Mengenal Fungsi Daun dan Struktur pada Tumbuhan

Image title
9 Desember 2021, 00:01
Ilustrasi fungsi daun yang vital bagi tumbuhan
pixabay.com/Amytril
Ilustrasi fungsi daun yang vital bagi tumbuhan

Salah satu unsur penting dalam tumbuhan adalah daun. Kehadirannya menjadi bagian sangat penting karena fungsinya yang mampu menyerap energi matahari yang kemudian energi matahari tersebut digunakan sebagai bahan untuk fotosintesis. Sehingga, wujud daun sangat memengaruhi keberlangsungan hidup tumbuhan.

Secara pengertian, daun merupakan salah satu bagian tumbuhan yang tumbuh pada ranting atau batang dan biasanya tumbuh berhelai-helai hingga lebat. Daun itu sendiri biasanya mempunyai warna hijau. Warna hijau itu timbul karena zat klorofil di dalamnya.

Meskipun mayoritas daun berwarna hijau ada beberapa tumbuhan warnanya ada yang kurang hijau bahkan tidak berwarna hijau. Adapun penyebab dari daun yang kurang atau tidak berwarna hijau disebabkan karena zat klorofil pada daun tidak banyak.

Selain itu daun memiliki fungsi sentral sebagai tempat pernapasan bagi tumbuhan. Di dalam daun terdapat organ yang teramat penting yang bernama stomata. Secara fungsi, stomata ini adalah alat pernapasan yang ada pada tumbuhan. Jadi, dapat dikatakan bahwa jika tumbuhan tidak memiliki daun, maka besar kemungkinan tidak bisa bertahan lama.

Aneka Ragam Fungsi Daun

Selain sebagai area fotosintesis ada beragam fungsi lain dalam setiap helai daun. Berikut fungsi daun yang menjadikannya sebagai penopang utama pada tumbuhan.

1. Media Penyimpan Cadangan Air dan Makanan

Fungsi daun yang paling utama selain fotosintesis adalah menjadi tempat menyimpan cadangan air dan makanan. Penting untuk diketahui bersama bahwa fungsi daun ini supaya tumbuhan bisa terus bertahan hidup.

Lazimnya, pada setiap tumbuhan selalu meletakkan cadangan makanannya di akar, tetapi pada beberapa tumbuhan makanan dan cadangan air disimpan di daun. Salah satu tanaman yang daunnya berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan adalah lidah buaya. Oleh karena itu, ketika membuka atau mengupas daun lidah buaya, maka akan terlihat daging seperti agar-agar.

2. Alat Perkembangbiakan Tumbuhan

Tidak banyak daun yang menjadikan dirinya sebagai media pengembangbiakkan. Namun, dalam beberapa tumbuhan, daun menjadi alat perkembangbiakan, seperti tanaman cocor bebek.

Oleh karenanya agar daun cocor bebek bisa menghasilkan bebek yang baik perlu dilakukan perawatan dengan baik pula. Perhatian khusus pada daun cocor bebek patut untuk dilakukan.

3. Alat Pernapasan

Sebagai makhluk hidup, tumbuhan juga wajib untuk bernapas demi menjaga kelangsungannya di bumi. Tumbuhan dapat bernapas melalui daun karena di dalam daun terdapat organ yang bernama stomata.
Stomata pada daun dapat membantu tumbuhan melakukan pernapasan. Sama halnya, dengan manusia, tumbuhan yang tidak bisa bernapas dengan baik, maka perlahan-lahan akan layu bahkan tidak tumbuh lagi.

4. Alat Penguapan

Fungsi daun selanjutnya adalah sebagai tempat penguapan. Dalam proses penguapan, daun dibantu oleh kutikula. Bahkan, dalam proses ini peran kutikula lebih besar dibandingkan dengan stomata.

5. Media untuk Gutasi

Dalam salah satu fungsi tumbuhan adalah untuk media gutasi. PAda prosesnya gutasi itu sendiri berarti tetesan air dari permukaan tumbuhan. Pada proses ini tetesan air akan membasahi daun mulai dari permukaannya.

Mengenal Struktur Daun

Dalam setiap struktur daun terbagi menjadi dua kelompok yang ada dua bagian luar dan struktur daun bagian dalam. Berikut penjelasan mengenai struktur daun bagian luar dan dalam yang dikutip dari Gramedia.com:

1. Struktur Daun Bagian Luar

Struktur daun bagian luar terdapat tiga bagian, yaitu pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...