5 Film Animasi Terbaik yang Menang Penghargaan Oscar

Image title
29 Maret 2022, 14:47
Encanto, film animasi terbaik yang mendapatkan penghargaan Oscar tahun 2022
IMDB.COM
Encanto, film animasi terbaik yang mendapatkan penghargaan Oscar tahun 2022

Film animasi merupakan serangkaian gambar objek yang tampak bergerak. Film animasi terbaik melibatkan keserasian berbagai komponen, seperti seni, gerakan, pengaturan waktu, akting, musik, dan audio dalam harmoni yang indah.

Penghargaan untuk film animasi terbaik diberikan pada satu film setiap tahunnya di ajang Academy Award atau penghargaan Oscar. Berikut beberapa film animasi terbaik yang menang penghargaan Oscar.

1. Encanto (2021)

Encanto merupakan film animasi rilisan Disney yang memenangkan penghargaan Oscar tahun 2022. Encanto mengisahkan keluarga Madrigals yang memiliki kekuatan magis dan hidup tersembunyi di pegunungan Kolombia di tempat yang mempesona yang disebut Encanto.

Keluarga Madrigal dikaruniai sebuah lilin ajaib yang memberkati setiap anak dalam keluarga dengan hadiah unik. Saat cukup umur, setiap anak akan mendapatkan kekuatan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Mirabel.

Mirabel merupakan satu-satunya anggota keluarga yang tidak diberkati dengan keajaiban. Ia merasa berbeda, hidupnya dihantui bayang-bayang anggota keluarga yang lain. Suatu hari, Mirabel merasakan sesuatu berbahaya mengancam keluarganya.

Untuk mencari jawaban, Mirabel mengulik masa lalu salah satu anggota keluarga, Bruno Madrigal. Tak diduga, rahasia yang diungkap Mirabel akan menjadi harapan terakhir keluarga Madrigal.

Encanto mengangkat tema keluarga dengan beberapa adegan musikal yang semakin memeriahkan suasana. Setiap karakter digambarkan dengan keunikan dan kekurangannya masing-masing.

Film ini mengajarkan bahwa dibalik keluarga yang sempurna, ada banyak rintangan yang harus dilalui. Rintangan tersebut dapat diatasi dengan mudah dengan sikap toleransi, saling mengasihi, dan mengapresiasi satu sama lain.

2. Soul (2020)

Film Soul berhasil memenangkan penghargaan Oscar di tahun 2021. Film animasi ini mengisahkan karakter bernama Joe, seorang guru band sekolah menengah yang merasa hidupnya membosankan dan tidak terpenuhi belum bisa mewujudkan mimpinya sebagai musisi jazz penuh waktu.

Suatu hari, ia mendapatkan tawaran untuk tampil pertunjukan terbesar dalam karirnya. Namun, Joe mengalami kecelakaan sehingga ia berada dalam keadaan koma di rumah sakit. Jiwanya lepas dari tubuhnya dan berkeliaran di alam baka.

Joe berusaha untuk bangkit dari koma dan kembali ke tubuhnya agar ia bisa tampil. Dalam perjalanannya, Joe mempelajari banyak hal penting yang kemudian mengubah segalanya.

Film animasi Soul memberi pelajaran untuk mengapresiasi hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang seseorang menjadi terlalu ambisius dalam perjalanannya menggapai mimpi sehingga mengabaikan hal-hal kecil yang berharga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement