5 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Penggunaan serum wajah yang tepat dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Kandungan di dalamnya sudah terbukti melalui penelitian.
Image title
15 Oktober 2021, 20:43
Ilustrasi serum wajah
Unsplash/Mathilde Langevin
Ilustrasi serum wajah

Perawatan wajah adalah upaya menjaga kulit agar tetap sehat dan memperbaiki permasalahan pada kulit. Melakukan perawatan wajah tak hanya untuk penampilan, tapi juga untuk kesehatan. Memiliki kulit wajah yang sehat mungkin merupakan dambaan bagi sebagian orang, terutama mereka yang sedang berjuang untuk mengatasi masalah kulit.

Saat ini, tersedia beragam produk kecantikan untuk menuntaskan berbagai kondisi kulit wajah, seperti jerawat, bintik hitam, pori-pori tersumbat, dan masih banyak lagi. Produk tersebut hadir dalam berbagai jenis, salah satunya dalam bentuk serum wajah.

Menurutnya publikasi Sasidharan dkk. dalam “International Journal of Pharmacy”, serum wajah merupakan emulsi dengan konsentrasi tinggi yang tersedia dari bahan dasar air atau minyak. Serum wajah mengandung kira-kira sepuluh kali lebih banyak zat aktif daripada krim. Oleh karena itu, produk dalam bentuk serum dapat mengatasi masalah kulit dengan lebih baik.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai serum wajah dan kandungannya. Perlu dipahami, penelitian yang tercantum tidak spesifik terhadap produk tersebut, tetapi pada bahan individual yang terkandung dalam produk.

Berikut rekomendasi serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. AVOSKIN Your Skin Bae Serum Alpha Arbutin 3% + Grapeseed

Harga: Rp 135.000 (30 ml)

AVOSKIN adalah produk lokal yang sudah memiliki nomor registrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Serum wajah ini menggabungkan bahan aktif Alpha Arbutin sebanyak 3% dan ekstrak alami dari Grapeseed untuk mencerahkan kulit dan memudarkan noda. Menurut sekelompok peneliti dari Institute of Chemical Technology Mumbai, alpha arbutin  bertindak dengan menghambat aktivitas tirosinase dan pematangan melanosom.

Studi tersebut diterbitkan dalam “International Journal of Pharmaceutical Research”. Cara kerja alpha arbutin tersebut berfungsi sebagai bahan pencerah kulit dan mengobati masalah hiperpigmentasi.

2. Axis-Y Dark Spot Correcting Glow Serum

Harga: Rp148.000 (50 ml)

Meskipun Axis-Y berasal dari Korea Selatan, merek ini sudah terdaftar di BPOM. Dengan bahan dasar niacinamide, serum wajah ini mengoreksi bintik hitam dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Dengan bantuan squalane yang berasal dari tumbuhan, serum ini dapat mempertahankan kelembapan dan membantu meredakan bekas jerawat.

Kandungan niacinamide dalam serum wajah ini mencapai 5%. Niacinamide memiliki sifat antioksidan yang kuat menurut publikasi dalam "Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology".

Ini mendukung penghalang kulit atau skin barrier (permukaan luar kulit), meningkatkan ketahanannya, dan memperbaiki tekstur dengan membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Niacinamide juga membantu menyeimbangkan produksi minyak dan baik untuk semua jenis kulit.

3. AVOSKIN Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Harga: Rp 129.000 (30 ml)

Masih dari AVOSKIN, serum wajah ini mengandung 2% Salicylic Acid dan Zinc yang berfungsi sebagai eksfoliator untuk membersihkan sel kulit mati hingga ke dalam pori-pori dan menjaga produksi minyak pada kulit.

Menurut studi dalam “Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology”, salicylic acid atau asam salisilat bekerja untuk mengobati jerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat.

Hal ini dilakukan dengan memecah ikatan antara sel-sel kulit mati sehingga dapat lepas dari pori-pori dengan lebih mudah serta memecah sebum. Asam salisilat juga menurunkan produksi sebum kulit sehingga jerawat berkurang.

4. Lacoco Dark Spot Essence

Harga: Rp 190.000 (12 ml)

Serum wajah dari merek Lacoco ini memiliki kandungan utama buah mulberry dan licorice serta ekstrak wortel. Dark Spot Essence juga dilengkapi dengan bahan aktif glycolic acid (AHA) 5%, salicylic acid (BHA) 1%, gluconolactone (PHA) 2%, dan tranexamic acid 2%.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salicylic acid dapat membantu mengatasi jerawat. Sedangkan glycolic acid atau asam glikolat menurut studi dalam jurnal “Molecules” memiliki sifat antibakteri dan antioksidan.

Kedua sifat tersebut membantu memperbaiki penampilan kulit akibat bekas jerawat. Asam glikolat juga dapat menebalkan kulit dengan merangsang pertumbuhan kolagen.

5. Wardah Lightening Serum Ampoule

Harga: Rp 60.000 (30 ml)

Wardah Lightening Serum Ampoule mengandung niacinamide yang baik untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Serum wajah ini memiliki tekstur cair dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Menurut studi dalam “British Journal of Dermatology”, kandungan niacinamide secara signifikan mengatasi hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan kulit setelah empat minggu penggunaan.

Niacinamide membantu menargetkan hiperpigmentasi, khususnya dengan menyamarkan bintik-bintik gelap dan meminimalkan garis-garis halus dan kerutan.

Cara Menggunakan Serum Wajah

Perlakukan serum sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit. Dilansir dari InStyle, Dr. S. Manjula Jegasothy, MD merekomendasikan, cara menggunakan serum wajah dimulai dengan ujung jari yang bersih lalu menyapukan serum wajah secara ringan.

Pada area sekitar mata, oleskan serum wajah dengan sangat lembut dan perlahan. Jangan menggosok serum karena dapat merusak kapiler halus yang terletak di bawah kulit kelopak mata yang tipis, sehingga menyebabkan lingkaran di bawah mata.

Sebelum membeli serum wajah, pastikan untuk cek tanggal kedaluwarsa. Gunakan serum sesuai petunjuk yang tertera dan selalu cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Jika terjadi iritasi, hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter apabila semakin parah.

Demikian pembahasan tentang rekomendasi serum wajah terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait