7 Staf Milenial di Ring 1 Jokowi

Oleh Dwi Hadya Jayani, 22/11/2019, 19.55 WIB

Jokowi berharap staf khusus dari generasi milenial dapat memberikan ide segar dan inovasi dalam pemerintahannya.

Unduh Infografik
Share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan tujuh anak muda yang ditunjuk sebagai staf khususnya. Mereka diangkat sebagai wakil generasi milenial di periode kedua pemerintahannya.

Dia beralasan, penunjukan tujuh anak muda usia antara 23-36 tahun tersebut untuk menyerap ide segar dari kalangan milenial. Mereka diharapkan dapat mengembangkan inovasi di berbagai bidang, sekaligus menjadi jembatan untuk anak muda, santri muda, dan diaspora di berbagai tempat. (Baca: Daftar 14 Staf Khusus Jokowi, 10 Wajah Baru dan 4 Nama Lama)

Meski muda, tetapi kontribusi dari ketujuh staf yang baru ini dinilai tidak perlu diragukan. Mereka adalah CEO Creativepreneur sekaligus anak pengusaha Chairul Tanjung, Indah Putrisari Tanjung (23); pendiri dan CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara (29); perumus Gerakan Sabang Merauke dan Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi (36); dan pendiri Thisable Enterprise dan kader PKPI, Angkie Yudistia (32).

(Baca: Periode ke-2 Jokowi, Bertabur Wamen dari Para Pendukung)

Selanjutnya, Ketua PB PMII 2014-2017 dan Sekjen Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi), Aminuddin Maruf (33); pendiri dan CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra (32); dan Pendiri dan CEO Kitong Bisa, Gracia Billy Mambrasar (31).

Menurut Jokowi, staf khusus ini juga tidak perlu datang ke kantor setiap hari karena telah memiliki kegiatan sebelumnya. Jokowi berujar pekerjaan bisa dilakukan setiap mingguan atau 1-2 pekan. “Tidak harus harian ketemu, tapi masukan setiap jam dan setiap menit bisa saja,” kata Jokowi.