13 Manfaat Susu Kambing Etawa dari Obat Kanker hingga Pereda Diare

Image title
28 Oktober 2021, 22:45
Ilustrasi manfaat susu kambing etawa
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Sejumlah wisatawan menyaksikan proses memerah susu kambing peranakan Etawa (PE) di kawasan bukit Menoreh desa ekowisata Ngargoretno, Salaman, Magelang, Jawa tengah, Sabtu (27/3/2021). Masyarakat pegiat wisata bersama pemerhati lingkungan di kawasan tersebut kembali membangkitkan pariwisata perpaduan antara wisata alam dan wisata edukasi melalui program desa Pakar (pelestarian alam berbasis kearifan lokal dan ekonomi kerakyatan) dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru.

Khasiat kambing etawa diyakini mampu untuk mengobati banyak penyakit. Selain itu, manfaat susu kambing etawa juga dianggap bisa menjadi salah satu upaya Anda untuk memperkuat imunitas diri.

Dalam perkembangannya, banyak peternak yang membuat sentra usaha ternak susu kambing etawa. Sentra itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Banyumas, Bogor hingga Banyuwangi. Apalagi, kambing etawa mampu beradaptasi dengan lingkungan esktrim, sehingga memudahkan peternak dalam merawat hewan berbulu satu ini.

Salah satu strategi untuk mendapatkan hasil berlimpah, para peternak di Indonesia kerap mengawinkan kambing lokal dengan etawa dan menghasilkan kambing peranakkan etawa

Manfaat Susu Kambing Etawa

Kambing etawa tidak hanya bisa dikonsums dagingnya saja, namun juga susunya. Seperti dilansir dari SehatQ.com, susu kambing etawa mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti: 

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Vitamin A
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Laktoferin

Untuk hasil yang maksimal, susu kambing etawa sebaiknya diminum dua kali dalam sehari. Porsi yang direkomendasikan adalah setara dengan 180 ml - 200 ml dalam sehari. Ukuran tersebut menyesuaikan dengan keadaan serta usia baik itu dewasa maupun anak-anak. 

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan

Meminum susu kambing etawa secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah manfaat susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi Infeksi Bakteri

Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli (E. coli). Menurut penelitian dari jurnal Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) tahun 2018, disebutkan bahwasanya susu kambing etawa mengandung zat antibakteri.

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan, jika konsentrasi susu sebanyak 60 % hingga 80 % dapat menghambat pertumbuhan bakteri resisten. Di sisi lain, konsentrasi 100% memiliki respons sebagai penghambat bakteri sedang.

Bakteri E. coli sendiri merupakan jenis bakteri penyebab timbulnya sejumlah penyakit, seperti infeksi saluran kemih (ISK) dan pneumonia.

2. Memperkuat Kesehatan Tulang

Sama seperti susu sapi, susu kambing etawa juga diperkaya kalsium. Adanya kandungan kalsium pada susu kambing etawa, dapat bermanfaat membantu pertumbuhan tulang dan gigi dan menjaga agar tulang senantiasa sehat.

Dilansir dari Alodokter.com, tubuh memerlukan asupan kalsium untuk pembentukan tulang sekaligus menjaga agar tulang tetap kuat. Selain itu, menurut penelitian tahun 2012, kandungan kalsium dan fosfor pada susu ini dapat mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

 3. Membantu Penyerapan Nutrisi

Susu sapi dan susu kambing, termasuk susu kambing etawa mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium. Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa mineral yang terkandung dalam susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh ketimbang mineral pada susu sapi.

Hal ini menjadikan susu kambing etawa lebih disarankan untuk Anda minum untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Apalagi, jika Anda mengalami gangguan kesehatan seperti anemia yang disebabkan kekurangan zat besi.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Susu kambing etawa memiliki kandungan karbohidrat jenis oligosakarida yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Jumlahnya setara dengan ASI manusia. Karbohidrat jenis oligosakarida yang terkandung dalam susu kambing etawa memiliki prebiotik dan bersifat antibakteri. Minum susu tersebut dapat membantu perkembangan probiotik alias bakteri ‘baik’ yang bertugas merawat kesehatan dan fungsi sistem pencernaan.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Memiliki otot tubuh yang kuat akan memudahkan Anda melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar otot Anda bertambah kuat, salah satunya dengan meminum susu kambing etawa secara rutin. Manfaat susu kambing etawa yang satu ini tidak lepas dari kandungan protein pada susu. Studi yang dirilis oleh Journal of the International Society of Sports Nutrition pada 2012, menyatakan jika diet tinggi protein dapat meningkatkan kekuatan otot.

 6. Meredakan Diare

Diare adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri E. coli. Dengan meminum susu kambing etawa akan membantu mengatasi penyakit diare. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit diare telah menewaskan sekitar 2.195 anak di seluruh dunia setiap harinya.

Alasan susu kambing etawa berkhasiat mengatasi diare adalah, karena susu mengandung zat laktoferin. Menurut penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), laktoferin pada susu kambing etawa bersifat antidiare, karena terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri E.Coli yang menjadi penyebabnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...