Cek KK Online Mandiri, Mudah, Cepat, dan Praktis

Siti Nur Aeni
19 Agustus 2021, 08:00
Cek KK Online Mandiri, Mudah, Cepat, dan Praktis
ANTARA FOTO/Jojon/hp.
Ilustrasi cek KK online menggunakan ponsel pintar.

Kartu keluarga atau KK merupakan bukti identitas yang berisi data anggota keluarga. Dokumen ini sangat penting karena salah satu  yang disyaratkan dalam urusan administrasi negara. Maka dari itu, penting untuk membuat kartu keluarga dan memperbaharui jika ada perbaikan data. Bila sudah memiliki kartu keluarga, tidak ada salahnya untuk melakukan cek KK secara berkala.

Pengecekan ini diperlukan untuk memastikan bahwa nomor identitas dan data lainnya di dalam kartu keluarga tersebut tidak keliru. Tenang saja, karena untuk melakukan pengecekan sudah bisa secara online. Ingin tahu bagaimana cara cek KK online? Simak penjelasan berikut ini.

Cek KK Online di Web dukcapil.kemendagri.go.id

Cara KK pertama yang bisa Anda pilih secara online yakni melalui website resmi milik Kementerian Dalam Negeri. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu browser yang terpasang di HP atau PC .
  2. Akses link dukcapil.kemendagri.go.id.
  3. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.
  4. Apabila NIK yang Anda masukkan benar, secara otomatis data dari kartu keluarga tersebut akan muncul. Akan tetapi jika NIK yang dimasukkan salah atau tidak terdaftar, pencarian tidak bisa ditemukan.

Cek KK di Media Sosial

Cara kedua yang bisa dipilih yakni cek KK online melalui media sosial baik Facebook atau Twitter milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Untuk caranya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama bisa buka terlebih dahulu akun Facebook “Halo Dukcapil” atau akun Twitter @ccdukcapil.
  2. Kemudian kirimkan pesan atau Direct Message (DM) ke akun tersebut berisikan permohonan pengecekan kartu keluarga.
  3. Disarankan untuk melakukan permohonan pada jam kerja agar bisa direspon dengan lebih cepat.

Cek No KK dengan NIK melalui WhatsApp

Alternatif lainnya yang bisa anda lakukan ketika hendak cek nomor KK online yakni bisa melalui nomor WhatsApp. Cara ini bisa dikatakan mudah dan tentu saja aman. Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan pengecekan nomor KK melalui WhatsApp:

  1. Simpan terlebih dahulu nomor +628118005373 pada ponsel pintar anda.
  2. Kemudian kirimkan pesan singkat berisikan data seperti NIK, nama lengkap, nomor HP, nomor KK, dan tujuan anda mengirim pesan tersebut.
  3. Kirimkan pesan ke nomor yang sudah anda simpan sebelumnya.
  4. Tunggu sampai 1 x 24 jam, jika masih belum ada respon anda bisa menghubungi kembali atau mencoba melakukan pengecekan dengan cara lain.

Cek Nomor Kk Online menggunakan Email

Selain menggunakan media sosial Facebook dan Twitter, anda juga bisa melakukan cek KK online melalui email. Adapun cara untuk mengecekanya sebagai berikut:

  1. Kirimkan email ke alamat [email protected].
  2. Anda bisa mengisi subjek “Permohonana Pengecekan KK” dan mengisi badan email sesuai dengan tujuan anda mengirimkan email tersebut.
  3. Isikan juga nomor NIK dengan benar untuk mempermudah pengecekan.
  4. Kirimkan email tersebut dan tunggu sampai 24 jam.
  5. Disarankan untuk mengirimkan email pada jam dan hari kerja agar bisa mendapatkan respon lebih cepat.

Cara Membuat Kartu Keluarga yang Hilang atau Rusak

Selain cek KK online, saat ini pembuatan kartu keluarga yang hilang atau rusak juga bisa dilakukan dengan menggunakan sistem online pada website demo.dukcapil.online. Pada website tersebut juga dijelasakan persyaratan berserta dengan mekanisme pengajuannya. Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini kami berikan rangkumannya.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...