang tiga atau empat kali sehari. Dokter Weber mengatakan, "Pasien yang menerima vitamin C menjadi lebih baik secara signifikan daripada mereka yang tidak mendapatkan vitamin C."

William Simonson dari Oregon State University dalam artikel berjudul Vitamin C and Coronavirus menjelaskan, vitamin C berperan penting dalam pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolagen sehingga sangat penting untuk proses penyembuhan.

Namun, vitamin C bukan obat untuk Covid-19. Vitamin ini hanya berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari virus. Saat ini belum ditemukan obat untuk Covid-19. Cara terbaik untuk terhindar dari virus ini adalah menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi.

Selain untuk pencegahan Covid-19, vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat vitamin C untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu alasan utama orang mengonsumsi suplemen vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena vitamin C. Menurut studi oleh Maastricht University dalam Journal of Leukocyte Biology, vitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Vitamin C juga membantu sel darah putih agar berfungsi lebih efektif sekaligus melindungi tubuh dari kerusakan oleh molekul berbahaya, seperti radikal bebas.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh Anda. Antioksidan adalah molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Molekul tersebut berfungsi untuk melindungi sel dari radikal bebas penyebab stres oksidatif yang telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

Studi oleh National Cancer Center Research Institute East di Jepang dalam Journal of the American College of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%. Hal itu membantu pertahanan alami tubuh untuk melawan penyakit kronis.

3. Membantu Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi, suplemen vitamin C mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan tekanan darah diastolik rata-rata sebesar 1,7 mmHg menurut penelitian oleh Johns Hopkins School of Medicine dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...