15 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah delima merupakan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
Image title
26 Oktober 2021, 11:57
Buah delima yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan
pixabay.com
Buah delima yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan

Buah delima atau Punka granatum L. adalah perdu semak yang banyak tumbuh di daerah yang memiliki iklim sejuk. Buah ini memiliki ciri biji sangat banyak berbentuk bulat yang dilapisi daging berwarna merah. Kulit buah ini keras berwarna kuning hingga merah tua.

Tanaman delima biasanya di tumbuhkan sebagai tanaman hias di halaman rumah atau kebun. Buah ini dapat dimakan langsung atau diolah menjadi obat. Mengutip ppid.pertanian.go.id, setidaknya ada empat jenis delima dengan ciri yang berbeda.

  1. Delima putih: memiliki bunga berwarna putih, daging berwarna pucat, kulit putih, dan kulit biji putih.
  2. Delima merah: bunga berwarna merah, daging buah memiliki warna merah tua, dan kulit yang juga berwarna merah.
  3. Delima susu wantah: bunga berwarna merah dan kulitnya sepat seperti teh cair.
  4. Delima hitam: bunga memiliki warna merah dan kulit berwarna ungu tua.

Kandungan Buah Delima

Buah berwarna merah ini memiliki beberapa kandungan gizi dan senyawa penting bagi kesehatan tubuh. Melansir dari ppid.pertanian.go.id, berikut ini kandungan buah delima.

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Soidum
  • Potasium
  • Alkaloid
  • Renin
  • Kalisum oksalat
  • Asam maleik
  • Asam sitrat
  • Tanin
  • Senyawa acidumboricum

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Kandungan gizi dan senyawa penting dalam buah delima membuat buah ini kaya manfaat. Melansir dari hellosehat.com, berikut beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

1. Meringankan arthritis dan nyeri sendi

Delima memiliki sifat anti radang yang bisa mengatasi arthritis dan nyeri sendi. Kandungan flavonid juga bisa menghambat radang yang menyebabkan osteoarthritis dan kerusakan tulang rawan. Namun manfaat buah delima ini masih membutuhkan penelitian lebih lancur.

2. Menurunkan hipertensi

Delima dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacological Research menyebutkan bahwa minum jus delima dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik.

Jus delima mengandung antioksidan polifenol yang bisa melawan aterosklerosis serta meredakan peradangan pembuluh darah yang membantu menurunkan hipertensi.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam delima cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah ini dipercaya bisa melindungi tubuh dari berbagai infeksi.  Kandungan antioksidan didalamnya juga dapat melawan peradangan, stres oksifatif, dan gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

4. Dapat membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini membuatnya cocok untuk dikonsumsi saat sedang dalam program diet. Buah delima dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Anda bisa mengkonsumsi biji delima segar bersama olahan makanan lainnya seperti oatmeal, yoghurt, dan quinoa.

5. Mencegah kanker

Senyawa aktif dalam buah ini ternyata dapat mengahambat perkembangan sel kanker prostat. Selain itu, jus delima juga dipercaya bisa mencegah hingga menghancurkan sel kanker payudara.

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, delima juga memberikan banyak manfaat. Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk ibu hamil.

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Ibu hamil diketahui sangat rentan mengalami gangguan gigi dan mulut. Saat hal tersebut terjadi, ibu hamil tidak boleh asal mengkonsumsi obat. Salah satu cara untu menjaga kesehatan gigi dan mulut saat masa kehamilan yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Buah delima memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Buah ini juga aman dikonsumsi ibu hamil. Meskipun demikian, Anda tidak diperkenankan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

2. Mencegah bayi lahir cacat

Kandungan antioksidan dalam delima berperan penting untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Buah ini juga mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Manfaat Buah Delima untuk Anak

Buah delima juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Melansir dari alodokter.com, ini dia beberapa manfaat delima untuk anak.

1. Menjaga kesehatan otot

Kandungan mineral yang cukup tinggi membuat buah ini baik untuk menjaga kesehatan otot pada anak. Tak hanya itu, delima juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi selama masa pertumbuhan.

2. Mencegah dehidrasi

Asupan cairan sangat penting bagi anak-anak. Kandungan air dan elektrolit dalam buah delima bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan anak.

3. Memelihara kesehatan jantung

Delima mengandung serat, antioksidan, dan vitamin C yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan menjaga tekanan darah. Mengkonsumsi delima dan dipadukan dengan sayuran serta buah lainnya membuat jantung anak Anda menjadi lebih sehat.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Kandungan dalam buah delima juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mengutip dari hellosehat.com, berikut ini beberapa manfaat delima bagi kecantikan.

1. Membuat kulit lebih lembap

Kandungan vitamin C dalam buah ini dipercaya bisa melembapkan kulit. Delima dapat menenangkan kulit kering, pecah-pecah, dan iritasi. Tak hanya vitamin C, kandungan asam punicic juga mampu membantu melembapkan kulit secara alami.

2. Meregenerasi kulit

Biji buah delima dipercaya bisa melindungi epidermis dan meningkatkan regenerasi peidermis. Selain itu, delima juga bisa meningkatkan sirkulasi, penyembuhan kulit, perbaikan jaringan, dan penyembuhan luka.

3. Mengurangi tanda penuaan dini

Tanda penuaan dini dapat muncul karena kulit terlalu sering terpapar sinar mayahari langsung. Paparan tersebut dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel kulit. Tanda penuaan dini yang sering muncul antara lain keriput, garis halus, kulit terbakar, hingga kanker.

Delima mengandung antioksidan jenis polifenol yang bisa melindungi kulit dari sel oksidatif. Produk dari delima juga terbukti dapat memperbaiki struktur DNA. Buah ini juga membantu mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam di kulit.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit yang dirasakan banyak orang. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri di kelenjar minyak kulit. Kondisi tersebut terkadang bisa menyebabkan peradangan dan membuat kulit merah serta bengkak.

Antioksdan dalam delima dipercaya bisa membantu mengurangi radang tersebut. Sehingga secara tidak langsung dapat juga menjadi solusi untuk menghilangkan jerawat.

5. Memicu produksi kolagen

Seiring berjalannya waktu, kulit manusia akan mengalami pengenduran. Bagi sebagian orang hal tersebut menjadi masalah tersendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan buah delima.

Kandungan asam ellagic dan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi pemecahan kolagen. Delima bisa merangsang sel untuk memproduksi kolagen. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan suplai darah yang bermanfaatkan mengencangkan kulit.

Cara Mengkonsumsi Buah Delima

Mengkonsumsi buah delima tidak boleh sembarangan agar kandungan nutrisi dalam buah ini tidak hilang. Mengutip dari laman sehatq.com, delima sebaiknya dikonsumsi dengan cara menghancurkan bijinya menggunakan blender.

Bagi ibu hamil, sebaiknya mengkonsumsi delima dalam bentuk perasan atau jus dalam jumlah yang wajar. Sebab terlalu banyak mengkonsumsi buah ini juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.

Untuk penyintas penyakit kronis, konsumsi buah delima juga sebaiknya dibatasi. Selain itu, untuk memastikan keamanan buah ini, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait