#MudahkanHidup Bijak Dalam Berbelanja

Oleh Tim Publikasi Katadata, 3 September 2018

Di momen Hari Pelanggan Nasional ini, ayo rayakan dengan bertransformasi menjadi smart shopper yang mengerti dengan baik kebutuhan pribadi.

#MudahkanHidup Bijak Dalam Berbelanja
Unduh Infografik
Share

Kegemaran berbelanja, terkadang membuat kita lupa akan kewajiban untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Meskipun mampu memberikan kebahagiaan, gaya hidup konsumtif menyebabkan naiknya jumlah kredit yang saat ini dikeluarkan perbankan Indonesia. Beban cicilan masyarakat pada Juni 2017 sebesar Rp 1.261 triliun, naik 10,7 persen menjadi RP 1.396 triliun di periode yang sama pada 2018. Maka dari itu, kita sebagai konsumen harus bijak dalam mengelola atau membelanjakan uang kita.

Di momen Hari Pelanggan Nasional ini, ayo rayakan dengan bertransformasi menjadi smart shopper yang mengerti dengan baik kebutuhan pribadi. Terutama kamu yang sering tergoda dengan berbagai tawaran diskon online maupun offline. Saat ini, tren belanja online berkembang sangat pesat, dengan kategori fesyen dan kecantikan memiliki omset terbesar. Disusul dengan kategori perjalanan wisata serta mainan dan hobi.

Simak tips #MudahkanHidup berikut untuk menghindari pengeluaran yang sia-sia. Pertama, kamu harus harus memaksimalkan tabungan dan investasi untuk masa depan. Kedua, jangan lupa untuk menyiapkan anggaran belanja secara teratur. Ketiga, biasakan membuat prioritas barang-barang kebutuhan untuk dibeli. Keempat, jangan terlalu sering menggunakan kartu kredit karena akan membiasakan kamu untuk belanja lebih besar dari pemasukan kamu. Kelima, kurangi akses harian terhadap aplikasi belanja online untuk mengurangi belanja yang tidak dibutuhkan. Terakhir, kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan semata.