Mengenal Fungsi Daun dan Struktur pada Tumbuhan

Berikut fungsi daun beserta strukturnya yang menjadi penopang vital bagi tumbuhan.
Image title
9 Desember 2021, 00:01
Ilustrasi fungsi daun yang vital bagi tumbuhan
pixabay.com/Amytril
Ilustrasi fungsi daun yang vital bagi tumbuhan

Salah satu unsur penting dalam tumbuhan adalah daun. Kehadirannya menjadi bagian sangat penting karena fungsinya yang mampu menyerap energi matahari yang kemudian energi matahari tersebut digunakan sebagai bahan untuk fotosintesis. Sehingga, wujud daun sangat memengaruhi keberlangsungan hidup tumbuhan.

Secara pengertian, daun merupakan salah satu bagian tumbuhan yang tumbuh pada ranting atau batang dan biasanya tumbuh berhelai-helai hingga lebat. Daun itu sendiri biasanya mempunyai warna hijau. Warna hijau itu timbul karena zat klorofil di dalamnya.

Meskipun mayoritas daun berwarna hijau ada beberapa tumbuhan warnanya ada yang kurang hijau bahkan tidak berwarna hijau. Adapun penyebab dari daun yang kurang atau tidak berwarna hijau disebabkan karena zat klorofil pada daun tidak banyak.

Selain itu daun memiliki fungsi sentral sebagai tempat pernapasan bagi tumbuhan. Di dalam daun terdapat organ yang teramat penting yang bernama stomata. Secara fungsi, stomata ini adalah alat pernapasan yang ada pada tumbuhan. Jadi, dapat dikatakan bahwa jika tumbuhan tidak memiliki daun, maka besar kemungkinan tidak bisa bertahan lama.

Advertisement

Aneka Ragam Fungsi Daun

Selain sebagai area fotosintesis ada beragam fungsi lain dalam setiap helai daun. Berikut fungsi daun yang menjadikannya sebagai penopang utama pada tumbuhan.

1. Media Penyimpan Cadangan Air dan Makanan

Fungsi daun yang paling utama selain fotosintesis adalah menjadi tempat menyimpan cadangan air dan makanan. Penting untuk diketahui bersama bahwa fungsi daun ini supaya tumbuhan bisa terus bertahan hidup.

Lazimnya, pada setiap tumbuhan selalu meletakkan cadangan makanannya di akar, tetapi pada beberapa tumbuhan makanan dan cadangan air disimpan di daun. Salah satu tanaman yang daunnya berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan adalah lidah buaya. Oleh karena itu, ketika membuka atau mengupas daun lidah buaya, maka akan terlihat daging seperti agar-agar.

2. Alat Perkembangbiakan Tumbuhan

Tidak banyak daun yang menjadikan dirinya sebagai media pengembangbiakkan. Namun, dalam beberapa tumbuhan, daun menjadi alat perkembangbiakan, seperti tanaman cocor bebek.

Oleh karenanya agar daun cocor bebek bisa menghasilkan bebek yang baik perlu dilakukan perawatan dengan baik pula. Perhatian khusus pada daun cocor bebek patut untuk dilakukan.

3. Alat Pernapasan

Sebagai makhluk hidup, tumbuhan juga wajib untuk bernapas demi menjaga kelangsungannya di bumi. Tumbuhan dapat bernapas melalui daun karena di dalam daun terdapat organ yang bernama stomata.
Stomata pada daun dapat membantu tumbuhan melakukan pernapasan. Sama halnya, dengan manusia, tumbuhan yang tidak bisa bernapas dengan baik, maka perlahan-lahan akan layu bahkan tidak tumbuh lagi.

4. Alat Penguapan

Fungsi daun selanjutnya adalah sebagai tempat penguapan. Dalam proses penguapan, daun dibantu oleh kutikula. Bahkan, dalam proses ini peran kutikula lebih besar dibandingkan dengan stomata.

5. Media untuk Gutasi

Dalam salah satu fungsi tumbuhan adalah untuk media gutasi. PAda prosesnya gutasi itu sendiri berarti tetesan air dari permukaan tumbuhan. Pada proses ini tetesan air akan membasahi daun mulai dari permukaannya.

Mengenal Struktur Daun

Dalam setiap struktur daun terbagi menjadi dua kelompok yang ada dua bagian luar dan struktur daun bagian dalam. Berikut penjelasan mengenai struktur daun bagian luar dan dalam yang dikutip dari Gramedia.com:

1. Struktur Daun Bagian Luar

Struktur daun bagian luar terdapat tiga bagian, yaitu pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun.

a. Pelepah Daun

Pelepah daun merupakan bagian pangkal daun yang bentuknya melebar. Seringkali pelepah daun dikenal dengan nama lain yaitu upih daun. Pelepah daun biasanya berfungsi untuk membungkus bagian batang tumbuhan atau sebagai tempat dudukan daun yang ada di batang.

b. Tangkai Daun

Bagian atau organ daun yang dapat menopang atau menahan helai daun agar tidak jatuh adalah tangkai daun. Di setiap jenis daun, tangkai daun mempunyai letak dan fungsi yang berbeda.

c. Helai Daun

Dalam setiap bentuk helai daun ada yang tebal dan ada yang tipis serta warna dan ukurannya juga sangat beragam. Ada keberagaman pada helai daun, maka kita dapat mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan yang sedang kita lihat, rawat, atau bahkan kita budidaya. Helai daun yang ada pada tumbuhan paku-pakuan mempunyai fungsi sebagai pembawa spora.

Tumbuhan yang memiliki struktur daun bagian luar yang terdiri dari pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun, maka daun tersebut dapat dinamakan sebagai daun pelengkap. Sedangkan tumbuhan yang tidak memiliki ketiga struktur daun bagian luar, maka disebut dengan daun tidak lengkap.

2. Struktur Daun Bagian Dalam

Struktur daun bagian dalam terdiri atas dua bagian, yaitu epidermis dan jaringan mesofil. Berikut penjelasannya:

a. Epidermis

Epidermis merupakan lapisan jaringan yang ada di bawah permukaan bawah daun. Epidermis yang ada pada tumbuhan-tumbuhan tingkat tinggi memiliki tebal yang berbeda. Epidermis pada tumbuh-tumbuhan tingkat tinggi memiliki tebal satu lapis saja. Sedangkan, pada tumbuh-tumbuhan tingkat rendah, epidermisnya tipis dan umumnya tidak mempunyai klorofil.

 b. Mesofil

Mesofil adalah jaringan yang terbentuk dari sel parenkim yang fotosintetik dan berada pada bagian dalam daun. Jaringan mesofil ini terdapat beberapa bagian, yaitu jaringan tiang atau jaringan palisade dan jaringan bunga karang atau jaringan spons.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi daun dan strukturnya. Dari tulisan ini menjadi penjelasan mengenai fungsi vital dari daun pada setiap tumbuhan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait