Kandungan Gizi dan Ragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Minyak kelapa diyakini bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ulasan lengkap tentang manfaat serta kandungan gizi di dalam minyak kelapa.
Image title
8 Desember 2021, 18:45
Manfaat minyak kelapa untuk rambut
Tijana Drndarski/pexels
Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa merupakan salah satu bentuk olahan dari buah kelapa. Sejak zaman dulu, minyak kelapa sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, terutama dalam perawatan rambut.

Khasiat minyak kelapa tidak perlu diragukan lagi. Meski harus dilakukan penelitian lebih lanjut, namun yang jelas minyak kelapa punya kandungan gizi penting bagi kesehatan tubuh.

Minyak kelapa masuk ke dalam kategori minyak nabati. Dimana bahan dasar pembuatannya adalah bahan yang berasal dari tumbuhan.

Apabila dilihat sekilas, minyak kelapa memang terlihat mirip dengan minyak goreng. Bahkan masih ada beberapa orang yang beranggapan kalau kedua jenis minyak tersebut sama.

Advertisement

Padahal, sebenarnya minyak goreng dan minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang berbeda. Hal ini dapat dilihat berdasarkan bahan bakunya.

Pada umumnya bahan dasar minyak goreng yaitu kelapa sawit. Cara pembuatannya diproses dengan metode penyulingan dari biji kelapa sawit untuk menghasilkan larutan minyak kental berwarna oranye. Sementara minyak kelapa berasal dari daging buah kelapa yang melalui proses penyulingan, kemudian diambil minyaknya. Berdasarkan penjelasan ini, maka dapat disimpulkan kalau kedua minyak tersebut berbeda.

Kandungan Gizi Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia. Contohnya seperti vitamin E, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Selain itu, minyak kelapa tidak memiliki serat dan mineral.

Kendati demikian, minyak kelapa masih bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Medical News Today, berikut rincian kandungan gizi dalam 1 sendok makan (sdm) minyak kelapa:

  • 0 gram protein.
  • 0 miligram (mg) kolesterol.
  • 121 kalori.
  • 13,5 g lemak, di mana 11,2 g jenuh.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari Hello Sehat, diketahui bahwa komposisi lemak 100% terdiri dari lemak. Terutama 80-90% adalah lemak jenuh. Pada minyak kelapa setidaknya ada 3 jenis asam lemak jenuh seperti asam laurat, asam miristat, dan palmitat.

Meski berpotensi meningkatkan kadar LDL dalam tubuh, namun kandungan asam lemak jenuh pada minyak kelapa jumlahnya masih sedikit. Artinya, minyak kelapa masih bisa dikatakan aman untuk mengelola sejumlah varian makanan dan lainnya.

Kandungan lain dalam minyak kelapa yaitu berupa asam lemak tak jenuh. Walaupun jumlahnya sedikit, namun manfaatnya masih bisa dirasakan oleh tubuh.

Sampai sekarang minyak kelapa diklaim mampu membantu menjaga kesehatan beberapa organ tubuh. Kendati begitu, para peneliti masih terus mencoba untuk meneliti khasiat dari minyak kelapa.

Penggunaan minyak kelapa dalam metode apapun, asalkan jumlahnya tidak berlebihan akan memberikan manfaat baik. Namun sebaliknya, minyak kelapa juga diyakini punya sejumlah efek samping kalau pemakaiannya berlebihan.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Bahan-bahan alami seperti rempah-rempah, buah segar, sayuran hijau, hingga minyak berbahan dasar nabati, mengandung segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Hal ini pun berlaku pada minyak kelapa.

Meski tidak memiliki serat, vitamin, ataupun mineral, minyak kelapa tetap punya manfaat untuk kesehatan. Dihimpun dari Healthline, Alodokter, Hello Sehat, dan sejumlah sumber lainnya, berikut beberapa manfaat minyak kelapa:

1. Menyehatkan Kulit

Sejumlah produsen kecantikan mempercayai kalau ekstrak minyak kelapa dapat menyehatkan kulit. Kendati demikian, khasiat ini perlu diteliti lebih jauh lagi.

Untuk metode pemakaianya agar memperoleh khasiat ini, yaitu dengan cara mengoleskannya pada bagian permukaan kulit. Minyak kelapa juga diklaim memiliki efek antiinflamasi.

2. Mencegah dan Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Kandungan asam lemak di dalam minyak kelapa, diklaim mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2. Keyakinan tersebut didasari oleh anggapan bahwa minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh.

Meski diklaim punya khasiat seperti itu, minyak kelapa perlu diteliti lebih lanjut. Namun yang jelas, ada satu fakta yang tak bisa dibantah. Minyak kelapa mampu melembabkan kulit.

3. Menyehatkan Jantung

Minyak kelapa diduga mengandung polifenol. Sebuah senyawa yang bisa menghambat sekaligus mencegah terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah, atau istilahnya dikenal dengan sebutan aterosklerosis.

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui kalau minyak kelapa dianggap mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Minyak kelapa juga diyakini dapat menyehatkan gigi. Studi telah menemukan bahwa minyak kelapa menawarkan perlindungan terhadap gigi berlubang, memperbaiki radang gusi , dan mempengaruhi keseimbangan bakteri mulut.

4. Baik untuk Kesehatan Rambut

Khasiat minyak kelapa ini sudah dipercaya sejak dulu. Bahkan perawatan rambut tradisional selalu melibatkan minyak kelapa dalam setiap prosesnya.

Guna memperoleh manfaat ini, sebagian besar orang biasanya akan mengoleskan minyak kelapa ke rambut mereka untuk meningkatkan kilau dan melindunginya dari kerusakan. Minyak kelapa dapat menembus kulit kepala lebih baik daripada minyak mineral.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sejumlah orang memiliki anggapan, bahwa minyak kelapa mampu mempertahankan rasa kenyang di dalam perut dalam kurun waktu cukup lama. Tidak hanya itu, minyak kelapa murni diklaim bisa mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh serta mengubahnya menjadi energi. Minyak kelapa diduga berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Membantu Mengelola Stres Akibat Olahraga

Sebagai catatan, khasiat ini hanya berfungsi untuk stres yang diakibatkan oleh kelelahan fisik usai berolahraga. Minyak kelapa diyakini mengandung sejumlah antioksidan yang berfungsi menurunkan stres.

Sama seperti penjelasan sebelumnya, manfaat minyak kelapa ini harus diteliti lebih jauh lagi. Sehingga, khasiat pastinya dapat diketahui. Demikian pembahasan soal minyak kelapa dan manfaatnya. Minyak nabati yang satu ini sering digunakan dalam perawatan rambut dan kulit.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait