Cara Main Crypto yang Legal dan Menguntungkan

Image title
12 November 2021, 17:45
Ilustrasi cara main crypto
Unsplash/Executium
Ilustrasi cara main crypto

Cryptocurrency adalah mata uang digital untuk transaksi secara daring melalui jaringan yang terdiri dari rantai komputer. Fungsinya adalah untuk menyetujui pertukaran mata uang kripto dan mencegah duplikasi transaksi yang sama.

Cara kerja crypto menggunakan blockchain sebagai media transaksi. Menurut buku Cryptocurrency Trading Guide oleh George Protonotarios, blockchain adalah teknologi desentralisasi open-source. Fungsinya adalah memverifikasi dan mencatat semua transaksi melalui penggunaan public ledger.

Advertisement

Setelah menyelesaikan sejumlah transaksi tertentu, blockchain menghasilkan blok baru. Setiap proses blockchain dieksekusi menggunakan jaringan komputer yang berjumlah jutaan. Saat semua setuju, suatu blok menjadi tautan permanen dalam blockchain.

Penggunaan mata uang kripto memerlukan dompet cryptocurrency atau crypto wallet. Dompet ini dapat berupa perangkat lunak dengan layanan berbasis cloud atau disimpan di komputer atau smartphone. Crypto wallet berfungsi untuk menyimpan kunci enkripsi dalam mengonfirmasi identitas pengguna dan menautkan ke mata uang kripto.

Tren mata uang kripto kini semakin populer. Mengutip publikasi Fortune, pasar cryptocurrency melonjak ke level tertinggi sepanjang masa dan mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 3 triliun pada 9 November 2021. Bitcoin, Ethereum, dan Ethereum 2 menduduki tiga peringkat teratas dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Cara Main Crypto

Bermain crypto artinya melakukan transaksi mata uang crypto untuk investasi sesuai aturan yang berlaku. Menurut Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018, aset crypto tetap dilarang sebagai alat pembayaran.

Namun, mata uang kripto dapat digunakan sebagai instrumen investasi untuk dimasukan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Perdagangan crypto di Indonesia disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Simak cara main crypto untuk investasi secara legal berikut ini:

  1. Calon pelanggan membuka rekening pada Pedagang Komoditi Aset Kripto.
  2. Setelah lulus serangkaian prosedur Know Your Customer (KYC), calon pelanggan dapat disetujui menjadi investor, sehingga memiliki akun untuk bertransaksi.
  3. Pelanggan melakukan transaksi melalui Pedagang Komoditi Aset Kripto (exchanger).
  4. Gunakan crypto wallet untuk menyimpan kunci enkripsi, yang berfungsi untuk mengonfirmasi identitas pengguna dan menautkan ke mata uang kripto.
  5. Pilih jenis mata uang kripto untuk investasi.
  6. Susun strategi sesuai preferensi agar mendapatkan keuntungan.
  7. Lakukan pembayaran sesuai metode yang diinginkan.
  8. Seluruh data transaksi dari Pedagang Komoditi Aset Kripto, Lembaga Kliring Berjangka dan Pengelola Tempat Penyimpanan kepada Bursa Berjangka akan dilaporkan sebagai referensi harga dan pengawasan pasar.

Daftar Pedagang Aset Kripto yang Terdaftar di Bappebti

Berikut daftar Pedagang Aset Kripto yang terdaftar di Bappebti yang dapat dipilih untuk investasi dan transaksi.

  • PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX).
  • PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO).
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX).
  • PT Indonesia Digital Exchange (IDEX).
  • PT Pintu Kemana Saja (PINTU).
  • PT Luno Indonesia LTD(LUNO).
  • PT Cipta Koin Digital (KOINKU).
  • PT Tiga Inti Utama (TRIV).
  • PT Upbit Exchange Indonesia (UPBIT ).
  • PT Rekeningku Dotcom Indonesia (REKENINGKU.COM).
  • PT Triniti Investama Berkat (BITOCTO).
  • PT Plutonext Digital Aset (PLUTONEXT).
  • PT Bursa Cripto Prima.

Cara Mendapatkan Crypto

Merangkum dari buku Dasar Investasi dan Trading Cryptocurrency, terdapat tiga cara untuk mendapatkan mata uang crypto yang menguntungkan sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement