Mengenal Curug Pangeran, Pilihan Wisata Liburan Akhir Tahun

Berkunjung ke Curug Pangeran bisa menjadi destinasi wisata pilihan selama liburan. Tempat wisata alam satu ini berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.
Image title
17 Desember 2021, 07:04
Curug Pangeran sebagai destinasi wisata pilihan di Jawa Barat
Instagram: Curug Pangeran
Curug Pangeran sebagai destinasi wisata pilihan di Jawa Barat

Curug menjadi salah satu wisata yang paling banyak diminati di Indonesia. Curug sendiri memiliki makna sebagai air terjun, sehingga masyarakat bisa menikmati kemurnian air dari alam dengan rasa seperti diguyur dari atas.

Selain baik untuk kesehatan badan karena menggunakan air murni tanpa campuran, menikmati keindahan curug bisa memberikan kesehatan mental karena sensasi wisata alamnya.

Salah satu wisata curug yang bisa dikunjungi adalah Curug Pangeran. Destinasi wisata ini berada di Kawasan Wisata Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kawasan wisata ini merupakan area yang lengkap sebagai ekosistem alam dari flora dan fauna, sehingga bisa dinikmati secara bersamaan.

Asal-usul nama pangeran sendiri merupakan sematan pada air terjun ini sekaligus menjadi keunikan tersendiri. Dengan keindahan dan suasananya, wisatawan dapat merasakan sensasi mandi layaknya anak raja.

Advertisement

Air terjun atau Curug Pangeran ini memiliki ketinggian sekitar enam meter ini berada di bagian hulu mata air Gunung Salak. Airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya hijau kebiruan. Akses menuju lokasi air terjun yang bersahabat dengan jarak dekat juga menjadi nilai tambah.

Wisatawan yang ingin menyambangi tempat ini, cukup menyiapkan kocek sebesar Rp 10.000. Apabila Anda hendak berkemah di lokasi ini, bisa menyiapkan biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Selain itu, ada beberapa jenis tiket yang perlu dibayar untuk bisa sampai ke kawasan Air terjun, seperti tiket pintu masuk kawasan Taman Nasional Halimun Salak dan tiket air terjun.

Adapun untuk jam operasional wisata Curug Pangeran cukup fleksibel. Anda bisa datang saat pagi hari sekitar pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Pengunjung bisa datang ke air terjun setiap hari.

Aneka Wisata di Curug Pangeran

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya mengenai asal-usul nama Curug Pangeran yang dipercaya bahwa tempat ini merupakan tempat pemandian para pangeran kerajaan jaman dahulu. Dengan pemandangan indah dan relatif sepi, membuat wisatawan merasakan nikmatnya mandi ala anak raja.

Selain bisa menikmati sajian deburan air terjun yang deras turun dari atas ke bawah. Anda juga bisa melihat napak tilas mengenai asal-usul penamaan Curug Pangeran. Aneka wisata lainnya juga disiapkan bagi setiap pengunjung yang pastinya membuat suasana wisata menjadi tidak terlupakan. Berikut ragam wisata di Curug Pangeran yang dihimpun dari situs travelspromo.com:

  1. Area Mendaki bagi Pemula

Untuk mencapai Curug Pangeran perlu menempuh jarak dari tempat parkir sekitar 150 meter dengan jalur cukup bersahabat. Kontur jalannya relatif mudah untuk dilalui. Wisatawan cukup menuruni jalur anak tangga lalu menyeberangi jembatan tembok.

 Di sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Hawa sejuk khas pegunungan juga akan menemani perjalanan. Dengan hanya melakukan pendakian sekitar 10 menit deburan air terjun sudah dapat terdengar. Apabila dilihat dari kejauhan, air terjun ini terlihat seperti air kolam renang. Airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya kebiruan.

2. Pesona Keindahan Curug Pangeran

Jika sudah sampai Curug Pangeran, ada warna hijau yang muaranya menjadi daya tarik utama. Warna kebiruan tersebut berasal dari pantulan cahaya pada kolam di bawah air terjun. Arusnya tidak terlalu deras didukung pepohonan rindang memberikan suasana sejuk dan nyaman untuk relaksasi.

Anda dapat menyusuri aliran sungai menikmati pesona pemandangan bebatuan besar. Jernihnya air membuat dasar sungai yang terdiri dari aneka batu alam terlihat jelas. Di sekitar air terjun juga terdapat tumbuhan pakis yang membingkai keindahan air terjun ini.

3. Area Lompat Tebing

Anda bisa adu nyali dari Curug Pangeran dan unjuk keberanian sembari mendapatkan foto yang aestetik. Tebingnya yang tidak terlalu tinggi menjadi wahana untuk melompat ke permukaan air. Air terjun ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas tersebut karena air terjunnya tidak terlalu tinggi.

Tidak sedikit wisatawan melancarkan aksi meloncat dari tebing air terjun. Sensasi kesegaran akan terasa saat jatuh di permukaan kolam. Kegiatan ini tidak disarankan bagi wisatawan yang tidak bisa berenang.

Demikianlah ulasan mengenai Curug Pangeran dari harga tiket, rute masuk hingga hal yang bisa dinikmati dari wisata air terjun ini.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait