Marak Penipuan, Yup Ajak Pengguna Proaktif Jaga Data Diri

Yup mengedukasi penggunanya untuk melakukan pencegahan agar tidak terjebak penipuan yang mengatasnamakan Yup.
Shabrina Paramacitra
4 November 2022, 19:19
Yup mengedukasi penggunanya untuk melakukan pencegahan agar tidak terjebak penipuan yang mengatasnamakan Yup.
Yup

Sebagai platform penyedia akses paylater, Yup memudahkan penggunanya untuk mendapatkan layanan dari mitra penyedia paylater. Para pengguna Yup dapat memanfaatkan layanan paylater yang cepat dan aman. Kemudahan ini membuat jumlah pengguna Yup terus meningkat setiap harinya. Namun, momen ini rawan dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk menipu pengguna Yup.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya, Yup secara aktif melakukan mitigasi terhadap tindakan penipuan yang mengatasnamakan Yup. VP of Legal & Compliance Finture Group Yosef Broztito mengatakan, Yup rutin melakukan edukasi mengenai modus penipuan agar pengguna Yup selalu berhati-hati.

“Salah satunya untuk tidak memberikan data-data sensitif seperti PIN (personal identification number) dan OTP (one time password) kepada pihak ketiga lainnya, termasuk pihak yang mengatasnamakan Yup. Selain harus memahami produk yang digunakan, pengguna juga harus proaktif melindungi diri dari segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan Yup,” papar Yosef.

Yup memiliki beberapa akun media sosial, yakni akun Facebook YupBisaYup, Twitter @thinkyup_id, Instagram @thinkyup.id, Tiktok @thinkyup.id, serta Linkedin Finture. Pengguna Yup dapat mengakses informasi mengenai Yup dari akun-akun tersebut.

VP of Marketing Finture Group Richard Haris menambahkan, jika menemukan hal yang mencurigakan, pengguna dapat langsung menghubungi kontak customer service Yup pada nomor Whatsapp 081380999689, atau telepon 085873923450. “Supaya terhindar dari berbagai modus penipuan, pastikan segala informasi yang didapatkan berasal dari akun resmi Yup,” imbuh Richard.

Modus-modus penipuan yang mengatasnamakan Yup ada beragam. Modus-modus itu yakni:

1. Gesek tunai (gestun)
Yup tidak pernah menawarkan jasa gestun yang memungkinkan pengguna Yup mencairkan pinjaman dari mitra Yup dalam bentuk uang tunai melalui merchant tertentu. Pengguna wajib waspada atas tawaran jasa gestun menggunakan aplikasi Yup.

2. Permintaan kenaikan limit
Modus penipuan ini marak terjadi melalui chat, terutama pada aplikasi Whatsapp. Penipu mengirimkan chat Whatsapp kepada pengguna. Chat tersebut berisi penawaran kenaikan limit setelah melakukan transaksi. Yup tidak pernah menawarkan kenaikan limit pinjaman dari mitra Yup kepada pengguna Yup, dengan syarat mengarahkan pengguna melakukan transaksi khusus.

3. Permintaan data pribadi
Platform media sosial tak lepas dari incaran para pelaku penipuan. Banyak akun palsu yang memanfaatkan data pengguna yang lengah dengan mengatasnamakan Yup. Modus penipuan ini umumnya dilakukan dengan mengarahkan pengguna untuk masuk ke dalam tautan tidak resmi yang digunakan para penipu untuk mengumpulkan data pribadi pengguna.

Yup pun terus mengingatkan agar penggunanya mewaspadasi modus-modus pengumpulan data pribadi. Berikut modus yang kerap dilakukan para pelaku penipuan:

1. Ajakan kepada teman (referral)
Pengguna akan diarahkan untuk mengklik tautan tidak resmi di media sosial. Tautan tersebut dibuat agar pengguna mau mengisi data-data pribadinya, seperti username, nomor telepon, kode PIN, dan OTP. Pengguna juga diiming-imingi hadiah. Modus ini dapat menjebak pengguna, karena Yup memang memiliki program referral.

Untuk itu, hal yang wajib diperhatikan ketika mendapatkan tautan program referral adalah pastikan tautan tersebut benar, didapatkan dari akun media sosial resmi Yup.

2. Pengecekan status pengiriman kartu
Modus ini juga berbentuk permintaan agar pengguna memberikan data-data sensitifnya (username, nomor telepon, kode PIN serta OTP), dengan alasan kebutuhan untuk pengecekan status pengiriman kartu. Data pengguna akan digunakan dengan oleh para penipu yang merugikan pengguna.

Pengguna Yup yang ingin mengetahui status pengiriman kartu dapat menyampaikan pertanyaannya melalui customer service Yup. Untuk mengakses layanan customer service ini, pengguna cukup memberikan informasi mengenai nomor teleponnya. Tidak ada data pribadi lain yang dibutuhkan untuk pengecekan status pengiriman kartu fisik Yup.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...