Pengertian Kiamat Sugra hingga Pertanda dan Contohnya

Meyakini hari kiamat termasuk rukun iman kelima. Ada dua jenis kiamat, yaitu kiamat sugra (kiamat kecil) dan kiamat kubra (kiamat besar). Berikut tanda-tanda, contoh dan pengertian kiamat sugra.
Dwi Latifatul Fajri
8 November 2021, 22:35
Kiamat Sugra
pixabay.com/icheinfach
Tanda Tanda Kiamat Sugra

Kiamat sugra adalah tanda-tanda kerusakan yang dialami sebagian alam yang terjadi setiap waktu. Tanda-tanda kiamat sugra seperti terjadinya bencana alam, gunung meletus, meninggalnya manusia, dan kebakaran hutan.

Kiamat kecil ini bisa diartikan sebagai hari berakhirnya kehidupan seseorang. Ada juga kiamat kubra atau kiamat besar yang menjadi hari kehancuran bumi dan alam semesta.  Mengutip dari buku Agama Islam ditulis Bachrul Ilmy,  firman Allah SWT dalam Surah Ar-Rahman (55) ayat 26-27 menjelaskan tentang kiamat. 

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ - ٢٦

وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ - ٢٧

Artinya:

Semua yang ada di bumi itu akan binasa, tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal.

Jenis Kiamat

Kiamat atau hari akhir merupakan masa berakhirnya kehidupan di dunia. Ada dua tanda hari akhir yaitu kiamat sugra (kiamat kecil) dan kiamat kubra (kiamat besar).

Kiamat kubra terjadi kehancuran menyeluruh di bumi dan alam semesta, sampai tidak tersisa apapun. Hari kiamat besar dirahasiakan oleh Allah SWT, dan umat Islam meyakini adanya kiamat di hari akhir nanti.

Kiamat kubra terjadi setelah malaikat Israfil meniup sangkakala pertama. Ketika itu, setiap makhluk yang hidup mengalami kematian kecuali Allah SWT.

Meyakini hari kiamat termasuk rukun iman kelima. Orang yang tidak percaya kiamat tidak termasuk golongan orang yang sempurna imannya.

Ciri atau Tanda-tanda Kiamat Sugra

Mengutip laman Nu.or.id, banyak hadis yang membahas tanda-tanda kiamat kecil. Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, muncul tanda-tanda kiamat sugra seperti disia-siakan amanat, penggembala menjadi kaya, banyak terjadi pembunuhan, fitnah dan berkurangnya ilmu. Sedangkan kiamat besar atau kubra tidak diketahui secara pasti.

Namun, ada tanda-tanda terjadinya kiamat sugra yang berlangsung sampai terjadi kiamat kubra. Berikut tanda-tanda kiamat sugra:

1. Munculnya fitnah
2. Banyak bermunculan orang yang mengaku sebagai nabi (banyak nabi palsu)
3. Banyak kebohongan dan saksi palsu
4. Perbuatan riba yang merajalela
5. Terjadi pertempuran besar antara dua golongan
6. Banyak anak yang tidak menghormati kedua orang tuanya
7. Banyak terjadi peristiwa besar
8. Tidak ada orang yang peduli pada urusan agama
9. Hilangnya ilmu pengetahuan dan tersebarnya kebodohan
10. Terjadi bencana alam
11. Kematian seseorang

Contoh Kiamat Sugra

Mengutip buku Agama Islam dari Kemendikbud, terdapat beberapa contoh kiamat sugra yaitu:

1. Terjadinya gempa bumi

Gempa bumi termasuk bencana alam yang menjadi hari kehancuran sebagian orang atau terkena dampak dari gempa.

2. Tanah longsor

Tanah longsor merupakan contoh kiamat kecil. Tanah longsor membuat sebagian orang, hewan, dan tumbuhan terdampak, bahkan hingga menyebabkan kematian.

3. Kematian seseorang

Salah satu contoh kiamat sugra yaitu hari berakhirnya kehidupan seseorang di dunia.

4. Kebakaran

Kebakaran hutan dan rumah termasuk musibah dan bencana yang membuat kehancuran seseorang.

Nama-Nama Hari Akhir

Hari kiamat merupakan masa berakhirnya kehidupan manusia di dunia. Setelah itu, manusia mempertanggungjawabkan amal perbuatan di dunia. Ada beberapa nama hari akhir, sebagai tahapan manusia untuk menerima ibadah dan amal yang mereka perbuat selama berada di dunia.

Berikut nama-nama hari akhir:

1. Yaumul qiyamah atau hari kehancuran

Yaumum qiyamah menjelaskan tentang bumi dan alam semesta yang mengalami kehancuran atas izin Allah SWT. Pada hari itu, manusia akan meninggal dunia.

2. Yaumul ba'as atau hari kebangkitan

Setelah hari kehancuran, kemudian manusia dibangkitkan dari alam kubur (barzakh). Ketika itu, Malaikat Israfil meniup terompet sangkakala kedua kali. Semua manusia dihidupkan kembali dari alam kubur untuk menerima balasan dari amal perbuatannya.

3. Yaumul mahsyar atau hari perkumpulan

Pada hari itu, manusia akan dikumpulkan di tempat yang luas. Ketika itu matahari berada sejengkal di atas kepala manusia. Tidak ada siapapun yang menolongnya kecuali amal di dunia.

4. Yaumul hisab atau hari perhitungan

Pada hari itu amal manusia di dunia akan dihitung. Manusia tidak bisa berbohong atas amal perbuatan yang dia lakukan. Anggota tubuh seperti mulut, mata, tangan, dan kaki akan bersaksi di hari perhitungan.

5. Yaumul mizan atau hari penimbangan

Pada hari penimbangan akan dihitung perbuatan baik dan buruk manusia. Ketika itu, amalan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT

6. Yaumul jaza artinya hari pembalasan

Setelah yaumul mizan akan ada hari pembalasan atas amal perbuatan manusia. Pada hari itu, manusia akan menerima balasan sesuai amal perbuatannya di dunia. Perbuatan baik akan mendapat balasan kebaikan, sementara perbuatan buruk akan mendapat siksaan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait