10 Cara Mengusir Kecoak Menggunakan Bahan Alami dan Kimia

Cara mengusir kecoak antara lain menggunakan bahan alami, seperti jeruk dan bahan kimia, seperti baking soda, boraks, dan asam borat.
Image title
28 Juni 2022, 10:06
Ilustrasi kecoak. Cara mengusir kecoak antara lain menggunakan bahan alami, seperti jeruk dan bahan kimia, seperti baking soda, boraks, dan asam borat.
Pexels/Erik Karits
Ilustrasi kecoak

Permasalahan hama kecoak dapat mendatangkan masalah serius. Binatang kotor ini dapat bermunculan di tempat-tempat yang tidak terduga. Beberapa spesies bahkan dapat bergerak relatif cepat, sehingga sulit dibasmi.

kecoak berbahaya karena membawa bakteri. Mereka dapat menyebabkan penyakit usus, alergi, dan infeksi jika dibiarkan mengenai manusia atau makanan. Menurut National Pest Management Association (NPMA), kecoak dikaitkan dengan penyebaran 33 jenis bakteri, beberapa jenis patogen manusia, dan enam cacing parasit.

Untungnya, kecoak dapat dibasmi dengan bahan-bahan alami dan kimia. Berikut beberapa cara mengusir kecoak yang dapat dicoba.

1. Baking soda

Mengutip Smith’s Pest Management, baking soda atau soda kue adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengusir kecoak. Untuk membuat umpan kecoak, potong segenggam bawang bombay dan taburi dengan baking soda. Tempatkan umpan di piring dangkal di mana pun ada aktivitas kecoak. Saat kecoak mengonsumsi umpan, gas akan bermunculan di perut kecoak sehingga menyebabkannya pecah.

Advertisement

2. Boraks

Boraks merupakan senyawa dengan nama kimia natrium tetraborat yang berbentuk kristal lunak. Boraks dapat ditemukan dalam produk-produk rumah tangga, seperti detergen, plastik, perabot kayu, dan kosmetik.

Boraks dapat digunakan untuk mengusir kecoak. Caranya, gabungkan boraks dan gula pasir putih dengan perbandingan yang sama. Sebar campuran ini di tempat-tempat aktivitas kecoak. Ketika kecoak mengkonsumsi boraks, bahan aktifnya akan membuat mereka dehidrasi dan membunuh mereka dengan cepat.

3. Jeruk

Jeruk adalah makanan yang bermanfaat bagi manusia, tapi buah ini juga ampuh untuk mengusir kecoak. Bau jeruk lemon dapat mencegah kecoak. Caranya, tambahkan beberapa tetes minyak lemon ke air yang Anda gunakan untuk mengepel lantai. Aromanya tidak akan terdeteksi oleh orang, tetapi akan membuat kecoak tidak nyaman dan pergi.

4. Bersihkan rumah secara menyeluruh

Cara sederhana mengusir kecoak adalah dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Kecoak tertarik pada kotoran karena mereka selalu mencari sumber makanan baru. Cara paling mudah untuk membasmi kecoa adalah dengan memastikan rumah Anda bersih.

Pastikan untuk melakukan hal berikut:

  • Cuci piring dan simpan dalam rak.
  • Segera bersihkan remah-remah dan tumpahan.
  • Buang sampah sebelum tidur.
  • Bersihkan minyak dari kompor.
  • Segel makanan dalam wadah.
  • Mengepel secara teratur.

5. Gunakan perangkap lem untuk kecoak

Perangkap lem merupakan cara yang efektif untuk mengusir dan mengidentifikasi habitat kecoak. Bau perangkap memikat kecoak, kemudian mereka akan mendekat, menginjak strip, dan terjebak. Untuk hasil terbaik, letakkan perangkap lem di tempat-tempat aktivitas kecoak, termasuk di belakang lemari es atau di bawah wastafel.

6. Semprotkan detergen konsentrat

Detergen konsentrat merupakan jenis detergen yang memiliki konsentrasi tinggi, sehingga berwujud lebih pekat atau kental dari biasanya. Untuk mengusir kecoak, campur detergen dengan air. Setelah diencerkan, cairan dapat disemprotkan ke celah-celah dan area lain di mana kecoak suka bersembunyi. Anda juga bisa mengepel lantai dan menyeka meja dengan campuran ini.

7. Dempul celah masuk kecoak

Agar tidak ada kecoak lagi, dempul celah masuk di sekitar rumah. Hal ini berfungsi untuk mencegah kecoak baru agar tidak memasuki rumah Anda.Gunakan dempul untuk menutup celah dan kemungkinan titik masuk. Perhatikan baik-baik celah antara dinding, lantai, atau celah pada segel pintu dan jendela.

8. Letakkan umpan di luar rumah

Untuk mengurangi jumlah kecoak yang masuk ke rumah Anda, bunuh mereka dengan umpan sebelum mereka sempat masuk ke rumah. Caranya, letakkan umpan di samping bangunan luar, tepian, sudut, pagar, atau pondasi rumah. Dengan demikian, mereka akan berkumpul di tempat umpan lalu dapat dibasmi secara bersamaan.

9. Semprot pestisida

Salah satu cara efektif untuk mengusir kecoak adalah dengan menyemprotkan pestisida di sekeliling halaman dan rumah. Semprotan ini bertahan cukup lama hingga tiga bulan atau lebih. Bahan beracun yang digunakan dapat membunuh kecoak secara cepat. Namun, pastikan agar anak-anak dan binatang peliharaan tidak menghirup atau berada di dekat tempat pestisida demi keamanan.

10. Asam borat

Asam borat dapat digunakan untuk mengusir kecoak secara ampuh. Caranya, campurkan asam borat, tepung, dan gula dalam jumlah yang sama untuk membuat adonan. Letakkan bola-bola adonan di sekitar rumah tempat kecoak bisa memakannya.

Tepung dan gula akan menarik perhatian kecoak, sementara asam borat akan membunuh mereka. Cukup letakkan adonan di tempat yang biasanya terdapat kecoak, atau di bawah lemari es, kompor, dan bagian belakang lemari dan laci.

Asam borat akan membunuh kecoak yang kemudian akan menjadi makanan bagi kecoa lainnya. Meskipun cara ini sangat efektif untuk membunuh kecoak, asam borat bisa sangat berbahaya bagi hewan peliharaan. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, jangan coba cara ini di rumah.

Demikian cara mengusir kecoak menggunaan bahan alami dan kimia yang dapat dicoba. Selalu perhatikan keamanan dan keselamatan manusia dan hewan peliharaan saat menggunakan bahan kimia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait