10 Film Hacker Terbaik, Kisah Para Peretas di Dunia Siber

Image title
12 September 2022, 06:28
Ilustrasi, film Hackers (1995), film hacker terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Hackers (1995), film hacker terbaik

Hacker atau peretas memiliki kemampuan andal dalam dunia siber. Mereka biasanya menggunakan jaringan komputer serta keterampilan lain untuk mendapatkan akses tidak sah terhadap sebuah sistem atau jaringan untuk melakukan kejahatan.

Hacker umumnya melakukan peretasan atas berbagai alasan. Misalnya, rasa ingin tahu, balas dendam, kebosanan, tantangan, pencurian untuk keuntungan finansial, sabotase, vandalisme, spionase perusahaan, dan pemerasan.

Kisah para peretas ini seringkali dibuat menjadi film yang menarik. Film hacker menampilkan tindakan hacker dalam melakukan peretasan dengan tujuan tertentu. Selain itu, ada pihak lain yang terlibat, terutama kepolisian dan pemerintah.

Ada banyak film hacker yang dirilis sejauh ini. Berikut pilihan film hacker terbaik.

1. WarGames (1983)

WarGames layak menyandang predikat film hacker terbaik. Dalam film ini, Angkatan Udara AS memutuskan untuk mengubah perencanaan serangan rudal dan prosedur komando mereka dari yang program manual oleh manusia menjadi program otomatis dari komputer cerdas.

Perubahan ini menimbulkan konflik. Ada pihak yang mendukung, seperti seperti kepala insinyur NORAD, John McKittrick. Ada pula penentangnya, seperti Jenderal Angkatan Udara, Beringer. Sistem serangan itu disebut War Operation Plan Response atau disingkat WOPR, yang dikembangkan oleh ilmuwan brilian, mendiang Stephen Falken.

Sementara itu, di Seattle tinggal seorang siswa sekolah menengah yang cerdas dan ahli komputer bernama David Lightman. Ia mencoba meretas perusahaan perangkat lunak video gim. Namun, tanpa sadar dia meretas WOPR menggunakan salah satu gim yang terdaftar, sehingga ia mengetahui kata sandi WOPR, yaitu "Joshua".

David dan teman barunya, Jennifer Mack, percaya bahwa mereka telah menyusup ke sebuah perusahaan gim dan mereka mulai memainkan gim yang berjudul Global Thermonuklir War.

David dan Jennifer segera menyadari bahwa apa yang mereka lakukan bukanlah permainan ketika timbul malapetaka serangan yang persis seperti gim yang dimainkan David dan Jennifer. David yakin dia dalam masalah yang lebih besar ketika Joshua memanggilnya kembali dengan tujuan akhir untuk menang. WOPR atau Joshua mensimulasikan serangan Soviet ke AS.

Melihat hal itu, Beringer memerintahkan serangan terhadap Soviet. Ketika pihak berwenang mendekati David, ia mencoba meminta bantuan dari satu orang yang mengetahui tujuan akhir Joshua dan mungkin dapat menghentikannya. David harus segera mendapatkan bantuan sambil menghindari pihak berwenang.

2. Hackers (1995)

Film Hackers menceritakan seorang anak berusia 11 tahun bernama Dade yang telah merusak ratusan komputer di Wall Street sehingga menyebabkan krisis keuangan di seluruh dunia. Untuk hukumannya, Dede diperintahkan untuk tidak mendekati komputer lagi sampai ulang tahunnya yang ke-18.

Saat Dede berusia 18 tahun, dia mulai meretas lagi dan terlibat dengan sekelompok jagoan komputer lain di sekolahnya. Kemudian mereka berhadapan dengan musuh yang sama, yaitu seorang peretas yang berbakat tetapi jahat disebut The Plague yang bertanggung jawab atas keamanan di sebuah perusahaan multinasional.

The Plague ingin menjebak Dede dan teman-temannya sebagai kedok atas kejahatannya sendiri yang melibatkan transfer uang dalam jumlah besar ke rekening miliknya dan kekasihnya. Berhasilkan Dede dan teman-temannya melawan peretas The Plague?

3. The Matrix (1999)

The Matrix merupakan salah satu film hacker terbaik selanjutnya yang layak ditonton. Dalam film ini, Thomas A. Anderson adalah seorang pria yang menjalani dua kehidupan. Pada siang hari, dia adalah seorang programmer komputer biasa. Namun, pada malam hari, dia menjadi seorang hacker yang dikenal sebagai Neo. Neo selalu mempertanyakan realitasnya, tetapi kebenarannya jauh di luar imajinasinya.

Neo mendapati dirinya menjadi sasaran polisi ketika dia dihubungi oleh Morpheus, seorang peretas komputer legendaris yang dicap teroris oleh pemerintah. Sebagai pemberontak melawan mesin, Neo harus menghadapi program komputer super kuat yang ditujukan untuk menghentikan Neo dan seluruh pemberontak manusia.

4. Ghost in the Shell (1995)

Film asal Jepang ini menjadi salah satu film hacker terbaik sekaligus film animasi terbaik. Ghost in the Shell menceritakan agen federal cyborg Mayor Motoko Kusanagi dalam mengikuti jejak "The Puppet Master" yang secara ilegal meretas ke dalam pikiran komputerisasi hibrida cyborg-manusia. Film ini berlatar tahun 2029, dimana teknologi telah maju sehingga cyborg menjadi hal yang biasa.

Selain itu, otak manusia dapat terhubung ke internet secara langsung. Mayor Motoko Kusanagi adalah seorang perwira di Bagian 9, yaitu divisi polisi elit dan rahasia yang menangani operasi khusus, termasuk terorisme dan kejahatan dunia maya. Mayor Motoko Kusanagi harus menangkap The Puppet Master dan menghentikannya dari meretas otak cyborg untuk mendapatkan informasi dan melakukan kejahatan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement