11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Siti Nur Aeni
26 Oktober 2021, 10:12
Buah bit yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
pixabay.com
Buah bit yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Buah bit merupakan tanaman dari kelompok Amaranthaceae-Chenopodiacea. Tanaman ini masih satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. Bit memiliki warna khas yang membedakannya dengan tanaman lain, yaitu warna merah keunguan yang cantik dan menarik.

Banyak orang mengkonsumsi daging buah ini karena memiliki rasa yang cukup manis. Selain itu, daun bit juga banyak dikonsumsi karena memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan. Daging buah yang memiliki warna mencolok seringkali dijadikan sebagai pewarna makanan. Masih banyak segudang manfaat dari buah unik ini. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya.

Kandungan Buah Bit

Manfaat dari buah bit tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya. Mengutip dari panganku.org, berikut ini komposisi kandungan buah bit.

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Natrium
  • Kalium
  • Tembaga
  • Seng
  • Betakaroten
  • Karoten total
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Vitamin C

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah bit, maka tak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir dari alodokter.com, berikut berapa manfaat bit untuk kesehatan.

1. Mencegah gejala pikun

Manfaat buah bit lainnya yaitu dapat mencegah pikun. Hal ini dikarenakan kandungan nitrit dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Maka dari itu, bit baik untuk dikonsumsi lansia.

2. Mengontrol kadar gula dalam darah

Bagi penyintas diabetes, bit dapat menjadi buah untuk konsumsi harian. Senyawa kimia dalam bit dapat mengendalikan glukosa dan insulin dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan asam alpha-lipoic juga dapat mencegah kerusakan sel dan memperbaiki saraf yang rusak.

3. Menambah stamina

Kandunga nutrat dalam bit diketahui dapat meningkatkan kerja fisik dan stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi jus buah ini, Anda bisa lebih bersemangat dalam menjalankan olahraga.

4. Menyembuhkan peradangan

Ketika tubuh menerima benda asing, maka tubuh kita akan mengeluarkan respon untuk melawannya. Respon tersebut dikenal dengan nama peradangan. Sayangnya, peradangan yang parah dan berlangsung lama dapat menggangu kesehatan.

Untuk mencegah peradangan tersebut, Anda dapat mengkonsumsi buah bit secara rutin. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam bit dipercaya bisa mengatasi dan mencegah peradangan.

5. Mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berbahaya. Banyak upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit ini, mengkonsumsi makanan sehat menjadi salah satunya. Buah bit merupakan makanan yang sehat yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini karena bit mengandung betasianin dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

6. Menurunkan hipertensi

Bit mengandung nitrat yang dapat dibuah menjadi nitrit oksida dalam tubuh. Zat tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa jus bit mampu menurunkan darah tinggi walaupun jumlahnya sedikit. Hal tersebut diduga karena bit memiliki pigmen merah  dan antioksidan.

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Secara khusus, bit juga bermanfaat bagi ibu hamil. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa manfaat buah bit untuk ibu hamil.

1. Mencegah kelahiran bayi catat

Buah bit mengandung asam folat yang baik bagi ibu hamil. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan dan saraf tulang belakang janin. Apabila dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang wajah, buah bit dapat mencegah kelahiran bayi catat.

2. Meningkatkan imun tubuh

Daya tahan tubuh bagi ibu hamil merupakan sebuah hal yang penting. Kekebalan tubuh diperlukan untuk mencegah ibu hamil terserang berbagai penyakit. Bit mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil sehingga perkembangan dan pertumbuhan janin tetap terjaga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...