5 Film Animasi Terbaik yang Menang Penghargaan Oscar

Setiap tahunnya, penghargaan Oscar diberikan bagi satu film animasi dalam kategori Film Animasi Terbaik. Tahun 2022, penghargaan tersebut diraih oleh film Encanto.
Image title
29 Maret 2022, 14:47
Encanto, film animasi terbaik yang mendapatkan penghargaan Oscar tahun 2022
IMDB.COM
Encanto, film animasi terbaik yang mendapatkan penghargaan Oscar tahun 2022

Film animasi merupakan serangkaian gambar objek yang tampak bergerak. Film animasi terbaik melibatkan keserasian berbagai komponen, seperti seni, gerakan, pengaturan waktu, akting, musik, dan audio dalam harmoni yang indah.

Penghargaan untuk film animasi terbaik diberikan pada satu film setiap tahunnya di ajang Academy Award atau penghargaan Oscar. Berikut beberapa film animasi terbaik yang menang penghargaan Oscar.

1. Encanto (2021)

Encanto merupakan film animasi rilisan Disney yang memenangkan penghargaan Oscar tahun 2022. Encanto mengisahkan keluarga Madrigals yang memiliki kekuatan magis dan hidup tersembunyi di pegunungan Kolombia di tempat yang mempesona yang disebut Encanto.

Keluarga Madrigal dikaruniai sebuah lilin ajaib yang memberkati setiap anak dalam keluarga dengan hadiah unik. Saat cukup umur, setiap anak akan mendapatkan kekuatan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Mirabel.

Advertisement

Mirabel merupakan satu-satunya anggota keluarga yang tidak diberkati dengan keajaiban. Ia merasa berbeda, hidupnya dihantui bayang-bayang anggota keluarga yang lain. Suatu hari, Mirabel merasakan sesuatu berbahaya mengancam keluarganya.

Untuk mencari jawaban, Mirabel mengulik masa lalu salah satu anggota keluarga, Bruno Madrigal. Tak diduga, rahasia yang diungkap Mirabel akan menjadi harapan terakhir keluarga Madrigal.

Encanto mengangkat tema keluarga dengan beberapa adegan musikal yang semakin memeriahkan suasana. Setiap karakter digambarkan dengan keunikan dan kekurangannya masing-masing.

Film ini mengajarkan bahwa dibalik keluarga yang sempurna, ada banyak rintangan yang harus dilalui. Rintangan tersebut dapat diatasi dengan mudah dengan sikap toleransi, saling mengasihi, dan mengapresiasi satu sama lain.

2. Soul (2020)

Film Soul berhasil memenangkan penghargaan Oscar di tahun 2021. Film animasi ini mengisahkan karakter bernama Joe, seorang guru band sekolah menengah yang merasa hidupnya membosankan dan tidak terpenuhi belum bisa mewujudkan mimpinya sebagai musisi jazz penuh waktu.

Suatu hari, ia mendapatkan tawaran untuk tampil pertunjukan terbesar dalam karirnya. Namun, Joe mengalami kecelakaan sehingga ia berada dalam keadaan koma di rumah sakit. Jiwanya lepas dari tubuhnya dan berkeliaran di alam baka.

Joe berusaha untuk bangkit dari koma dan kembali ke tubuhnya agar ia bisa tampil. Dalam perjalanannya, Joe mempelajari banyak hal penting yang kemudian mengubah segalanya.

Film animasi Soul memberi pelajaran untuk mengapresiasi hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang seseorang menjadi terlalu ambisius dalam perjalanannya menggapai mimpi sehingga mengabaikan hal-hal kecil yang berharga.

3. Toy Story 4 (2019)

Petualangan para mainan berlanjut di Toy Story 4. Film animasi ini berhasil meraih penghargaan Oscar di tahun 2020. Di Toy Story 4, Woody, Buzz Lightyear, dan anggota geng lainnya memulai perjalanan dengan Bonnie dan mainan baru bernama Forky.

Perjalanan petualangan berubah menjadi reuni tak terduga saat Woody memutuskan untuk mengambil jalan berbeda dan bertemu temannya yang telah lama hilang, Bo Peep. Saat Woody dan Bo mendiskusikan masa lalu, mereka menyadari perbedaan tentang apa mereka inginkan dari kehidupan sebagai mainan.

Di akhir Toy Story 4, semua mainan berpisah dan Gabby ditolak oleh pemilik idealnya. Kemudian, Gabby melihat seorang gadis hilang menangis di karnaval dan memutuskan bahwa dia akan menjadi mainan anak itu. Di korsel, Woody dan Bo mengucapkan selamat tinggal yang pahit dan emosional, tetapi Woody ragu-ragu untuk meninggalkan Bo lagi.

Film animasi Toy Story 4 mengajarkan bahwa tidak ada yang bisa menghentikan perubahan, karena perubahan diperlukan untuk tumbuh dan belajar. Saat seseorang berubah dan pergi, bukan berarti cinta dan kasih sayang satu sama lain terputus.

Akan ada saat dimana kita tidak akan ada untuk seseorang yang kita cintai, dan akan ada saat dimana mereka tidak akan ada untuk kita. Toy Story 4 mengajarkan kita bahwa move on itu sehat dan bermanfaat.

4. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Spider-Man: Into the Spider-Verse merupakan film animasi terbaik yang memenangkan penghargaan Oscar tahun 2019. Film ini bercerita tentang karakter Miles Morales saat ia menjadi Spider-Man baru dan bergabung dengan orang-orang yang juga Spider-Man dari alam semesta paralel untuk menyelamatkan alam semestanya dari penjahat Kingpin.

Setiap karakter memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dan menyelamatkan alam semesta dari kehancuran. Spider-Man: Into the Spider-Verse menyadarkan penonton bahwa penting untuk terlibat ketika kita melihat sesuatu yang tidak adil.

5. Coco (2017)

Berhasil meraih penghargaan Oscar pada tahun 2018, film animasi Coco mengisahkan seorang bocah lelaki berusia 12 tahun bernama Miguel yang secara tidak sengaja berpindah ke Tanah Orang Mati, di mana ia mencari bantuan kakek buyutnya yang sudah meninggal.

Di sana, Miguel bertemu idolanya Ernesto de la Cruz dan seorang pria bernama Hector yang membantunya. Miguel hanya bisa kembali ke dunia nyata dengan izin anggota keluarganya. Ia percaya bahwa Ernesto de la Cruz keluarganya sehingga ia mencoba untuk meminta izinnya. Perjalanan Miguel dipenuhi tantangan yang pada akhirnya mengungkap suatu hal tak terduga yang mengubah takdirnya dan keluarga.

Film Coco mengajarkan bahwa keluarga adalah segalanya. Teman akan datang dan pergi, tetapi keluarga akan ada selamanya. Dalam berkeluarga, selalu saling menghormati, mengapresiasi, dan jadikan prioritas, serta jangan pernah melupakan mereka.

Itulah beberapa film animasi yang berhasil mendapatkan penghargaan Oscar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait