Mengenal Alat Musik Bonang dan Beragam Jenisnya

Image title
29 November 2021, 22:44
Perajin memeriksa bagian dalam alat musik bonang saat memproduksi gamelan di Galeri Gamelan Bah Omo, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (22/1/2020). Gamelan Bah Omo yang ada sejak 1920 dan memasuki generasi ke-5 ini telah mengekspor gamelan ke berbagai
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Perajin memeriksa bagian dalam bonang saat memproduksi gamelan di Galeri Gamelan Bah Omo, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (22/1/2020). Gamelan Bah Omo yang ada sejak 1920 dan memasuki generasi ke-5 ini telah mengekspor gamelan ke berbagai benua terutama Eropa seharga Rp 15 juta hingga Rp 300 juta per set tergantung dari bahan baku yang digunakan.

Sebagai alat musik ensambel, gamelan terdiri dari beberapa instrumen musik, salah satunya adalah alat musik bonang. Cara memainkan alat musik bonang adalah dengan dipukul dengan menggunakan wilaga. Alat musik bonang berasal dari daerah Jawa Tengah, dan menurut sejarahnya, fungsi alat musik bonang tentu akan banyak berkaitan dengan era transisi Hindu-Buddha.

Alat musik bonang masuk ke dalam kategori instrumen metalofon, yang artinya alat musik yang terbuat dari bahan logam. Selain alat musik bonang, instrumen metalofon yang lain adalah gangsa, gender, gong, saron, dan slenthem.

Jenis dan Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Alat musik bonang terbuat dari bahan logam, dan cara memainkan alat musik bonang adalah dengan dipukul dengan wilaga. Wilaga merupakan sejenis palu yang terbuat dari kayu, dengan ujungnya yang dilapisi kain.

Cara memainkan alat musik bonang, tentu akan menyesuaikan dari jenis atau ragam alat musik bonang. Alat musik bonang terdiri dari tiga jenis, yaitu:

1. Bonang Penerus

Jenis atau ragam alat musik bonang yang pertama adalah bonang penerus. Merupakan alat musik bonang yang ukurannya paling kecil, tapi memiliki nada yang paling tinggi. Alat musik bonang penerus biasanya digunakan pada lagu-lagu jalin.

2. Bonang Barung

Berikutnya adalah bonang barung, yang memiliki ukuran sedang. Bonang barung memiliki susunan nada atau oktaf dari sedang hingga tinggi. Secara teknik, cara memainkan alat musik bonang barung masih sama, tapi peruntukannya yang berbeda. Alat musik bonang barung biasanya digunakan sebagai pembuka lagu, dan dimainkan beriringan dengan alat musik harmonis.

3. Bonang Panembung

Terakhir adalah alat musik bonang panembung, yang ukurannya paling besar jika dibandingkan dengan bonang penerus dan bonang barung. Dari segi bunyi, alat musik bonang panembung pun menghasilkan nada atau oktaf tengah sampai rendah.

Lebih lanjut, cara memainkan alat musik bonang umumnya terdiri dari tiga teknik. Berikut merupakan beberapa teknik untuk Anda yang akan memainkan alat musik bonang: 

  • Menabuh Dua Nada

Teknik atau cara memainkan alat musik bonang yang pertama adalah dengan menabuh dua nada secara bersamaan. Umumnya, teknik ini menggunakan dua jenis gaya memukul atau menabuh yang disebut gembyang dan kempyung. Pada teknik pukulan gembyang, pemain alat musik bonang memukul atau menabuh dua nada yang sama secara bersamaan, di rentang oktaf yang berbeda. Sebaliknya, untuk teknik kempyung, pemain alat musik bonang memukul secara bersamaan dua nada yang berbeda.

  • Menabuh Nada Satu per Satu

Cara memainkan alat musik bonang yang berikutnya adalah dengan menabuh nada satu per satu, atau juga dikenal dengan istilah mipil. Mipil diambil dari kata pipil dalam bahasa Jawa yang berarti satu per satu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...