10 Cara Mengusir Kecoak Menggunakan Bahan Alami dan Kimia

Image title
28 Juni 2022, 10:06
Ilustrasi kecoak. Cara mengusir kecoak antara lain menggunakan bahan alami, seperti jeruk dan bahan kimia, seperti baking soda, boraks, dan asam borat.
Pexels/Erik Karits
Ilustrasi kecoak

Permasalahan hama kecoak dapat mendatangkan masalah serius. Binatang kotor ini dapat bermunculan di tempat-tempat yang tidak terduga. Beberapa spesies bahkan dapat bergerak relatif cepat, sehingga sulit dibasmi.

kecoak berbahaya karena membawa bakteri. Mereka dapat menyebabkan penyakit usus, alergi, dan infeksi jika dibiarkan mengenai manusia atau makanan. Menurut National Pest Management Association (NPMA), kecoak dikaitkan dengan penyebaran 33 jenis bakteri, beberapa jenis patogen manusia, dan enam cacing parasit.

Untungnya, kecoak dapat dibasmi dengan bahan-bahan alami dan kimia. Berikut beberapa cara mengusir kecoak yang dapat dicoba.

1. Baking soda

Mengutip Smith’s Pest Management, baking soda atau soda kue adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengusir kecoak. Untuk membuat umpan kecoak, potong segenggam bawang bombay dan taburi dengan baking soda. Tempatkan umpan di piring dangkal di mana pun ada aktivitas kecoak. Saat kecoak mengonsumsi umpan, gas akan bermunculan di perut kecoak sehingga menyebabkannya pecah.

2. Boraks

Boraks merupakan senyawa dengan nama kimia natrium tetraborat yang berbentuk kristal lunak. Boraks dapat ditemukan dalam produk-produk rumah tangga, seperti detergen, plastik, perabot kayu, dan kosmetik.

Boraks dapat digunakan untuk mengusir kecoak. Caranya, gabungkan boraks dan gula pasir putih dengan perbandingan yang sama. Sebar campuran ini di tempat-tempat aktivitas kecoak. Ketika kecoak mengkonsumsi boraks, bahan aktifnya akan membuat mereka dehidrasi dan membunuh mereka dengan cepat.

3. Jeruk

Jeruk adalah makanan yang bermanfaat bagi manusia, tapi buah ini juga ampuh untuk mengusir kecoak. Bau jeruk lemon dapat mencegah kecoak. Caranya, tambahkan beberapa tetes minyak lemon ke air yang Anda gunakan untuk mengepel lantai. Aromanya tidak akan terdeteksi oleh orang, tetapi akan membuat kecoak tidak nyaman dan pergi.

4. Bersihkan rumah secara menyeluruh

Cara sederhana mengusir kecoak adalah dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Kecoak tertarik pada kotoran karena mereka selalu mencari sumber makanan baru. Cara paling mudah untuk membasmi kecoa adalah dengan memastikan rumah Anda bersih.

Pastikan untuk melakukan hal berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement