12 Makanan Khas Rusia dari Blini hingga Vatrushka

Image title
5 April 2022, 16:46
Ilustrasi. Makanan khas Rusia, syrniki.
Unsplash/Max Nayman
Ilustrasi. Makanan khas Rusia, syrniki.

Rusia merupakan negara multietnis yang menawarkan beragam hidangan menarik. Terdapat sejumlah makanan khas Rusia yang dibuat dari berbagai bahan, seperti olahan sup, daging, bubur, dan kue kering. Perkembangan makanan Rusia dipengaruhi oleh iklim dan sumber daya alam sekitarnya.

Makanan khas Rusia juga tak lepas dari akulturasi dari negara-negara sekitarnya. Metode memasak dan bahan yang digunakan dalam makanan Rusia menciptakan rasa dan aroma yang semakin menambah kelezatan. Daging babi, sapi, ayam, dan domba banyak digunakan dalam hidangan Rusia.

Berikut ini rekomendasi makanan khas Rusia.

1. Blini

Blini adalah pancake tipis yang dibentuk dengan memanaskan adonan di atas wajan. Blini dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Makanan khas Rusia ini secara tradisional disajikan dengan krim asam, kaviar atau salmon asap.

2. Rasstegai

Rasstegai adalah makanan khas Rusia tradisional yang terbuat dari terbuat dari adonan ragi dengan lubang di tengahnya berisi berbagai macam isian, mulai dari telur hingga nasi dengan jamur. Rasstegai sering disajikan bersama sup. Secara tradisional, rasstegai ikan disajikan dengan ukha (kaldu ikan) dan rasstegai daging dengan sup daging.

3. Shchi

Sup kubis segar atau shchi adalah salah satu hidangan nasional Rusia. Shchi dibuat dengan asinan kubis, kubis, dan kentang. Resepnya bervariasi dari juru masak ke juru masak dan dari daerah ke daerah. Makanan khas Rusia ini biasa dimakan bersama sepotong roti gandum hitam yang tebal.

4. Syrniki

Syrniki adalah makanan khas Rusia yang terbuat dari pancake keju cottage goreng yang biasanya dihiasi dengan madu, selai buah, krim asam, atau saus apel. Keju cottage dimaniskan dengan gula, kemudian digabungkan dengan tepung menjadi adonan yang digoreng dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan. Syrniki dapat disajikan untuk sarapan atau dikonsumsi sebagai hidangan penutup yang lezat.

5. Pirozhki

Pirozhki adalah pai khas Rusia yang terbuat dari adonan dengan berbagai isian. Meskipun bervariasi, sebagian besar pirozhki sangat mirip dengan roti gulung persegi panjang dan terdiri dari kulit yang lembut serta dilapisi tepung roti dengan isian yang gurih. Pirozhki sering dijual di jalanan atau area publik.

6. Olivye

Salad Olivier atau olivye adalah hidangan salad tradisional. Makanan khas Rusia ini dibuat dengan kentang potong dadu, wortel, sosis Doktorskaya, kacang polong, bawang bombay, acar dan telur rebus yang dibalut dengan krim mayones.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement