11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Bit dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan atau minuman. Namun ketika dikonsumsi berlebih, dapat menyebabkan gangguan kesehatan.
Image title
26 Oktober 2021, 10:12
Buah bit yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
pixabay.com
Buah bit yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Buah bit merupakan tanaman dari kelompok Amaranthaceae-Chenopodiacea. Tanaman ini masih satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. Bit memiliki warna khas yang membedakannya dengan tanaman lain, yaitu warna merah keunguan yang cantik dan menarik.

Banyak orang mengkonsumsi daging buah ini karena memiliki rasa yang cukup manis. Selain itu, daun bit juga banyak dikonsumsi karena memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan. Daging buah yang memiliki warna mencolok seringkali dijadikan sebagai pewarna makanan. Masih banyak segudang manfaat dari buah unik ini. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya.

Kandungan Buah Bit

Manfaat dari buah bit tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya. Mengutip dari panganku.org, berikut ini komposisi kandungan buah bit.

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Natrium
  • Kalium
  • Tembaga
  • Seng
  • Betakaroten
  • Karoten total
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Vitamin C

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah bit, maka tak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir dari alodokter.com, berikut berapa manfaat bit untuk kesehatan.

1. Mencegah gejala pikun

Manfaat buah bit lainnya yaitu dapat mencegah pikun. Hal ini dikarenakan kandungan nitrit dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Maka dari itu, bit baik untuk dikonsumsi lansia.

2. Mengontrol kadar gula dalam darah

Bagi penyintas diabetes, bit dapat menjadi buah untuk konsumsi harian. Senyawa kimia dalam bit dapat mengendalikan glukosa dan insulin dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan asam alpha-lipoic juga dapat mencegah kerusakan sel dan memperbaiki saraf yang rusak.

3. Menambah stamina

Kandunga nutrat dalam bit diketahui dapat meningkatkan kerja fisik dan stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi jus buah ini, Anda bisa lebih bersemangat dalam menjalankan olahraga.

4. Menyembuhkan peradangan

Ketika tubuh menerima benda asing, maka tubuh kita akan mengeluarkan respon untuk melawannya. Respon tersebut dikenal dengan nama peradangan. Sayangnya, peradangan yang parah dan berlangsung lama dapat menggangu kesehatan.

Untuk mencegah peradangan tersebut, Anda dapat mengkonsumsi buah bit secara rutin. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam bit dipercaya bisa mengatasi dan mencegah peradangan.

5. Mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berbahaya. Banyak upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit ini, mengkonsumsi makanan sehat menjadi salah satunya. Buah bit merupakan makanan yang sehat yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini karena bit mengandung betasianin dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

6. Menurunkan hipertensi

Bit mengandung nitrat yang dapat dibuah menjadi nitrit oksida dalam tubuh. Zat tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa jus bit mampu menurunkan darah tinggi walaupun jumlahnya sedikit. Hal tersebut diduga karena bit memiliki pigmen merah  dan antioksidan.

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Secara khusus, bit juga bermanfaat bagi ibu hamil. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa manfaat buah bit untuk ibu hamil.

1. Mencegah kelahiran bayi catat

Buah bit mengandung asam folat yang baik bagi ibu hamil. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan dan saraf tulang belakang janin. Apabila dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang wajah, buah bit dapat mencegah kelahiran bayi catat.

2. Meningkatkan imun tubuh

Daya tahan tubuh bagi ibu hamil merupakan sebuah hal yang penting. Kekebalan tubuh diperlukan untuk mencegah ibu hamil terserang berbagai penyakit. Bit mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil sehingga perkembangan dan pertumbuhan janin tetap terjaga.

3. Mencegah gangguan tulang

Saat hamil, seorang perempuan rentan terhadap penurunan massa tulang dan gigi. Bit mengandung kalsium yang baik untuk mencegah gangguan tulang selama masa kehamilan.

4. Mencegah anemia

Anemia menjadi gangguan kesehatan yang berisiko bagi ibu hamil. Untuk mencegahnya perlu asupan makanan yang bernutrisi. Bit mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa zat besi dapat meningkatkan produksi hemoglobin saat hamil, sehingga risiko anemia berkurang.

5. Melancarkan pencernaan

Konsumsi buah bit secara rutin juga baik untuk menjaga pencernaan selama hamil. kandungan serat yang tinggi bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Cara Mengkonsumsi Buah Bit

Buat bit cukup mudah untuk diolah menjadi beberapa olahan makanan atau minuman yang lezat. Menurut penjelasan di sehatq.com, berikut ini beberapa cara mengkonsumsi buah bit tanpa mengurangi nilai gizinya.

1. Jus buah bit

Bentuk olahan bit yang pertama yaitu jus buah bit. Anda bisa langsung menghaluskan bit dan menambahkan beberapa buah atau sayur sehat lainnya untuk meningkatkan kandungan nutrisi. Namun sebelum membuat jus, pastikan seluruh bahan sudah dicuci bersih.

Untuk menjaga kebaikan dalam buah ini, tidak disarankan menambahkan gula. Karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Olahan bit panggang

Seperti ubi jalar, bit juga dapat diolah dengan cara dipanggang. Bentuk olahan ini membuat rasa manis pada bit keluar sempurna. Cara untuk membuat makanan olahan ini cukup mudah, berikut langkah-langkahnya;

  • Cuci bit dengan air mengalir sampai bersih.
  • Bungkus bit dengan aluminium foil.
  • Panggang di oven atau microwave sampai matang.
  • Setelah itu, Anda bisa mengupas kulitnya kemudian konsumsi selagi masih hangat.

3. Salad bit

Salad merupakan olahan sehat yang banyak digemari akhir-akhir ini. Bit dapat menjadi campuran salad sehat yang lezat. Berikut cara membuat salad bit dengan mudah.

  • Cuci bersih bit kemudian rebus atau kukus buah bit.
  • Setelah itu, iris tipis atau parut bit yang telah matang.
  • Campurkan bit dengan sayuran lainnya sesuai selera.
  • Tambahkan saus salad dan rempah-rempah seperti balsamic atau minyak zaitun untuk meningkatkan rasa.

Bahaya Konsumsi Buah Bit Berlebihan

Meskipun kaya nutrisi dan banyak manfaatnya, namun saat buah ini dikonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Mengutip dari klikdokter.com, berikut beberapa bahaya konsumsi buah bit berlebih.

1. Dapat menyebabkan anafilaksis

Anafilaksis merupakan reaksi alergi akut yang membuat tubuh menjadi hipersensitif. Meskipun demikian, kondisi ini cukup jarang terjadi.

2. Dapat menyebabkan masalah perut

Meskipun dapat melancarkan pencernaan, namun bit juga bisa menyebabkan beberapa masalah perut seperti kembung dan kram. Kandungan nitrat juga dapat menyebabkan sakit perut. Sehingga orang yang memiliki penyakit berhubungan dengan indeks glikemik harus menghindari buah ini.

3. Cukup berbahaya untuk organ hati

Buah bit mengandung berbagai logam seperti tembaga, besi, magnesium, dan fosfor. Oleh sebab itu, konsumsi berlebih dapat menyebabkan logam menumpuk serta bisa merusak hati dan pangkreas.

4. Bituria

Kondisi ini ditandai dengan perubahan warna urine setelah mengkonsumsi buah ini. Warna urine biasanya akan beruah menjadi merah muda hingga merah tua. Kondisi tersebut cukup berisiko karena dapat mengurangi zat besi dalam tubuh.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait