Komitmen Pemda Sekadau Tekan Kemiskinan

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
31 Desember 2019, 12:09
Kab Sekadau
Katadata

Dalam hal menekan tingkat kemiskinan, Pemerintah Daerah Sekadau termasuk lumayan berhasil. Pada 2018, persentase penduduk miskin di Sekadau sebesar 6,17 persen, di bawah rata-rata Provinsi Kalimantan Barat yaitu 7,37 persen. Selama beberapa tahun terakhir, persentase penduduk miskin di Sekadau memang berfluktuasi, tapi kecenderungannya terus menurun.

Namun masih banyak pekerjaan rumah bagi Sekadau. Dengan skor Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2017 sebesar 63,04, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat tergolong daerah dengan tingkat pencapaian pembangunan yang sedang. Untuk meningkatkan kualitas pembangunannya, Pemerintah Kabupaten Sekadau terus berinovasi, terutama dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

Hal itu tercermin dalam alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Untuk mendongkrak kesejahteraan warganya, Pemerintah Kabupaten Sekadau mengalokasikan anggaran cukup besar untuk sektor pendidikan dan kesehatan.  Alokasi anggaran bidang pendidikan Pemerintah Daerah Sekadau pada tahun 2019 lalu sebesar 39 persen dari APBD, sementara porsi anggaran untuk sektor kesehatan sebesar 21 persen dari APBD.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...