Inovasi Digital PLN Raih Penghargaan Internasional
PT PLN (Persero) menjadi perusahaan energi yang mewakili Indonesia dari 16 negara pada Asian Experience Awards 2023. Di dalam ajang yang berlangsung di Singapura pada 5 Oktober 2023 ini, perseroan meraih dua penghargaan.
Penghargaan yang dimaksud, yaitu Indonesia User Experience of the Year untuk aplikasi PLN Mobile. Dan, Indonesia Digital Experience of the Year untuk transformasi digital di bisnis energi.
Asian Experience Awards 2023 diinisiasi media The Asian Business Review (Charlton Media Group) yang berbasis di Singapura. The Asian Business Review menilai, PLN sebagai badan usaha negara Indonesia memiliki inovasi-inovasi terbaru di bidang energi, khususnya ketenagalistrikan.
Penghargaan bergengsi yang diikuti 16 negara dan 60 perusahaan ternama di Asia itu diberikan kepada PLN sebagai pengakuan internasional atas pencapaian perusahaan. PLN menjadi satu-satunya perusahaan di bidang energi yang mendapatkan penghargaan.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pencapaian yang ada menjadi bukti nyata inovasi dan transformasi PLN yang terus berorientasi kepada konsumen. Pasalnya, selam tiga tahun terakhir, perseroan terus menjalankan transformasi berbasis digital secara end-to-end mulai dari energi primer, pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan, hingga pelayanan pelanggan.
“Transformasi digital mampu meningkatkan efisiensi perusahaan,” tutur Darmawan dikutip dari siaran pers, Sabtu (7/10).
Digitalisasi yang dilakukan PLN dan subholding juga membuat seluruh proses bisnis lebih sederhana, cepat, terintegrasi, serta bisa dimonitor dan dikontrol secara real-time.
“Transformasi digital yang kami jalankan harus semakin masif, mengubah sistem pelayanan yang sebelumnya lambat, tidak responsif menjadi cepat dan sangat memuaskan,” ujar Darmawan.
Salah satu hasil dari transformasi tersebut adalah aplikasi New PLN Mobile. Keberhasilan PLN mengubah dan mengelola aplikasi ini mendapatkan pengakuan di tingkat global.
Darmawan menjelaskan, beberapa layanan yang ditawarkan aplikasi PLN Mobile terbaru, yaitu pasang baru, tambah daya, pembayaran listrik, pembelian token, pengaduan, EV digital services, hingga marketplace.
“Saat ini PLN Mobile telah diiunduh oleh hampir 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,9 dari skala 5,” imbuhnya.
Darmawan berharap, penghargaan ini tidak serta merta membuat seluruh jajaran PLN berpuas diri. Sebaliknya, justru akan terus memacu semangat untuk meningkatkan kualitas PLN dalam melayani pelanggan.
“Prestasi ini saya berikan kepada seluruh bagian dari tim PLN yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Darmawan.