Kandungan Gizi dan Ragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Image title
8 Desember 2021, 18:45
Manfaat minyak kelapa untuk rambut
Tijana Drndarski/pexels
Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa merupakan salah satu bentuk olahan dari buah kelapa. Sejak zaman dulu, minyak kelapa sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, terutama dalam perawatan rambut.

Khasiat minyak kelapa tidak perlu diragukan lagi. Meski harus dilakukan penelitian lebih lanjut, namun yang jelas minyak kelapa punya kandungan gizi penting bagi kesehatan tubuh.

Advertisement

Minyak kelapa masuk ke dalam kategori minyak nabati. Dimana bahan dasar pembuatannya adalah bahan yang berasal dari tumbuhan.

Apabila dilihat sekilas, minyak kelapa memang terlihat mirip dengan minyak goreng. Bahkan masih ada beberapa orang yang beranggapan kalau kedua jenis minyak tersebut sama.

Padahal, sebenarnya minyak goreng dan minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang berbeda. Hal ini dapat dilihat berdasarkan bahan bakunya.

Pada umumnya bahan dasar minyak goreng yaitu kelapa sawit. Cara pembuatannya diproses dengan metode penyulingan dari biji kelapa sawit untuk menghasilkan larutan minyak kental berwarna oranye. Sementara minyak kelapa berasal dari daging buah kelapa yang melalui proses penyulingan, kemudian diambil minyaknya. Berdasarkan penjelasan ini, maka dapat disimpulkan kalau kedua minyak tersebut berbeda.

Kandungan Gizi Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia. Contohnya seperti vitamin E, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Selain itu, minyak kelapa tidak memiliki serat dan mineral.

Kendati demikian, minyak kelapa masih bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Medical News Today, berikut rincian kandungan gizi dalam 1 sendok makan (sdm) minyak kelapa:

  • 0 gram protein.
  • 0 miligram (mg) kolesterol.
  • 121 kalori.
  • 13,5 g lemak, di mana 11,2 g jenuh.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari Hello Sehat, diketahui bahwa komposisi lemak 100% terdiri dari lemak. Terutama 80-90% adalah lemak jenuh. Pada minyak kelapa setidaknya ada 3 jenis asam lemak jenuh seperti asam laurat, asam miristat, dan palmitat.

Meski berpotensi meningkatkan kadar LDL dalam tubuh, namun kandungan asam lemak jenuh pada minyak kelapa jumlahnya masih sedikit. Artinya, minyak kelapa masih bisa dikatakan aman untuk mengelola sejumlah varian makanan dan lainnya.

Kandungan lain dalam minyak kelapa yaitu berupa asam lemak tak jenuh. Walaupun jumlahnya sedikit, namun manfaatnya masih bisa dirasakan oleh tubuh.

Sampai sekarang minyak kelapa diklaim mampu membantu menjaga kesehatan beberapa organ tubuh. Kendati begitu, para peneliti masih terus mencoba untuk meneliti khasiat dari minyak kelapa.

Penggunaan minyak kelapa dalam metode apapun, asalkan jumlahnya tidak berlebihan akan memberikan manfaat baik. Namun sebaliknya, minyak kelapa juga diyakini punya sejumlah efek samping kalau pemakaiannya berlebihan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement