5 Rekomendasi Wisata Pekanbaru yang Menarik dan Layak Dikunjungi

Image title
18 November 2021, 10:38
Wisata Pekanbaru di Air Terjun Aek Martua
Instagram: Air Terjun Aek Martua
Wisata Pekanbaru di Air Terjun Aek Martua

Kota Pekanbaru merupakan ibu kota dan kota terbesar di bawah naungan administrasi Provinsi Riau. Selain menjadi pusat administrasi, kota ini juga merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatra dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi.

Salah satu ciri khas dari Kota Pekanbaru adalah keberadaan Sungai Siak yang mengular di sekeliling kota. Mulanya kota ini adalah sebuah kota kecil yang memiliki pasar (pekan) yang bernama Payung Sekaki atau Senapelan. Pada abad ke-18, wilayah yang kini menjadi Pekanbaru berada pada lingkar pengaruh Kesultanan Siak, dan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah ("Marhum Pekan") secara luas dianggap sebagai pendiri kota Pekanbaru modern.

Roda ekonomi bekas kerajaan Islam ini didukung oleh perdagangan dan pertambangan minyak bumi. Kota ini memiliki sebuah bandar udara internasional, terminal bus antar kota dan antar provinsi, serta dua pelabuhan.

Secara grafik populasi Pekanbaru bersifat kosmopolitan, dipengaruhi oleh letak strategisnya di tengah-tengah Lintas Timur Jalan Raya Lintas Sumatra. Beberapa etnis yang memiliki populasi signifikan di kota ini antara lain adalah suku Minangkabau, Orang Ocu, Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa.

5 Rekomendasi Wisata Pilihan di Kota Pekanbaru

Berikut lima wisata Pekanbaru yang menjadi rekomendasi dan didominasi dengan lingkungan alam yang bisa dikunjungi oleh semua warga baik dengan teman, pasangan atau keluarga.

1. Air Terjun Batu Dinding

Rekomendasi wisata Pekanbaru yang pertama adalah Air Terjun Batu Dinding. Tempat wisata ini menjadi unik karena berada di lokasi tersembunyi di Kampar yang menampilkan pesona khas alam bebas yang menakjubkan. Hutan hujan tropis dan berada di himpitan bebatuan menjadikan wisata alam ini wajib untuk dijelajahi.

Adapun alamat lengkap dari lokasi ini ada di Jalan Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Dinamakan Air Terjun Batu Dinding karena airnya mengalir di antara himpitan batu. Bebatuan kokoh membentuk dinding mengitari sekitar lokasi wisata. Lumut-lumut tumbuh subur di atasnya.

Untuk masuk ke lokasi ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp5.000 dan bisa menikmati air terjun tersebut sepuasnya.

 2. Kawah Biru

Destinasi wisata Pekanbaru yang direkomendasikan adalah Kawah Biru. Tempat ini memeiliki keunikan karena tidak seperti kebanyak tempat lainnya dan salah satu tempat paling mirip adalah di Kawah Ijen Banyuwangi.

Lokasi ini memiliki banyak lubang bekas galian dari PT PLN. Sehingga bisa dikatakan area wisata ini merupakan asli buatan tangan manusia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement