Cara Membuat Minyak Kelapa Mudah dan Murah

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat. Cara membuat minyak kelapa juga cukup mudah dan murah, dengan begitu manfaatnya bisa dirasakan sehari-hari, baik untuk kesehatan dan kecantikan.
Image title
26 Oktober 2021, 23:00
Cara membuat minyak kelapa di rumah
Tijana Drndarski/pexels
Ilustrasi cara membuat minyak kelapa di rumah

Minyak kelapa merupakan salah satu karunia Tuhan yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan di setiap tetesnya. Walaupun minyak ini mudah didapatkan, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Ditambah lagi, cara membuat minyak kelapa tidak terlalu sulit, karena bisa dilakukan di rumah.

Minyak kelapa sedang mengalami popularitas dan permintaannya pun meningkat. Para produsen kosmetik hingga kuliner banyak menggunakan minyak kelapa dalam produk dagangan mereka.

Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Mudah di Rumah

Anda bisa membuat minyak kelapa secara mandiri di rumah. Berikut tips cara membuat minyak kelapa, sehingga bisa dipraktikkan dan menghemat pengeluaran di rumah, sebagaimana dilansir dari SehatQ.com:

1. Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Pemanasan

Cara membuat minyak kelapa satu ini akan menghasilkan warna minyak bening dan kerap disebut sebagai virgin coconut oil. Anda cukup menyiapkan daging kelapa tua dan mengikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

Advertisement
  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama satu hingga dua jam, selanjutnya terbentuk dua lapisan yakni santan di atas dan air di bawah.
  • Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
  • Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat, kemudian simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  • Setelah itu, akan terbentuk tiga lapisan yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah)
  • Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas, sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan VCO (Virgin Coconut Oil) .

2. Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Proses Pemanasan

Cara membuat minyak kelapa lainnya adalah dengan memanaskan santan kelapa terlebih dahulu. Adapun langkah yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit, agar santan keluar lebih banyak)
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak hangus dengan sesekali mengaduknya
  • Setelah santan berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut
  • Matikan api dan diamkan di suhu ruang
  • Setelah tidak panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan 
  • Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas, sehingga bagian atas dari santan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak kelapa, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut.
  • Cara membuat minyak kelapa dengan memasak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak yang berwarna kuning. Minyak kelapa ini digadang-gadang memiliki manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.
  • Minyak kelapa buatan sendiri dapat disimpan hingga 8-10 bulan di suhu ruang. Syaratnya, minyak kelapa ini harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat, sehingga mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas minyak kelapa tersebut.

Manfaat Minyak Kelapa

Setelah Anda bisa membuat minyak kelapa, maka selanjutnya adalah memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat-manfaat yang bisa digunakan dari minyak kelapa:

1. Memperbanyak Kadar Jumlah Kolesterol Baik (HDL)

Manfaat minyak kelapa yang pertama, adalah memperbanyak kadar kolesterol baik. Kandungan tersebut muncul dari jumlah trigliserida rantai menengah (MCT) di dalam minyak kelapa.

Aneka senyawa pada minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini masih dalam proses penelitian dan perlu ditelaah lebih lanjut.

Meskipun demikian, sejumlah ahli juga melihat bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

2. Mengendalikan Stres

Tidak hanya meningkatkan kolesterol baik atau HDL saja, khasiat minyak kelapa lainnya yakni membantu mengelola stres. Akan tetapi, stres yang dimaksud memiliki kaitan dengan stres pasca melakukan olahraga. Manfaat itu timbul dari sifat antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa.

Sementara itu, stres yang muncul akibat radikal bebas kemungkinan bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa. Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari Experimental and therapeutic medicine. Studi awal ini memperlihatkan bahwa ada kemungkinan minyak kelapa murni berkhasiat mengobati beberapa jenis depresi.

3. Menunda Rasa Lapar

Minyak kelapa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Rajin mengonsumsi minyak kelapa, mampu menunda rasa lapar Anda.

Manfaat dalam proses menunda lapar bisa terjadi karena adanya kandungan MCT di dalamnya. Proses kerja MCT ditengarai memiliki hubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak.

Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, mengingat beberapa studi yang dilaporkan berskala kecil dan dilakukan dalam waktu singkat. Bila manfaat ini bertahan lama, ada kemungkinan bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kelapa tak selalu lekat dengan bahan masakan, namun juga berkaitan dengan produk kecantikan. Beberapa perusahaan produk kecantikan membuat ekstrak minyak kelapa sebagai penawar anti inflamasi dan membantu melindungi, serta merawat kesehatan kulit.

Perlu diingat, bahwa khasiat itu hanya berlaku pada produk-produk topikal, alias dipakaikan ke kulit. Sedangkan penggunaan minyak kelapa untuk memasak, belum terbukti meningkatkan kesehatan kulit.

Demikian cara membuat minyak kelapa yang bisa dilakukan di rumah, serta beragam manfaatnya .

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait