Dukung Target NZE 2060, Grup MIND ID Jalankan Program Dekarbonisasi

Grup MIND ID beserta anggotanya melanjutkan upaya untuk dekarbonisasi dalam tiap lini operasinya.
C. Bregas Pranoto
Oleh C. Bregas Pranoto - Tim Publikasi Katadata
27 Februari 2024, 18:01
Grup MIND ID beserta anggotanya melanjutkan upaya untuk dekarbonisasi dalam tiap lini operasinya.
MIND ID
Button AI Summarize

BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (Grup MIND ID) berkomitmen melaksanakan program dekarbonisasi sebagai upaya mendukung target pemerintah dalam mencapai net zero emission (NZE) pada 2060 atau lebih awal.

“Praktik good mining di antaranya terwujud lewat program dekarbonisasi seperti melakukan upaya konservasi, substitusi dari penggunaan energi fosil ke energi ramah lingkungan, dan yang lainnya,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf dalam pernyataan tertulis, Selasa (26/02).

Komitmen dekarbonisasi dilakukan anggota Grup MIND ID PT Aneka Tambang Tbk (Antam) lewat penggunaan bahan bakar ramah lingkungan dalam kegiatan operasional perusahaan. Sejak 2019, Antam melakukan inisiasi penggunaan bahan bakar B20 dan pada 2022 mulai menggunakan bahan bakar B30 untuk kendaraan operasional tambang.

Selain itu, Antam juga menggunakan panel surya untuk penerangan jalan di beberapa unit bisnis seperti yang diterapkan di sekitar wilayah tambang emas Antam di Pongkor, Jawa Barat.

“Antam juga menyusun roadmap dekarbonisasi sebagai bagian dari komitmen mengurangi emisi gas rumah kaca dan wujud penerapan bisnis berkelanjutan,” kata Heri.

Upaya dekarbonisasi juga dilakukan oleh anggota Grup MIND ID lainnya yakni PT Bukit Asam Tbk (PTBA). PTBA menjalankan program eco mechanized mining. Ini merupakan program mengganti peralatan pertambangan berbahan bakar fosil atau BBM menjadi berbasis listrik.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...