Cara Memainkan Alat Musik Triangle dan Fungsinya

Dwi Latifatul Fajri
29 November 2021, 21:16
Alat Musik Triangle
pexels.com/Karolina Grabowska

Alat musik triangle merupakan alat musik ritmis sebagai pengiring dan pengatur tempo lagu. Triangle berbentuk segitiga yang terbuat dari bahan baja. Meski berbentuk segitiga, ada bagian triangle yang terpotong atau utuh. Alat ini memiliki pemukul dari bahan logam untuk menghasilkan suara.

Triangle termasuk alat musik idiophone yang bisa dipukul dan bergetar untuk menghasilkan nada. Pemain triangle membutuhkan cara membuat resonansi yang tepat. Secara teori, nada yang dikeluarkan oleh triangle tidak tentu.

Mengutip dari Britannica.com, instrumen berbentuk segitiga ini sudah digunakan pada abad ke-14. Bentuk triangle bisa segitiga sampai trapesium. Tahun 1800-an, triangle memiliki suara gemerincing. Abad ke-18 alat musik ini dipakai sebagai simbal dan bass drum yang populer di Eropa.

Alat musik triangle tidak diketahui secara pasti siapa penciptanya. Menurut sejarah catatan di Eropa, instrumen musik ini berbentuk segitiga sama kaki. Triangle dulu dimainkan dalam orkestra klasik barat. Pemusik terkenal yang memakai triangle di orkestra yaitu Joseph Haydn, Ludwig Van Beethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Alat musik triangle dimainkan dengan cara dipukul. Bentuknya yang segitiga di bagian bawah terbuat dari baja, sementara alat pemukul triangle dari bahan logam. Ketika dipukul, triangle menghasilkan suara berdenting yang keras.

Mengutip dari buku Alat Musik Konvensional karya Eny Kusrini, cara memegang triangle yaitu digantungkan pada tangan kiri. Ada bagian pengait yang berfungsi untuk pegangan tangan. Kemudian tangan kanan memegang alat untuk memukul. Dentingan triangle menghasilkan suara yang keras.

Ketika dimainkan, bagian badan tidak boleh dipegang atau disenggol. Jika dipegang berpengaruh pada getaran suara yang dihasilkan triangle. Cara memainkan alat musik ini yakni dipukul di bagian sisi dalam untuk menghasilkan bunyi nyaring. Pemain triangle juga menyesuaikan tempo lagu ketika instrumen ini dimainkan.

Fungsi Alat Musik Triangle

Secara umum, alat musik triangle digunakan sebagai pengiring musik dan alat musik bantu. Pemain akan menghasilkan suara ketika memukul bagian dalam triangle. Instrumen ini menghasilkan suara berfrekuensi tinggi yang terdengar nyaring di telinga.

Namun, pemain membutuhkan ritme dan mengontrol level volume ketika mengiring musik. Tongkat kayu bisa menggantikan pemukul dari bahan logam. Suara yang ditimbulkan dari tongkat kayu lebih tenang dan mengurangi suara nyaring.

Triangle berasal dari kesenian Betawi, sebagai instrumen ansambel Keroncong Tugu. Mengutip dari jakarta-tourism.go.id, triangle dipakai sebagai alat musik bantu instrumen pengiring. Alat musik ini tidak memiliki tangga nada. Jadi tinggi rendahnya suatu nada, tergantung dari kemampuan pemain menghasilkan suara dan bahan dasar pembuatnya. Pemain musik membutuhkan improvisasi ketika memukul triangle.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...