7 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil menjaga kesehatan badan dan bayi yang ada dalam kandungannya.
Image title
26 Oktober 2021, 13:40
Ilustrasi manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj.
Pedagang melayani pembelian kelapa muda di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (24/4/2020). Penjualan kelapa muda pada bulan suci Ramadhan meningkat tajam karena untuk keperluan berbuka puasa.

Bagi Anda para ibu hamil pasti ada banyak anjuran untuk mengonsumsi makanan penuh gizi. Selain menjaga kesehatan dan perkembangan si jabang bayi yang ada dalam kandungan, juga digunakan untuk merawat kesehatan calon ibu.

Salah satu buah yang bermanfaat untuk bagi kesehatan ibu hamil adalah kelapa muda. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil memiliki banyak khasiat. Pada buah yang keras dan berkulit tebal tersebut, yang digunakan hanyalah air yang tersimpan dari balik batok dan serabut kelapa tersebut.

Menurut salah satu jurnal yang ditulis oleh Tri Ratna Ariestini, berjudul Analisis Efek Kalium dalam Asupan Air Kelapa Muda pada Ibu Hamil Berdasarkan Kearifan Lokal Etnis Dayak Kalimantan Tengah Terhadap Kadar Kalium Saliva Ibu dan Bayi, Serta Kadar Mekonium Air Ketuban, ditemukan adanya manfaat air kelapa cukup siginifkan bagi kesehatan ibu hamil. Salah satunya mencegah terjadinya penyakit air ketuban keruh di rahim sang ibu.

Tidak hanya sampai di situ, masih ada banyak manfaat lain yang bisa d diperoleh ibu hamil dari mengonsumsi air kelapa muda.

Advertisement

Kandungan Gizi Air Kelapa Muda

Mengonsumsi air kelapa muda ternyata tidak hanya lezat, tapi juga menyegarkan. Dikutip dari Hellosehat.com, setiap 100 mililiter air kelapa muda terkandung beberapa zat penting, antara lain:

Energi: 17 Kalori (Kal)
Protein: 0,2 gram
Lemak : 0,1 gram
Karbohidrat: 3,8 gram
Kalsium: 15 miligram (mg)
Fosfor: 8 miligram
Besi: 0,2 miligram
Natrium: 1 miligram
Kalium: 149 miligram

Dari komposisi gizi ini, terlihat bahwa air kelapa mengandung kalium tinggi. Dibandingkan minuman olahraga yang diformulasi, kandungan kalium pada air kelapa lebih tinggi. Takaran gizi ini bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

Di sisi lain, kandungan mineral lain dalam air kelapa yang terdiri dari kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Selain yang disebutkan, nutrisi lain yang terdapat pada air kelapa adalah antioksidan dengan manfaat kesehatan yang besar.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Dari kandungan gizi di atas air kelapa muda memiliki beragam manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan juga bayi dalam kandungannya, antara lain:

1. Mencegah Dehidrasi

Bila Anda para ibu hamil mengalami lemas luar biasa yang diakibatkan oleh kekurangan cairan alias dehidrasi, dapat diobati dengan meminum air kelapa muda. Pasalnya 95% kandungan dalam air kelapa muda adalah air murni.

Air kelapa muda berperan menggantikan kadar elektrolit yang hilang pada tubuh karena berkeringat. Keseimbangan elektrolit pada air kelapa muda sama dengan yang ditemukan dalam tubuh. Namun, air putih tetap paling baik menghidrasi tubuh.

2. Mengobati Mual dan Muntah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya, adalah menjadi obat mual dan muntah. Fakta ini selaras dengan hasil penelitian dari Indian Journal of Public Health Research and Development, air kelapa muda dapat membantu menjaga kadar pH dalam tubuh.

Kandungan pH tersebut membuat air kelapa dapat mengatur keasaman dalam lambung, mengurangi mual, dan meningkatkan metabolisme. Air kelapa juga memiliki manfaat untuk mengganti cairan tubuh ibu hamil yang hilang karena mual dan muntah.

 3. Merawat Janin dalam Masa Pertumbuhan

Air kelapa kaya akan vitamin dan mineral. Dari kandungan mineral itu, bermanfaat untuk mengurangi risiko berat badan bayi lahir rendah (BBLR) dan preeklampsia.

Meski kandungan air kelapa muda sangat kaya, bukan berarti ibu hamil bisa minum air kelapa saja untuk mendapatkan vitamin dan mineral. Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lain yang dibutuhkan untuk kesehatan janin dan ibunya.

4. Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh ibu hamil adalam infeksi saluran kemih. Dengan mengonsumsi air kelapa muda, dapat menjadi pembersih saluran dan kandung kemih.

Selain itu, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil adalah menjaga fungsi ginjal yang tersambung pada saluran ekskresi.

 5. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu kandungan dalam air kelapa muda adalah antioksidan, vitamin dan mineral. Beragam manfaat itu sangat berguna bagi imunitas atau kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

Kandungan antioksidan berfungsi melindungi ibu hamil dan janinnya dari beragam penyakit. Kandungan tinggi asam laurat dalam air kelapa muda juga menghasilkan monolaurin (yang merupakan antivirus dan antibakteri) dalam tubuh.

Selain itu, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya, adalah mencegah hipertensi saat masa kehamilan berlangsung. Akan tetapi, bila Anda memiliki tensi rendah saat hamil, hindari minum air kelapa.

Salah satu jurnal National Library of Medicine, mencatat bahwa minum air kelapa selama dua minggu, bisa mengurangi tekanan darah pada 71 responden. Dalam kasus ini, para ibu hamil yang memiliki tensi rendah harus seijin dokter, agar tidak terjadi gejala penyakit lain yang tidak diinginkan.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan terkadang menjadi problematika yang dikeluhkan oleh ibu hamil. Bila hal itu terjadi pada Anda, maka cobalah untuk rutin mengonsumsi air kelapa muda.

Pasalnya, air kelapa muda mengandung sedikit kalori dan bebas lemak, sehingga memiliki manfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil.

Air kelapa muda menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil yang sedang ingin minum-minuman segar dibandingkan dengan minuman teh dalam kemasan, kopi, maupun minuman soda.

Cara Mengonsumi Air Kelapa Muda bagi Ibu Hamil

Dalam jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menyebutkan, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil akan maksimal jika dikonsumsi dengan benar. Caranya, dengan mengonsumsi tiga butir kelapa setiap minggunya.

Konsumsi air kelapa dapat dilakukan pada masa trimester ketiga kehamilan. Selain itu, para ibu hamil dianjurkan hanya mengonsumsi air kelapa muda saja dan mengecualikan daging buahnya.

Demikianlah daftar manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang bisa Anda konsumsi di rumah. Meskipun demikian konsumsi air kelapa muda harus dengan konsultasi dokter, demi menjaga kesehatan ibu dan calon bayi dalam kandungan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait