Warna-warni Tim Ekonomi Jokowi Jilid 2

Oleh Andrea Lidwina, 24/10/2019, 07.55 WIB

Dia menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Menko Bidang Perekonomian dan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Unduh Infografik
Share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya di bidang perekonomian pada periode 2019-2024. Dia menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Airlangga akan mengatur koordinasi dengan 10 menteri, di antaranya menteri keuangan, menteri perindustrian, menteri perdagangan, serta menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Dari kesepuluh menteri yang ada di bawah koordinasinya, lima orang berasal dari partai politik.

Sementara Luhut akan membawahi empat orang menteri, seperti menteri ESDM, menteri perhubungan, menteri kelautan dan perikanan, serta menteri pariwisana dan ekonomi kreatif. Selain itu, Jokowi juga telah menunjuk pengusaha Bahlil Lahadalia sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dengan begitu, sebagian besar tim ekonomi periode kedua pemerintahan Jokowi diisi oleh menteri non-partai (akademisi, birokrat, dan pengusaha). Sementara itu, perwakilan partai politik berasal dari Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa/PKB, Partai NasDem, dan Partai Gerindra.