Jangan Panik, Ini 8 Cara Mengusir Ular dari Rumah

Image title
17 Juni 2022, 15:19
cara mengusir ular
Pexels.com
Ilustrasi ular.

Ular adalah kelompok reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang, yang secara ilmiah dikelompokkan dalam satu sub-ordo, yaitu Serpentes dan juga merupakan anggota dari ordo Squamata bersama dengan kadal.

Ular tergolong hewan berbahaya yang dapat mengancam nyawa. Tak jarang reptil ini merayap hingga memasuki pekarangan rumah sehingga mengganggu dan mengancam penghuni di dalamnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan untuk mengusir ular, yang tentunya dengan mempertimbangkan keselamatan. Sebab jika tidak terbiasa, memegang ular dengan sembarang bisa jadi semacam ancaman bagi mereka dan bukan tidak mungkin ular akan melancarkan serangan balik.

Cara Mengusir Ular

Mengutip Callnorthwest.com dan beberapa laman terkait lainnya, ada beberapa cara aman yang bisa dipraktikkan untuk mengusir ular di sekitar rumah Anda, di antaranya:

1. Hubungi Pengendali Satwa

Jika Anda tidak berpengalaman dalam menangani ular, sebaiknya jangan berpikir untuk langsung menangkapnya dengan tangan kosong. Anda bisa meminta pertolongan pada perusahaan pengontrol satwa liar profesional. Cara ini adalah cara teraman untuk mengeluarkan ular dari rumah Anda.

Perusahaan pengendalian satwa liar ini biasanya akan menangkap ular dengan alat khusus dan membawanya ke habitat yang lebih alami.

2. Menghilangkan Sumber Makanan

Ular acap kali ditemukan di tempat di mana hewan pengerat hidup karena ini adalah salah satu sumber makanan mereka. Selain itu, ular gemar memangsa katak, burung, hingga ikan.

Jika rumah Anda sudah beberapa kali dikunjungi ular, cobalah pertimbangkan untuk menyingkirkan hewan-hewan santapannya. Setelah sumber makanannya dihilangkan, ular akan bergerak mencari sumber makanan lain.

3. Menghilangkan Tempat Persembunyian

Ular menyukai tempat yang gelap dan lembap dan diketahui hidup dan bersembunyi di celah dan lubang-lubang. Menghilangkan tempat persembunyian ini dapat membantu mencegah ular menempati ruang-ruang tertentu di rumah Anda.

Periksa dengan cermat bagian luar rumah dan properti Anda dan perbaiki setiap retakan atau lubang yang Anda temukan. Perbaiki talang, pipa, dan saluran ventilasi yang rusak.

Selain itu, ular menyukai tumpukan kayu, mulsa, serpihan kayu, jerami, daun, dan sebagainya. Cobalah untuk mengaturnya dengan rapi agar tidak bertumpuk-tumpuk dan terbengkalai.

4. Gunakan Kapur Barus

Naftalena adalah bahan yang ditemukan di banyak penolak ular komersial. Bahan ini juga merupakan bahan utama dalam kapur barus. Aromanya diduga dapat mengiritasi ular.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...