Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, Bank Mandiri MoU dengan BYD

Bank Mandiri menegaskan komitmen terhadap praktik ekonomi berkelanjutan melalui dukungan kepada ekosistem kendaraan listrik.
Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
16 Februari 2024, 14:42
Bank Mandiri menegaskan komitmen terhadap praktik ekonomi berkelanjutan melalui dukungan kepada ekosistem kendaraan listrik.
Bank Mandiri
Button AI Summarize

Bank Mandiri membuktikan komitmennya terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik dengan menandatangani MoU dengan PT BYD Motor Indonesia. Pengesahan note kesepahaman ini berlangsung di sela perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan, kerja sama tersebut sejalan dengan misi perseroan menjadi Indonesia’s sustainability champion for a better future. Upaya merealisasikannya dimulai melalui dukungan perubahan gaya hidup ramah lingkungan. 

“Selaras dengan fungsi BUMN sebagai agen perubahan, Bank Mandiri akan menyediakan berbagai dukungan finansial dan layanan keuangan strategis yang dibutuhkan BYD, termasuk optimalisasi perusahaan anak di bidang pembiayaan,” tuturnya dikutip dari keterangan resmi, Jumat (16/2).

Kolaborasi Mandiri dengan BYD mencakup pengadaan kendaraan operasional, khususnya kendaraan listrik dari grup BYD. Sedangkan sebaliknya, grup BYD memanfaatkan produk perbankan digital seperti Kopra dan Livin’ by Mandiri untuk memperkuat ekosistem perusahaan.

Kerja sama Mandiri-BYD pun diharapkan dapat turut mendukung transisi menuju Indonesia nol emisi karbon (net zero emission/NZE) Indonesia pada 2060. Termasuk mengakselerasi ekonomi hijau di Indonesia melalui pengembangan pembiayaan dan produk keuangan berkelanjutan.

“MoU ini adalah awal dari kolaborasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan, yang mana pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan berjalan beriringan,” imbuh Alexandra.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...