Prasyarat Indonesia Menjadi Negara Maju 2045

Oleh Yosepha Pusparisa, 25/9/2019, 13.56 WIB

“Optimisme bukan berarti tidak waspada. Kita terus memperbaiki policy, regulasi, instrumen, tingkah laku, dan sikap dalam menjaga momentum menuju 2045."

Unduh Infografik
Share

Indonesia digadang-gadang menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar dunia pada 2045. Pemerintah memprediksi sejumlah potensi yang bisa membawa Indonesia ke posisi itu.

Di antaranya jumlah penduduk Indonesia mencapai 319 juta jiwa dengan 47 persennya berada di usia produktif. Pada 2045, mayoritas penduduk pun tinggal di perkotaan. Kegiatan ekonomi bergeser ke sektor jasa.

Kendati demikian, ada sejumlah prasyarat yang mesti dipenuhi pemerintah untuk mencapai negara ekonomi terbesar tersebut. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan antara lain infrastruktur, sumber daya ekonomi dan keuangan, birokrasi pemerintah, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), tata ruang wilayah, dan teknologi.

“Optimisme bukan berarti tidak waspada. Kita terus memperbaiki policy, regulasi, instrumen, tingkah laku, dan sikap dalam menjaga momentum menuju 2045 yang sejahtera,” ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati saat berbicara pada peluncuran buku Menuju 5 Besar Dunia, Kamis (12/9).