10 Khasiat Teh Kombucha yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
8 Juni 2022, 21:06
10 Khasiat Teh Kombucha yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
pexels.com
Ilustrasi teh kombucha yang kaya manfaat untuk tubuh

Tren minuman herbal beberapa waktu terakhir memang sedang menjamur. Banyak orang mulai menyadari pentingnya kesehatan, sehingga beralih ke makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh. Salah satu minuman hebal yang banyak disukai yaitu teh kombucha. Apa itu teh kombucha dan apa saja khasiat teh kombucha untuk kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Teh kombucha adalah minuman yang dibuat dengan cara fermentasi menggunakan bakteri dan ragi khusus. Teh ini mengandung banyak nutrisi khususnya probiotik yang baik untuk kesehatan. Menurut penjelasan doktersehat.com, berikut beberapa manfaat kombucha bagi kesehatan.

1. Memelihara Saluran Pencernaan

Teh kombucha diketahui sebagai salah satu sumber potensional probiotik yang memiliki kemampuan menyeimbangkan bakteri baik di usus. Dengan demikian, kesehatan saluran pencernaan terjaga dengan baik.

Sebuah studi dalam Food Microbiology menyebutkan bahwa komponen mikroba kombucha dan menemukan populasi Lactobacillus cukup banyak. Lactobacillus termasuk jenis probiotik sehingga wajar jika teh kombucha bisa menstabilkan saluran pencernaan. Tak hanya itu, minuman ini juga bisa mencegah dan mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, radang usus, hingga sindrom iritasi usus.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Khasiat teh kombucha untuk kesehatan berikutnya yaitu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan teh kombucha memiliki senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Senyawa ini termasuk katekin atau senyawa yang ada di teh hijau.

Sebuah studi menyebutkan bahwa katekin berpotensi meningkatkan metabolisme orang dewasa. Walaupun demikian, manfaat ini masih perlu studi lebih lanjut.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih dalam, namun teh kombucha dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Klaim ini berdasarkan pada kandungan antioksdan yang ada didalam minuman ini. Antioksidan ini diketahui bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat berbahaya lain yang bisa memicu pertumbuhan kanker.

Sebuah studi dalam Biomedicine & Preventive Nutrition pada tahun 2013 lalu menemukan bahwa kombucha dapat menghambat angiogenesis. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa teh ini bisa menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat.

Dalam Journal of Nutritional Biochemistry juga menyebuthkan bahwa kombucha bisa menghambat kanker karena adanya senyawa seperti polifenol, asam glukonat, asam lakatat, dan vitamin C.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat teh kombucha bagi kesehatan juga dipercaya bisa mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Chemistry menyebutkan bahwa minum teh kombucha bisa menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol jahat. Dengan demikian, penyakit kardiovaskular bisa dicegah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...