6 Obat Sakit Pinggang Alami yang Patut Dicoba

Image title
9 Maret 2022, 07:27
Sakit pinggang atau low back pain umum dialami banyak orang. Obat sakit pinggang alami meliputi es batu, garam epsom, kompres jahe, bantal pemanas, peregangan dan capsaicin.
Pexels/Kindel Media

Sakit pinggang merupakan permasalahan yang muncul pada area bagian bawah tulang belakang. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, sakit pinggang adalah masalah kesehatan yang sangat umum di seluruh dunia dan merupakan penyebab utama kecacatan.

Dalam dunia kedokteran, sakit pinggang belakang lebih tepat disebut sebagai sakit punggung bawah atau low back pain. Pinggang (low back) dibentuk oleh columna vertebralis lumbal terdiri dari 5 buah tulang vertebra Lumbal (L1 sampai L5), masing-masing membentuk sendi intervertebral dengan gerakan yang terbatas.

Advertisement

Obat Sakit Pinggang Alami

Ada berbagai macam obat sakit pinggang alami yang dapat dicoba, berikut pilihannya.

1. Es batu

Es batu merupakan obat sakit pinggang alami yang mudah didapatkan. Menurut ahli fisioterapi Jennifer L. Solomon, MD dalam Thehealthy.com, es batu dapat digunakan sebagai pereda nyeri ketika mengalami sakit pinggang. Gunakan es batu selama 48 hingga 72 jam pertama, lalu gunakan panas untuk menghangatkan pinggang.

2. Garam epsom

Garam epsom dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang alami yang dicampur ke dalam air untuk berendam. Garam epsom adalah senyawa kimia yang terdiri dari magnesium, belerang, dan oksigen.

Melansir Healthline, garam epsom bekerja melalui kulit dan ke otot yang sakit dan mengurangi peradangan pada sakit pinggang.Berendam selama kurang lebih 20 menit dalam air campuran garam epsom dapat membantu meredakan sakit pinggang, terutama setelah berolahraga. Pastikan untuk menggunakan air hangat saat berendam.

3. Kompres jahe

Jahe merupakan rempah yang mengandung banyak manfaat. Studi dalam Journal of Fundamental and Applied Sciences menunjukkan, kompres jahe efektif dalam meredakan nyeri punggung bawah non-spesifik karena jahe memiliki efek analgesik dan anti-inflamasi pada nyeri muskuloskeletal.

Berikut cara membuat kompres jahe:

  • Masukkan jahe parut sebanyak 64 gram ke dalam panci kecil dan didihkan selama lima menit.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu rendam kain lap ke dalamnya.
  • Kompres kain lap pada sakit pinggang hingga terasa dingin, lalu oleskan kembali beberapa kali.

4. Bantal pemanas

Bantal pemanas atau heating pad dapat membantu meredakan sakit pinggang. Ahli bedah tulang belakang Justin J. Park, MD dalam Thehealthy.com menjelaskan, bantal pemanas membantu meredakan otot yang tegang, meningkatkan jangkauan gerak, dan mengurangi rasa sakit pinggang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement